Jenis-jenis Kitchen Sink Menurut Materialnya

Dapur modern harus mampu mempermudah penghuni rumah dalam menjalankan aktivitas di dalamnya. Bukan hanya soal masak-memasak saja, tetapi juga membersihkan bahan makanan yang akan dimasak serta peralatan masak yang telah digunakan. Itu sebabnya, dapur modern membutuhkan bak cuci khusus yang disebut kitchen sink. Adanya kitchen sink akan membuat pekerjaan Anda di dapur menjadi lebih mudah.

Kitchen sink umumnya dibuat menyatu dengan meja dapur. Peranti ini mirip sekali wastafel, namun ukurannya lebih besar dan pemasangannya pun dibuat lebih rendah. Tujuannya supaya Anda lebih mudah saat membersihkan bahan makanan atau peralatan dapur yang kotor. Anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat kitchen sink sebab kini sudah banyak tersedia produk kitchen sink siap pakai di toko bangunan. Anda tinggal memasangnya saja.

Biasanya tersedia bermacam-macam kitchen sink di toko bangunan. Berdasarkan material yang digunakan sebagai bahan bakunya, terdapat 6 jenis kitchen sink di antaranya :

Jenis 1. Stainless Steel

Kebanyakan orang memilih kitchen sink yang terbuat dari material stainless steel. Alasannya karena bahan ini gampang dibersihkan serta mempunyai ketahanan yang baik terhadap panas dan karat. Selain itu, kitchen sink stainless steel juga terlihat begitu mewah dengan kilauan yang dimilikinya. Tersedia beraneka ragam kitchen sink berbahan stainless steel menurut tingkat kepadatannya. Semakin pada stainless steel yang digunakan, kitchen sink tersebut akan semakin kuat dan harganya pun semakin mahal.

Jenis 2. Porselen

Kitchen sink porselen biasanya diperkuat pula dengan besi cor. Itu sebabnya, kitchen sink ini juga kerap disebut cast-iron. Kitchen sink ini menggunakan bahan dasar dari besi cor untuk membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Sedangkan porselen dipakai untuk mengilapkan tampilannya. Kelemahan dari kitchen sink ini yaitu materialnya bisa retak dan pecah akibat benda tajam atau suhu panas. Kitchen sink porselen yang sudah rusak sama sekali tidak bisa diperbaiki. Anda harus membelinya lagi.

Jenis 3. Akrilik

Tidak sedikit pemilik rumah yang memilih kitchen sink yang terbuat dari material akrilik. Bahan ini sendiri mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya akrilik tidak memiliki pori-pori sehingga permukaannya tidak mudah kotor. Akrilik juga mempunyai daya tahan yang baik terhadap goresan. Bobotnya yang ringan dan pemasangannya yang mudah juga menjadi daya tarik dari material ini. Tetapi akrilik sangat lemah terhadap suhu yang panas. Bahkan suhu panas dapat meretakkan akrilik hingga melelehkannya.

Jenis 4. Solid Surface

Solid surface termasuk material yang baru ditemukan. Meskipun begitu, material ini sudah mampu menarik perhatian banyak orang berkat tampilan yang dimilikinya. Solid surface terlihat menyerupai batu alam seperti granit atau marmer. Bahan bakunya sendiri terdiri atas campuran akrilik, polyesteresin, filler, dan pigmen warna. Campuran ini lalu diolah sedemikian rupa kemudian dicetak. Hasilnya berupa material baru yang sangat kuat dan padat serta memiliki permukaan yang licin dan mudah dibersihkan.

Jenis 5. Keramik

Anda juga bisa memanfaatkan keramik sebagai bahan baku pembuatan kitchen sink. Material ini cocok dipilih apabila Anda menginginkan tampilan yang unik dari kitchen sink. Biayanya yang tidak mahal juga sangat pas dipilih jika anggaran yang dimiliki terbatas. Anda bisa memasang keramik ini pada lubang yang sudah dibuat di meja dapur. Hati-hati saat memasangnya. Sela-sela nat menjadi tempat yang rawan mengalami kebocoran. Anda harus melapisinya dengan bahan kedap air supaya lapisannya semakin kuat.

Jenis 6. Granit

Kalau Anda menginginkan kitchen sink yang berkualitas premium, pilihlah bahan granit. Ini merupakan kitchen sink dengan kualitas yang paling tinggi. Tak hanya karena tampilannya yang begitu indah, kitchen sink dari granit juga mempunyai banyak keunggulan. Di antaranya yaitu kitchen sink granit memiliki kekuatan yang sangat tinggi, tahan terhadap goresan, gampang dibersihkan, permukaannya tidak cepat kotor, dan tahan terhadap suhu yang begitu tinggi. Jadi jangan heran kalau harganya pun lumayan mahal.