5 Cara Membedakan Furniture Kayu Jati Asli dan Palsu

Sampai saat ini furniture kayu jati masih menjadi primadona. Kayu jati memang memiliki kualitas unggul. Ini merupakan salah satu kayu terbaik asli dari Indonesia. Perpaduan antara strukturnya yang kuat, daya tahannya yang tinggi, dan seratnya yang begitu indah membuat kayu jati tergolong ke dalam kayu kelas satu. Maka sudah sepatutnya kalau produk olahan dari kayu jati ini dibanderol dengan harga yang tinggi. Termasuk furniture kayu jati pun dihargai dengan nilai yang cukup fantastis.

Tingginya harga furniture kayu jati membuat para oknum penjual yang nakal lantas berupaya melakukan manipulasi dengan menghadirkan produk kayu jati palsu. Mereka menggunakan kayu lain yang bukan kayu jati tetapi mempunyai penampilan yang cukup mirip untuk dibuat furniture dengan label kayu jati. Tentu saja ini merupakan suatu tindakan kecurangan yang besar. Sayangnya masih jarang orang yang bisa mengidentifikasi kayu jati dengan baik sehingga menjadi korban dari penipuan ini.

Agar Anda tidak tertipu ketika hendak membeli furniture kayu jati, pelajari yuk caranya membedakan perabotan berbahan kayu jati asli dan perabotan palsu!

Ketok-ketok Permukaan Furniture

Pepatah berbunyi tong kosong berbunyi nyaring memang benar adanya. Suatu benda yang mempunyai susunan partikel yang renggang akan berbunyi nyaring. Sedangkan benda yang tersusun atas partikel-partikel yang rapat, maka bunyinya menjadi berat dan mendalam. Susunan partikel-partikel yang rapat ini membuat kekuatan benda semakin tinggi. Sama halnya dengan kayu jati yang mempunyai struktur yang sangat kuat dan kokoh. Saat diketuk-ketuk, kayu jati asli akan menghasilkan suara yang berat, jauh dari suara yang nyaring. Suaranya sangat dalam.

Ujilah Kekuatan dan Daya Tahannya

Kayu jati asli seharusnya mempunyai struktur yang sangat kokoh. Sehingga saat ada calon pembeli yang ingin menguji kekuatan furniture tersebut, si penjual akan mengizinkannya dengan senang hati. Namun bila penjual menolak permintaan Anda untuk menjajal kekuatan furniture ini, maka Anda patut curiga. Cobalah tetap mengujinya secara diam-diam dengan duduk di atas furniture tersebut, kemudian berikan tekanan ke bawah memakai tubuh Anda sambil digoyang-goyangkan. Kalau posisinya tidak stabil berarti furniture tadi bukan terbuat dari kayu jati.

Perhatikan dengan Baik Alur Seratnya

Salah satu daya tarik utama kayu jati yaitu mempunyai serat yang sangat indah. Serat alaminya begitu jelas terlihat di permukaan dan membentuk alur yang menarik. Kayu jati memiliki serat yang alurnya lurus, ukurannya halus, presisi satu sama lain, tidak berkelok-kelok, dan tersusun secara rapat. Begitu pula pada bagian mata kayunya yang nampak jelas dan tidak samar. Kalau furniture yang sedang Anda cek mempunyai serat dengan karakteristik yang berbeda dari ciri-ciri kayu jati asli di atas, maka besar kemungkinannya bahwa itu merupakan furniture kayu jati palsu.

Kayu Jati Selalu Berwarna Gelap

Secara alami, kayu jati mempunyai warna cokelat gelap hingga cokelat kehitam-hitaman. Ini merupakan warna khas dari kayu yang memiliki struktur yang sangat kokoh, termasuk kayu jati. Sehingga cukup dengan memberikan finishing yang berwarna transparan, furniture kayu jati ini akan langsung terlihat menarik, elegan, mewah, dan memesona. Tak pernah ada kayu jati yang berwarna cokelat muda atau cokelat cerah. Apabila si penjual terus berusaha meyakinkan Anda berarti dia termasuk golongan oknum penipu. Anda wajib menjauhinya.

Pastikan Tak Ada Bagian yang Keropos

Dengan kekuatannya yang sangat baik, kayu jati mampu bertahan sampai ratusan tahun lamanya. Yap, kabar ini memang benar adanya dan bukan merupakan hisapan jempol belaka. Kayu jati merupakan salah satu kayu berkualitas yang sangat awet. Kayu ini sulit mengalami keropos. Dibutuhkan waktu yang sangat lama sampai akhirnya kayu jati ini mengalami sedikit keropos. Tapi dengan usianya yang sudah tua, furniture kayu jati tersebut telah menjadi furniture antik yang membuatnya bernilai lebih tinggi. Furniture kayu jati antik yang telah keropos seharusnya dijual lebih mahal.