8 Kelebihan dan 8 Kekurangan HPL (High Pressure Laminate)

Apa itu HPL? HPL (High Pressure Laminate) adalah papan laminasi yang dibuat menggunakan tekanan tinggi. Papan ini biasanya digunakan pada produk furniture dan permukaan interior sebagai finishing. Beberapa perabotan rumah tangga seperti kabinet, meja, dan kitchen set sering menggunakan papan yang satu ini. Selain memiliki permukaan yang sangat rapi, orang memilih HPL karena harganya lebih terjangkau dan stoknya melimpah.

Papan HPL digunakan sebagai lapisan akhir dari suatu produk. Tujuannya agar tampilan produk tersebut menjadi rapi. Contohnya pada produk lemari yang dibuat dari particle board (MDF), HPL secara meyakinkan menggantikan papan triplek yang sudah lebih dulu digunakan sebagai finishing. Alasannya karena Anda tidak perlu memberi finishing lagi ketika menggunakan MDF. Berbeda dengan triplek yang masih membutuhkan treatment dengan melamic/duco.

Hal ini tentu membuat proses pembuatan produk yang menggunakan finishing dari HPL dapat berlangsung lebih cepat dan lebih menghemat biaya. HPL jauh lebih praktis daripada triplek. Pada akhirnya proses produksi dapat berjalan lebih cepat serta harga produk bisa dikurangi tanpa memangkas omset pendapatan. Pembeli pun menjadi lebih tertarik dengan produk milik Anda tersebut.

HPL mempunyai kelebihan-kelebihan yang meliputi :

  1. HPL memiliki banyak ragam pilihan warna dan corak. Kebanyakan adalah warna dan corak yang menyerupai kayu, meski ada pula variasi warna metalik. Anda bisa bermain bebas dengan semuanya.
  2. Daya tahan terhadap goresan dan air yang dimiliki oleh HPL terbilang baik. Meskipun tidak benar-benar antigores, tetapi lapisan PVC di permukaannya membuat HPL sangat kuat dan tahan terhadap air.
  3. Proses pembuatan produk menggunakan HPL tidak menimbulkan banyak kotoran. Kondisi area kerja bahkan lebih bersih dibandingkan dengan pemakaian cat duco atau sanding karena Anda hanya memerlukan lem perekat.
  4. Penggunaan HPL membuat produk yang dihasilkan mempunyai penampilan yang mulus. Sama sekali tidak ada risiko warna atau corak permukaan produk akan tampak belang-belang seperti pada pemakaian cat duco.
  5. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan produk secara keseluruhan juga lebih singkat. Proses pemasangan papan HPL ini praktis sekali. Anda sama sekali tidak membutuhkan tenaga profesional untuk mengecatnya lagi.
  6. Proses pembuatan produk yang lebih cepat ditambah dengan pemakaian bahan yang lebih sederhana membuat biaya produksi bisa dihemat. Alhasil harga produk pun bisa dikurangi untuk menarik minat pembeli.
  7. Produk yang mendapatkan finishing menggunakan HPL memiliki daya tahan terhadap goresan dan air yang lebih baik daripada triplek. Adanya lapisan PVC yang akan melindungi dan memperindah produk tersebut.
  8. Penggunaan HPL akan memberikan kesan modern kepada produk yang kita buat. Seperti kita tahu, desain modern sedang begitu populer akhir-akhir ini. Maka produk Anda pun bakal mempunyai lebih banyak peminat.

Selain beberapa keunggulan di atas, HPL juga mempunyai kekurangan di antaranya :

  1. HPL cukup sulit untuk dibuat melengkung. Bahkan untuk lengkungan yang ukurannya terlalu kecil dengan jari-jari kurang dari 5 cm, Anda perlu keahlian khusus. Namun biasanya bidang lengkung ini ditutup dengan sheet plastik.
  2. Proses pemotongan HPL harus dilakukan dengan sangat teliti. Hasil pemotongan yang tidak sempurna menyebabkan terlihatnya lapisan penyusun HPL. Terutama di bagian sudut juga akan tampak tidak rapi.
  3. HPL memang merupakan papan buatan yang kokoh. Tetapi di sisi lain, papan ini juga sangat keras sehingga mengakibatkan strukturnya getas. Berarti HPL mempunyai tingkat fleksibilitas yang rendah dan gampang rusak.
  4. Papan HPL dipasang pada produk melalui proses pengeleman memakai lem khusus. Proses ini harus dilakukan secara cermat dan teliti. Sebab lapisan lem yang kurang baik akan membuat papan HPL ini mudah terlepas dari produk.
  5. Produk yang dilapisi dengan HPL memang akan terlihat rapi dan bersih. Produk tadi pun akan terlihat begitu modern. Sayangnya kesan yang dihasilkan oleh finishing cat duco akan terlihat lebih mewah.
  6. Di pasaran, harga HPL ini terbilang cukup terjangkau. Tetapi masih banyak material pengganti triplek yang harganya lebih murah daripada HPL. Misalnya seperti decosit. Faktor harga ini perlu Anda pertimbangkan sekali lagi.
  7. Anda harus memberikan finishing pada bagian edging supaya lapisan HPL benar-benar terlihat rapi. Pemberian finishing ini mungkin akan menjadi kendala tersendiri khususnya bagi Anda yang lebih suka kepraktisan.
  8. Tampilan yang dihasilkan oleh HPL memang terlihat sangat bersih dan modern. Akan tetapi tampilan seperti ini tampak kurang natural. Anda yang lebih suka kayu yang memiliki tampilan alami harus mempertimbangkannya.