Jenis-jenis Roster Menurut Bahan Bakunya, Apa Saja Ya?

Apakah roster itu? Roster adalah material bangunan yang berfungsi untuk menciptakan ventilasi udara. Roster berbentuk balok layaknya batu bata. Cuma roster mempunyai lubang-lubang sebagai jalur keluar-masuknya angin. Itu sebabnya, beberapa orang kerap menyebut roster sebagai lubang angin. Roster ini memang memiliki fungsi dasar sebagai saluran ventilasi udara. Tapi sekarang roster pun banyak dipakai untuk membangun dinding sama halnya batu bata, batako, atau bata hebel.

Namun karena struktur roster terdiri atas lubang-lubang, Anda harus bijaksana dalam menggunakannya. Umumnya roster hanya dipakai untuk membuat dinding yang bersifat dekoratif saja. Dinding penghias dengan mudah dapat diciptakan dari material ini. Susunan roster demi roster ini secara efektif sanggup menghasilkan dinding yang bentuknya unik, berbeda, dan lain dari biasanya. Tak hanya dinding interior, roster juga bisa digunakan untuk membuat pagar, dinding pelapis eksterior, dan lain-lain.

Berdasarkan bahan baku pembuatnya, roster dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain :

Roster Batako

Dinamakan roster batako karena memang bahan-bahan untuk membuat roster ini sama seperti batako. Ini merupakan roster yang paling banyak digunakan di Indonesia. Karakteristik roster batako ini sangat khas. Warnanya abu-abu gelap layaknya batakok. Paling banyak sih roster ini diaplikasikan pada daerah eksterior rumah. Kalau mau lebih unik, Anda bisa memberikannya efek unfinished.  Roster batako paling cocok digunakan pada rumah-rumah yang bergaya industrial dan urban.

Roster Keramik

Roster keramik juga terbuat dari bahan-bahan yang sama untuk membuat kerajinan keramik. Ciri khas dari roster ini yaitu mempunyai permukaan yang mengkilap sehingga nampak begitu elegan. Tapi Anda harus menebusnya dengan harga yang cukup mahal untuk membeli roster ini. Keunggulan-keunggulan roster keramik di antaranya memiliki pilihan motif, pola dan warna yang beraneka ragam. Penggunaan roster ini akan membuat desain rumah terlihat semakin cantik. Cocok sekali deh diterapkan pada rumah bergaya klasik. Sayangnya roster keramik memiliki struktur yang rapuh dan mudah pecah.

Roster Kayu

Bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta kayu, kini Anda bisa mendapatkan roster yang sepenuhnya terbuat dari kayu. Roster kayu saat ini sudah banyak tersedia di toko bangunan. Tentunya roster ini bisa melengkapi desain rumah kayu Anda. Tidak hanya nampak alami, naturalis, dan etnik, pemakaian roster kayu juga mampu menciptakan kesan modern dan minimalis. Roster kayu sanggup bertindak sebagai aksesori yang dapat menghangatkan suasana di dalam rumah. Selain untuk lubang angin, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai partisi ruangan yang unik. Hati-hati dari serangan rayap ya!

Roster Tanah Liat

Roster tanah liat benar-benar terbuat dari tanah liat. Proses pembuatannya mirip seperti cara membuat kerajinan gerabah atau tembikar. Roster ini mudah dikenali karena berwarna merah kecokelatan seperti batu bata. Anda bisa mengaplikasikan roster tanah liat pada lingkungan eksterior, halaman depan, atau garasi kendaraan bermotor. Penggunaan roster tanah liat akan menambah kesan etnik dan tradisional di dalam ruangan tersebut. Sayangnya struktur roster ini terbilang cukup rapuh.

Roster Beton

Jenis roster yang terakhir adalah roster beton. Roster beton merupakan roster yang terbuat dari adukan beton yang terdiri atas semen, pasir, dan kerikil. Setelah adukan tersebut tercampur secara merata, lalu adukan dituangkan ke dalam cetakan dan dikeringkan. Proses pengeringan roster beton membutuhkan waktu setidaknya 20-30 hari untuk membuatnya kering dengan sempurna dan tidak mengalami retak. Selain pilihan modelnya yang beragam, kelebihan roster ini terdapat pada strukturnya yang kokoh. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat rumah yang bergaya modern.