Inilah 5 Kelebihan dan 6 Kekurangan Lantai Tegel

Ada begitu banyak pilihan material yang dapat digunakan untuk lantai rumah. Salah satunya yaitu lantai tegel. Lantai tegel merupakan lantai yang terbuat dari campuran semen dan pasir yang diberi pewarna di bagian permukaannya. Lantai ini biasanya diaplikasikan pada rumah-rumah yang bergaya tradisional. Lantai tegel sangat populer di era 40an dan 80an. Kesan khas klasik, etnik, dan natural dari lantai ini kuat sekali sehingga sangat cocok diaplikasikan pada bangunan tradisional.

Anda mungkin juga tertarik menggunakan lantai tegel? Selain karena pesona vintage-nya sungguh kuat, lantai ini juga memiliki kesan unik sehingga cocok dikombinasikan dengan berbagai desain rumah masa kini. Bagi Anda yang ingin membuat desain rumah industrialis atau bergaya Skandinavia, cobalah pakai lantai tegel sebagai salah satu aksesori penghias rumah. Dengan sedikit kreativitas dalam memadukan corak lantai tegel ini, suasana interior rumah Anda akan menjadi sangat menarik.

Lantai tegel masih menjadi salah satu pilihan bahan pelapis lantai untuk mendekorasi ruangan. Faktanya lantai tegel di Indonesia sudah digunakan sejak zaman kolonial Belanda. Hal ini bisa dilihat dari dekorasi Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo yang banyak memanfaatkan lantai tegel. Kini pamor tegel kembali naik daun untuk digunakan dalam berbagai bangunan. Termasuk Anda sendiri yang sekarang tertark untuk memakai lantai tegel untuk menciptakan desain yang unik pada rumah.

PROSES PEMBUATAN

Tegel terbuat dari campuran semen dan bahan pewarna dengan perbandingan tertentu yang dibentuk menjadi adonan cair. Adonan yang sudah terbentuk ini lantas dtuangkan ke dalam cetakan berbentuk kotak yang berukuran 25 x 25 cm, 30 x 30 cm, 40 x 40 cm, sampai 50 x 50 cm. Kemudian di atas adonan ini ditaburi semen secukupnya untuk meningkatkan kekuatannya. Setelah itu, adonan kembali dilapisi dengan campuran semen dan pasir. Barulah kemudian dilakukan proses pengepresan untuk mencetak tegel. Tahap akhir yaitu menjemur tegel yang masih basah hingga kering.

KARAKTERISTIK

Tegel mempunyai karakteristik terkait kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan-kelebihan lantai tegel antara lain :

  1. Harganya Cukup Murah

Kalau dibandingkan dengan bahan-bahan pelapis lantai yang lainnya, tegel merupakan material yang harganya paling murah. Bahkan jika dibandingkan dengan keramik yang mempunyai harga terjangkau, harga tegel ini masih lebih murah. Satu-satunya bahan lantai yang bisa mengalahkan tegel dari segi harga yaitu lantai semen. Lantai tegel dibanderol dengan harga beli yang murah karena memang terbuat dari bahan-bahan baku yang harganya murah. Lantai ini terbuat dari 3 bahan utama yaitu semen, pasir, dan pewarna.

  1. Gampang Dipasang

Lantai tegel memiliki dimensi yang cukup besar, terutama pada ukuran ketebalannya. Sehingga lantai ini mudah digenggam serta diposisikan pada tempat yang kita inginkan. Selain itu, ukuran penampangnya yang pas dan tidak terlalu luas membuat Anda lebih gampang dalam meratakan lantai tegel ini. Hal ini membuat proses pemasangan lantai tegel cukup mudah dilakukan. Proses ini tidak ubahnya seperti memasang lantai keramik, namun lebih gampang dikerjakan.

  1. Kesan Klasik yang Kuat

Bagi Anda yang tertarik untuk menciptakan rumah yang bergaya klasik, tegel merupakan pilihan lantai yang sangat tepat. Tegel mampu memancarkan kesan klasik yang sangat kuat. Semua gaya dengan nuansa tradisional atau kuno dapat dengan mudah dihadirkan oleh lantai yang satu ini. Namun bukan berarti lantai tegel hanya cocok diterapkan pada rumah tradisional saja. Pasalnya rumah bergaya modern dan kontemporer dengan sentuhan klasik pun bisa juga loh memakai lantai tegel.

  1. Tidak Mudah Pecah

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lantai tegel yaitu material ini tidak mudah pecah. Lantai tegel mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi, sangat kokoh, namun tetap fleksibel dan tidak keras. Penyebabnya bukan lain karena lantai tegel mempunyai pori-pori yang berukuran besar. Pori-pori tersebut yang membuat karakteristik lantai tegel menjadi tidak gampang pecah. Bahkan saat terkena suhu panas yang ekstrem pun lantai ini tetap kuat dan kokoh.

  1. Nampak Sejuk Dipandang

Satu lagi kesan yang mampu dipancarkan oleh lantai tegel yaitu alami alias natural. Lantai tegel merupakan lantai yang sanggup menciptakan kesan alami/natural yang begitu kuat. Bagi Anda yang bosan dengan penampilan keramik yang agak kaku, tegel ini layak untuk dipertimbangkan. Pemakaian lantai tegel akan membuat suasana interior rumah nampak alami sehingga begitu sejuk dipandang mata. Anda akan lebih betah berada di rumah.

Sementara itu, kekurangan-kekurangan lantai tegel yaitu :

  1. Sulit Didapatkan di Pasar

Saat ini cukup sulit untuk menemukan lantai tegel yang dijual di toko bangunan. Produsen yang membuat lantai ini semakin berkurang karena peminatnya yang tidak terlalu banyak. Mungkin Anda harus memesan dulu untuk mendapatkannya.

  1. Gampang Sekali Kotor

Jangan kaget ya. Permukaan lantai tegel gampang sekali kotor loh. Partikel-partikel kotoran dengan mudah menempel di permukaan lantai ini. Penyebabnya karena ukuran pori-pori lantai tegel yang cukup besar sehingga membuat kondisinya cepat kotor.

  1. Warnanya Cepat Kusam

Selain mengakibatkan permukaanya cepat menjadi kotor, ukuran pori-pori lantai tegel yang cukup besar juga membuat warnanya menjadi cepat kusam. Warna lantai ini gampang berubah menjadi kusam sehingga kehilangan pesonanya. Anda harus membersihkan lantai tegel tersebut menggunakan trik khusus untuk mengembalikan kilauannya.

  1. Memiliki Tekstur yang Kasar

Tekstur lantai tegel juga terasa cukup kasar. Tak seperti lantai keramik yang memiliki permukaan yang licin, lantai tegel mempunyai tekstur yang agak kasar. Untuk membuat tekstur lantai tegel ini menjadi licin, Anda bisa memoles permukaannya.

  1. Bentuknya Tidak Presisi

Karena dicetak menggunakan alat yang masih tradisional, kebanyakan lantai tegel mempunyai bentuk yang tidak presisi alias tidak terlalu lurus. Bagian pinggir lantai ini juga tidak begitu rata. Dampaknya yaitu pemasangan lantai tegel akan menyisakan celah-celah nat yang cukup lebar.

  1. Perawatannya Cukup Sulit

Merawat lantai tegel tidak seperti merawat lantai keramik,marmer, granit, atau material yang lainnya. Bahkan boleh dikatakan merawat lantai tegel ini cukup sulit dilakukan. Hal ini karena permukaan lantai tegel yang mudah sekali menjadi kotor dan kusam. Anda harus merawatnya dengan benar supaya lantai tegel di rumah Anda tidak kehilangan pesonanya.