Tips Mendekor Rumah Minimalis untuk Pemula dan 10 Kiatnya

Desain rumah minimalis tidak kehilangan daya pikatnya di tahun 2019 ini. Walaupun konsep desain ini sudah ditemukan cukup lama dan sekarang sudah banyak desain-desain baru yang tercipta, namun desain rumah minimalis tetap mampu memikat hati banyak orang. Tidak lain sebab konsepnya yang sederhana, tapi mampu menciptakan keindahan yang luar biasa. Desain minimalis akan membuat rumah Anda nampak begitu modern dan mewah.

Kenyataannya masih banyak orang yang bingung untuk mendekor rumah menggunakan desain minimalis. Tidak sedikit orang yang mengaku sudah menata rumahnya sesederhana mungkin, tetapi kesan minimalisnya tidak berhasil dibuat. Jatuhnya, rumah tersebut seperti mengusung desain sederhana. Padahal Anda menginginkan gaya rumah yang lebih dari sekadar sederhana. Anda maunya rumah yang sederhana, namun tetap terlihat minimalis dan memesona.

Ada baiknya sebelum Anda benar-benar mulai mendekorasi rumah dengan desain minimalis, Anda harus mengetahui konsep dasarnya terlebih dahulu.

Desain rumah minimalis adalah suatu konsep dalam mendesain rumah yang menonjolkan sisi keminimalisan sebagai daya tarik utamanya. Sesuatu yang minimalis adalah menarik. Beginilah kira-kira konsep dasar dari desain minimalis. Tugas Anda yaitu membuat rumah yang minimalis tanpa kehilangan daya tariknya. Prinsip-prinsip dasar desain minimalis harus ditaati untuk mewujudkan rumah yang bergaya minimalis tersebut.

Adapun prinsip-prinsip dasar desain rumah minimalis antara lain :

  1. Pembuatan Bentuk yang Tegas

Rumah minimalis mempunyai bentuk yang tegas. Bentuk dasar yang biasa digunakan ialah kotak. Bentuk ini sengaja dipilih sebab memiliki sudut-sudut yang tegas. Dengan bentuk yang tegas tersebut rumah minimalis tetap terlihat menarik dan modern, meski konsepnya sangat sederhana. Hindari pemakaian bentuk yang melengkung atau bentuk yang rumit dan memiliki sisi yang banyak.

  1. Pemanfaatan Bahan-bahan Unik

Suatu benda yang minimalis bisa tetap terlihat memesona apabila unik. Keunikan dari benda tersebut menjadi kelebihannya. Walaupun benda tadi memiliki desain yang sangat minimalis, namun berkat keunikannya, pesona benda ini tidak kalah dengan benda-benda lain yang bentuknya lebih rumit serta penuh aksen. Manfaatkanlah bahan-bahan yang unik tadi saat Anda membangun rumah minimalis.

  1. Pewarnaan yang Sederhana

Pewarnaan begitu penting untuk menciptakan nuansa tertentu pada rumah Anda. Semua rumah perlu warna supaya nampak semakin indah. Begitu pula dengan rumah yang mengusung desain minimalis. Jenis pewarnaan seperti apa yang cocok dengan konsep minimalis itu? Tidak lain yaitu pewarnaan dengan teknik sederhana yang menggunakan warna-warna netral sebagai dominasinya.

Di bawah ini kiat-kiat membuat rumah minimalis ala Arafuru.com!

  1. Buatlah bentuk rumah dengan bangun dasar kotak.
  2. Jangan ragu membuat aksen yang berbentuk tegas.
  3. Gunakan bahan-bahan yang unik sebagai penghias.
  4. Pakailah material yang belum banyak digunakan.
  5. Kombinasikan beberapa material supaya lebih unik.
  6. Hiasi rumah dengan warna-warna yang netral.
  7. Perbanyak penggunaan kaca dan cermin.
  8. Gunakan perabotan yang bersifat multifungsi.
  9. Pakailah lampu dengan cahaya warna putih.
  10. Sempurnakan rumah memakai taman minimalis