7 Tips agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa Ramadhan, Anda Wajib Coba Nih!

Ketika berpuasa di Bulan Ramadhana, maka kondisi sistem pencernaan di dalam tubuh kita akan kosong selama kurang lebih 14 jam. Sehingga wajar sekali apabila kemudian Anda merasa lapar dan haus yang luar biasa pada saat menunaikan ibadah yang satu ini. Kondisi ini memang benar-benar normal. Pastilah semua orang yang berpuasa pun merasakan keadaan yang sama. Cuma memang reaksinya saja yang berbeda-beda. Ada yang sabar menjalaninya. Tapi tak sedikit pula yang mengeluh dan menggerutu.

Puasa sebenarnya merupakan aktivitas yang bagus bagi kehidupan kita. Tak hanya mengandung pahala yang begitu besar saja, akan tetapi puasa juga memiliki manfaat positif bagi diri kita sendiri. Fakta telah membuktikan kalau puasa mempunyai manfaat yang begitu besar untuk menyehatkan tubuh kita. Soal rasa lapar yang melAnda ketika Anda sedang berpuasa merupakan kondisi yang wajar. Anda tidak perlu berlebihan dalam menyikapinya. Dengan bekal yang matang, puasa Anda akan berjalan lancar.

Yakinlah Anda bisa menjalani puasa dengan baik pada tahun ini. Kami mempunyai 7 tips berguna supaya Anda tak merasa lapar yang teramat besar

Konsumsi Makanan yang Berprotein Tinggi

Tahukah Anda, proses pencernaan zat protein di dalam tubuh kita akan berlangsung dalam durasi waktu yang lebih lama dibandingkan dengan zat-zat makanan yang lainnya. Artinya Anda bisa memaksimalkan konsumsi protein untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Saat Anda mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, Anda mempunai bekal nutrisi yang mampu bertahan lama untuk diolah menjadi energi. Manfaatnya yaitu Anda tak akan merasa cepat lapar. Adapun conton bahan makanan yang kaya akan kandungan protein antara lain telur, ikan, daging, tahu, dan tempe.

Perbanyak Sayur-mayur dan Buah-buahan

Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan bahan makanan yang sangat bagus untuk Anda konsumsi selama menunaikan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan. Tentunya dimakan pada saat malam hari ya. Kenapa sih sayur-mayur dan buah-buahan ini bagus? Karena faktanya kedua bahan makanan tersebut bisa menahan lapar yang kita rasakan. Anda akan merasa kenyang lebih lama jika memperbanyak makan buah dan sayur-mayur. Hal ini tidak terlepas dari kandungan serat yang begitu tinggi di dalamnya. Proses pencernaan serat ini berlangsung lebih lama sehingga memungkinkan tubuh tetap merasa kenyang.

Pilih Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga sangat disarankan dikonsumsi waktu berpuasa sebab bisa menjaga kadar gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Contoh dari makanan berkarbohidrat kompleks adalah gandum dan beras merah. Di sisi lain, bahan makanan yang mengandung karbohidrat murni sebaiknya dihindari untuk sementara waktu karena cepat dicerna oleh tubuh untuk dijadikan energi. Akibatnya Anda pun akan merasa cepat lapar kalau banyak memakannya. Contoh makanan-makanan berkarbohidrat murni di antaranya gula, madu, kecap, dan cokelat.

Hindari Makanan yang Tidak Menyehatkan

Direkomendasikan untuk menghindari konsumsi makanan-makanan yang tak menyehatkan selama Anda berpuasa, Misalnya seperti gorengan, makanan instan, snack, dan makanan berpengawet. Selain karena akan meningkatkan kadar lemak di tubuh, makanan-makanan ini pun bisa mempercepat perasaan lapar muncul selama Anda berpuasa. Selain itu, hindari juga makanan yang memiliki cita rasa pedas, makanan yang bersantan, serta minuman yang mengandung kafein, terutama bagi Anda yang menderita maag agar kesehatan Anda tidak terganggu ketika menunaikan puasa di Bulan Ramadhan ini.

Perbanyak Minum Air Putih Minimal 8 Gelas

Air putih sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Idealnya sih setiap orang wajib meminum air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari. Intensitas meminum air putih tersebut bisa ditingkatkan menjadi 10-15 gelas per hari selama berpuasa agar tubuh merasa lebih bugas. Di samping air putih, minuman-minuman yang bagus dikonsumsi saat berpuasa Ramadhan misalnya air kelapa, air elektrolit, serta air jus buah dan sayuran. Minuman-minuman ini dapat Anda jadikan sebagai pengganti camilan yang tidak menyehatkan. Niscaya dengan bekal cairan yang cukup, tubuh Anda akan tetap fit.

Ciptakan Ruangan yang Menyegarkan

Sejatinya manusia tidak cuma mengonsumsi makanan dan minuman saja loh untuk tetap bisa bertahan hidup. Tanpa Anda sadari, kita pun sangat memerlukan oksigen. Dengan oksigen, kita dapat terus hidup dan menjalaninya dengan penuh rasa syukur. Satu hal yang menarik, oksigen ternyata mampu membuat rasa suntuk dan penat yang melanda kita selama berpuasa berubah menjadi perasaan yang segar dan bahagia. Saat merasa lapar pun, Anda bisa mengatasinya dengan memaksimalkan konsumsi oksigen di tubuh. Cobalah berteduh di bawah pohon yang rindang, Anda pun akan merasa segar kembali.

Carilah Hobi atau Kesibukan yang Baru

Suatu kegiatan yang baru pastinya akan terasa begitu menyenangkan. Anda dapat menjalaninya dengan enjoy dan penuh dengan kegembiraan. Mumpung Bulan Ramadhan masih cukup lama nih, cobalah Anda mencari suatu hobi baru yang bisa tetap dilakukan saat berpuasa dan pastinya tidak menguras banyak tenaga. Contohnya yaitu Anda bisa mencoba bercocok tanam, menanam tumbuh-tumbuhan yang unik, atau memelihara hewan yang tidak biasa. Misalnya seperti kura-kura, bunglon, atau landak mini. Dapat juga dengan mencoba permainan game yang baru atau belajar memainkan instrumen alat musik.