5 Cara agar Suami Anda Betah di Rumah

Sebagai seorang istri, Anda tentu menginginkan kehidupan rumah tangga yang harmonis dan sejahtera. Sebuah keluarga yang penuh dengan canda dan tawa bersama pasangan hidup. Layaknya kehidupan di sinetron, Anda mengharapkan suami berangkat kerja di pagi hari. Lalu setelah pulang dari tempat kerjanya, dia menghabiskan waktu di rumah bersama Anda dan anak-anak tercinta. Kehidupan seperti ini pasti indah sekali.

Namun kenyataan justru berkata lain. Suami sepertinya tidak betah ketika sedang berada di dalam rumah. Hal ini terlihat dari sikapnya yang selalu gelisah saat di rumah. Dia seperti tidak menikmati kehidupan di dalamnya. Selain itu, suami juga sering kali berada di luar rumah. Waktunya lebih banyak dihabiskan di lingkungan luar. Rumah seolah-olah hanya menjadi tempatnya untuk tidur saja. Anda pun menjadi bingung sendiri.

Untuk mengatasi suami yang berperilaku demikian, Anda bisa mencoba kiat-kiat di bawah ini!

  1. Cari Tahu Alasannya

Berpikirlah positif. Mungkin saja ada begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh suami di luar sana sehingga tidak sempat menghabiskan banyak waktu di rumah. Itu sebabnya, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya yang dilakukan suami saat di luar. Jika memang dia melakukan pekerjaan atau suatu kegiatan yang positif, maka Anda harus memakluminya. Bahkan kalau bisa Anda harus turut mendukungnya.

  1. Buat Rumah yang Nyaman

Suasana di dalam rumah Anda akan menentukan apakah seseorang akan betah tinggal di dalamnya atau tidak. Bagaimana suasana di dalam rumah Anda yang sebenarnya? Apakah rumah Anda terasa nyaman atau sebaliknya? Anda harus mampu menilainya dengan jujur. Bukan tidak mungkin suasana rumah yang tidak nyaman menjadi penyebab suami Anda tidak betah. Ingat, kenyamanan rumah bukan hanya soal fasilitas, tetapi juga suasananya. Pastikan rumah Anda terasa nyaman bagi seluruh penghuninya.

  1. Perlakukan dengan Romantis

Romantisme menjadi bumbu utama supaya rumah tangga Anda berdua dengan suami senantiasa bahagia. Walaupun Anda sudah menikah bertahun-tahun lamanya, jangan hilangkan perlakuan yang romantis kepada suami. Sebab suami juga sebenarnya membutuhkan kasih sayang. Hanya saja seorang pria biasanya sungkan menunjukkan keinginannya ini. Jadi Anda sebagai istri juga harus peka untuk melayani suami dengan sepenuh hati dan romantis.

  1. Terlalu Banyak Tuntutan di Rumah

Faktor lain yang menyebabkan seorang suami malas berada di rumah adalah dia sudah jenuh mendengar tuntutan-tuntutan yang banyak dilontarkan oleh istrinya. Terutama tuntutan yang berhubungan dengan harta benda. Kita semua tentu menginginkan sebuah rumah yang bergelimangan dengan harta. Namun Anda harus bisa memahami kondisi suami dengan baik. Jangan paksa suami bekerja terlalu keras sampai mengobarkan kehidupannya yang seharusnya bahagia.

  1. Biarkan Dia Melakukan Hobinya

Jika Anda menginginkan suami betah tinggal di rumah, salah satu yang dapat dilakukan yaitu biarkan dia melakukan hobinya. Semua pria biasanya mempunyai hobi, entah itu memelihara binatang, mengoleksi benda-benda, atau menanam tumbuh-tumbuhan. Kami yakin suami Anda pasti juga memilikinya, kan? Anda sebaiknya membiarkan suami melakoni hobinya tersebut sebab hobi ini pula yang nantinya bisa membuat dia merasa betah di rumah.