Perbandingan Lengkap antara Kayu Solid dan Papan Lapis

Kayu masih menjadi material primadona di antara begitu banyaknya ragam bahan bangunan yang ada. Bahkan meski kini sudah banyak tercipta berbagai material-material buatan, namun kayu tetap menjadi idola. Tidak sedikit orang yang menyukai kayu berkat kualitas, kekuatan, serta pesona yang dimilikinya. Sebagai bahan bangunan yang alami, kayu memang tak lekang waktu dan tak dapat tergantikan. Walau kini sudah ada material kayu buatan, kayu alami tetap menjadi nomor satu.

Saat ini memang sudah ada begitu banyak material buatan yang sengaja dibuat semirip mungkin seperti kayu. Contohnya yaitu papan MDF, particle board, HPL, dan lain-lain. Di antara berbagai kayu buatan ini, papan lapis yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Papan lapis dikenal pula dengan sebutan tripleks atau multipleks. Papan ini terbuat dari serbuk kayu yang dicetak lalu dipres memakai tekanan tinggi sampai akhirnya terbentuk lembaran-lembaran papan kayu.

Mari kita bandingkan kualitas kayu solid/kayu asli dengan papan lapis/tripleks dari berbagai aspek yuk! Kira-kira mana ya kayu yang lebih unggul?

KEKUATAN

Kami yakin Anda pasti sudah bisa menebak mana kayu yang lebih baik jika kita bandingkan antara kayu solid dan papan lapis menurut kekuatannya, kan? Jawaban Anda tepat sekali. Kayu solid mempunyai kekuatan yang jauh lebih baik daripada papan lapis. Bahkan beberapa jenis kayu memiliki kekuatan yang hampir setara dengan besi sehingga dijuluki kayu besi. Kekuatan papan lapis tidak ada apa-apanya kalau kita membandingkannya dengan kayu solid.

KEAWETAN

Sebenarnya awet tidaknya suatu material kayu sangat tergantung oleh tata cara kita dalam merawatnya. Begitu pula dengan tingkat keawetan kayu solid dan papan lapis ini. Namun bila kita menarik kesimpulan dari rata-rata hasilnya, maka kayu solid mempunyai tingkat keawetan yang jauh lebih baik dibandingkan papan lapis. Perawatan Anda dikatakan bagus jika produk papan lapis yang Anda miliki mampu bertahan hingga lebih dari 5 tahun. Tetapi beberapa jenis kayu solid mempunyai usia sampai ratusan tahun loh.

KEMUDAHAN

Kemudahan yang dimaksud di sini yaitu kemudahan dalam mengolah material membentuk suatu produk yang kita inginkan. Seberapa mudahkah kayu solid atau papan lapis dapat kita olah menjadi kerajinan? Bahan baku papan lapis cukup sulit diolah serta dibentuk menjadi suatu karya. Anda harus ekstra hati-hati dalam mengolah material ini agar hasilnya rapi dan rata. Berbeda dengan kayu solid yang memiliki beragam jenis. Mulai dari kayu yang sangat mudah diolah sampai kayu solid yang sangat susah diolah.

NILAI

Setiap benda pasti mempunyai nilai ekonomis. Begitu pula dengan kayu, entah apapun jenisnya. Kayu pasti memiliki nilai yang membuatnya berharga. Jikalau kita bandingkan nilai kayu solid dan nilai papan lapis, maka hasilnya ialah kayu solid mengandung nilai yang lebih tinggi daripada papan lapis. Kayu solid termasuk barang yang berharga dan bernilai mahal. Harga beberapa jenis kayu solid bahkan sanggup mencapai 100 kali lipat dari papan lapis. Papan lapis merupakan kayu yang bernilai ekonomis rendah.

PENAMPILAN

Dari segi penampilannya, papan lapis sedikit lebih unggul ketimbang kayu solid dalam kondisi tertentu. Papan lapis selalu diproduksi dengan penampilan yang sangat mengesankan. Permukaan papan lapis ini begitu rata, teksturnya halus, dan penampilannya rapi. Berbeda dengan kayu solid yang biasanya dijual dalam kondisi baru dipotong dan belum dirapikan penampilannya. Tapi setelah kayu solid mendapatkan sentuhan finishing, penampilannya langsung bisa mengalahkan papan lapis.

PERAWATAN

Jujur saja merawat papan lapis merupakan pekerjaan yang lumayan solid. Pasalnya material papan ini sangat tidak tahan terhadap air. Bahkan udara yang terlalu lembab saja sanggup merusak papan lapis sedikit demi sedikit. Anda harus menaruh perhatian yang ekstra dalam merawat produk berbahan dasar papan lapis supaya kondisinya tetap terjaga. Sementara itu, produk kayu yang terbuat dari kayu solid umumnya tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit. Asalkan Anda rutin membersihkan dan mengecek kondisinya, maka produk tersebut pasti bakal awet.

KESEHATAN

Karena sepenuhnya berasal dari alam, kayu solid tidak memberikan dampak negatif apapun terhadap kesehatan manusia. Kayu ini 100% aman digunakan. Anda sama sekali tidak perlu khawatir tentang pemakaian kayu solid ini. Bahkan untuk beberapa jenis kayu solid mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan berkat aroma alami yang dikeluarkannya. Sementara di sisi lain, papan lapis merupakan produk yang dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan. Bahan-bahan kimia yang dipakai untuk membuat papan lapis akan mengeluarkan bau menyengat yang berbahaya. Kabarnya bau ini juga dapat memicu timbulnya kanker.

HARGA

Satu-satunya keunggulan yang dimiliki oleh papan lapis adalah harganya. Harga papan lapis memang lebih murah daripada kayu solid. Karena pada dasarnya kayu lapis memang diciptakan sebagai material pengganti kayu solid dengan harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat. Setidaknya harga papan lapis jauh lebih rendah daripada harga kayu jati, kayu sonokeling, dan kayu-kayu berkualitas premium lainnya. Jika budget Anda terbatas, material papan lapis ini bisa menjadi pilihan yang tepat.