Kelebihan-kelebihan Desain Interior Klasik

Anda mungkin menginginkan desain interior rumah yang bersifat abadi, selalu tampak indah, dan tidak pernah terlihat membosankan? Kami menyarankan Anda cobalah buat rumah yang bergaya klasik. Walaupun warna cat dinding yang sedang populer pada tahun ini adalah ultra violet dan desain ala tropis begitu diminati, tapi semua ini hanyalah tren. Tren biasanya hanya berlangsung beberapa saat. Sedangkan desain klasik selalu diminati sepanjang waktu.

Jika Anda melihat sejarah desain rumah beberapa tahun ke belakang, maka Anda akan melihat bahwa desain klasik ini selalu memiliki peminat yang begitu banyak. Siapa coba yang tak ingin mempunyai rumah yang suasananya mirip seperti istana royal? Kombinasi antara kemewahan, suasana yang nyaman, dan tampilan yang begitu elegan pada desain interior klasik mampu mewujudkan impian Anda untuk mempunyai rumah sendiri bak istana kerajaan.

Desain rumah klasik dibangun dengan ornamen-ornamen, detail pada seluruh penjuru ruangan, dan kenyamanan yang tak terbatas. Desain ini mengalami booming dan dikenal luas sejak abad ke-14 sampai 17. Pada waktu itu, ada 2 gaya desain klasik yang terkenal yaitu Baroque (1600-1750) dan Rococo (1730-1760). Kedua gaya ini memiliki perbedaan pada pokok suasana yang ingin diciptakan. Sedangkan pengolahan warna dan unsur-unsur desainnya mirip.

Era desain interior klasik kemudian berlanjut pada periode Neoklasikal yakni pada abad ke 18-19. Pada dasarnya, konsep Neoklasikal ini sama seperti gaya Baroque dan Rococo tetapi lebih sederhana dalam pembuatan desainnya. Desain klasik pun terus berkembang hingga sekarang, di mana kini kelanjutan dari desain klasik tradisional adalah desain new klasik (abad 20-21) yang membuat tampilan interior klasik tetap terlihat modern, berkelas, dan penuh gaya.

Kelebihan-kelebihan dari interior rumah yang bergaya klasik antara lain :

  1. Pesonanya Tetap Abadi

Gaya klasik adalah desain rumah yang tak lekang oleh waktu. Desain ini selalu cocok diaplikasikan sepanjang zaman. Dari dulu sampai sekarang, desain klasik memancarkan pesona yang selalu sama. Indah tiada duanya. Pesonanya tidak akan pernah pudar. Meski ada begitu banyak desain-desain baru yang berdatangan, namun desain klasik tetap mempunyai tempat tersendiri. Anda tak akan pernah bosan memandangnya. Begitu pula dengan rumah Anda yang tidak bakal kehilangan pesonanya.

  1. Rumah Terlihat Mewah

Penerapan gaya klasik selalu menciptakan desain rumah yang penuh kemewahan. Secara otomatis, hunian Anda akan terlihat begitu mewah ketika menerapkan desain yang satu ini. Berbagai perabotan yang bergaya klasik dengan ukiran dan kristal yang menghiasinya mampu memukau siapa pun yang melihatnya. Desain klasik ini memang sangat cocok diaplikasikan oleh Anda yang ingin mempunyai rumah yang mewah dengan pesona yang berkelas dan tidak pernah pudar.

  1. Memiliki Nilai Seni Tinggi

Desain klasik dibangun dengan nilai seni yang begitu tinggi. Sudah tidak diragukan lagi kalau pemiliknya tidak main-main saat membangun rumah tersebut. Semua bagian rumah tak luput dari pengolahan seni yang saling terhubung. Pemandangan ini terlihat jelas dari suasana interior yang dipenuhi aksen-aksen dekorasi dan hiasan. Benda-benda yang mengandung nilai seni tinggi juga turut dimasukkan ke dalam interior rumah ini. Sudah pasti pemiliknya adalah orang yang memiliki selera seni yang tinggi.

  1. Suasananya Begitu Hangat

Bila Anda menginginkan suasana interior rumah yang terasa hangat dan penuh dengan rasa kekeluargaan, Anda bisa mengaplikasikan konsep hunian klasik. Kombinasi antara tampilan warna-warni khas klasik, perabotan yang tebal, dan ornamen-ornamen penghiasnya dengan mudah menciptakan suasana ruangan yang hangat. Manfaatnya ialah momen berkumpul bersama dengan keluarga tercinta pun akan lebih mendalam. Hubungan keluarga Anda akan lebih akrab dan harmonis.

  1. Bebas Mendekorasi Rumah

Konsep rumah yang bergaya klasik sebenarnya tidak mempunyai aturan-aturan yang pakem. Tidak seperti desain rumah modern atau minimalis yang penuh dengan aturan serta keterbatasan, Anda bebas melakukan apa saja pada rumah yang bergaya klasik. Anda pun dapat memasukkan berbagai koleksi barang antik yang Anda miliki ke dalamnya. Rumah klasik Anda justru akan semakin menarik dengan adanya koleksi benda-benda antik milik Anda.