Cara Mengecat Kelas yang Bagus

Ruangan kelas seharusnya menjadi tempat belajar yang menyenangkan dan memberikan arti yang mendalam. Bukan justru sebaliknya, sebuah ruangan yang sangat membosankan. Untuk mewujudkan ruangan kelas yang sesuai impian, Anda bisa mengolah lagi desain kelas tersebut. Buatlah desain kelas yang bersifat dinamis sehingga para siswa dapat belajar dengan perasaan senang dan gembira di dalamnya. Mereka pun tidak merasa bosan.

Salah satu cara yang paling mudah untuk menciptakan suasana kelas yang baru yaitu mengecat ulang dinding ruangan. Anda dapat menggunakan warna baru yang berbeda dari sebelumnya. Maka dengan sekejap suasana ruangan kelas pun menjadi baru. Siswa-siswa pasti akan merasa lebih bersemangat saat belajar di kelas yang baru ini. Begitu pula dengan para guru yang akan merasa lebih nyaman dengan ruangan kelas yang suasananya fresh ini.

Tapi untuk menciptakan ruangan kelas yang bagus lewat pengecatan pada dindingnya, Anda harus mengaplikasikan teknik pengecatan yang tepat. Tujuan utama pengecatan di sini adalah menciptakan suasana kelas yang dinamis dan tidak membosankan. Ada begitu banyak teknik mengecat yang bisa Anda lakukan. Dari mulai teknik yang paling sederhana, mengombinasikan beberapa warna cat dinding, sampai teknik mengecat yang cukup sulit.

Memilih Warna Sesuai Kesan

Tahukah Anda, warna sanggup mempengaruhi perasaan seseorang yang melihatnya. Setiap warna memiliki kemampuan untuk menciptakan kesan tertentu. Menariknya ialah kesan yang ditampilkan oleh setiap warna berbeda-beda. Misalnya warna hijau akan menciptakan suasana yang segar, warna jingga untuk kesan yang ceria, dan cokelat beige untuk suasana yang damai. Anda dapat memilih warna yang tepat sesuai dengan kesan yang ingin diciptakan di lingkungan kelas. Mulailah menentukan kesan yang ingin dibuat, lalu pilih warna-warna yang berhubungan dengan kesan tersebut.

Menggunakan Warna yang Cerah

Pertimbangkan untuk menggunakan warna-warna yang berjenis cerah untuk digunakan pada dinding ruangan kelas. Mengapa kami menyarankan untuk memakai warna yang cerah? Tidak lain untuk meningkatkan semangat murid dalam belajar. Warna cerah mampu membuka mata setiap orang yang melihatnya. Selain itu, warna cerah juga sanggup membuat ruangan terlihat lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Sebaliknya, warna yang gelap sebaiknya tidak dipakai dalam kelas sebab warna ini tampak membosankan dan mampu membuat orang-orang mengantuk.

Memadukan Beberapa Warna

Hindari menggunakan hanya satu warna untuk cat dinding ruangan kelas. Kendati Anda sudah memakai warna yang sedang tren sekali pun, tetapi cepat atau lambat suasana ruang tersebut pasti akan kelihatan membosankan. Anda sebaiknya mengantisipasi kemungkinan buruk ini dengan memadukan beberapa warna sekaligus. Anda bisa membuat kombinasi dari dua warna yang terlihat serasi. Lalu perkuatlah kesan yang ingin ditampilkan dengan menggunakan warna netral untuk warna ketiga yang berfungsi sebagai warna aksen atau penghias. Contohnya Anda bisa memakai kombinasi warna kuning dan biru yang dihiasi dengan putih susu.

Menciptakan Pola yang Dinamis

Untuk menciptakan ruangan yang suasananya dinamis, Anda bisa mengaplikasikan pola tidak simetris pada interior kelas. Pola nonsimetris ini bekerja bagus untuk ruangan-ruangan yang membutuhkan suasana ceria dan penuh dengan semangat. Di sisi lain Anda bisa menghindari pola simetris atau sama rata antara atas-bawah serta kanan-kiri. Walaupun tampak seimbang, tapi pola simetris ini akan cepat terlihat membosankan. Anda bisa menciptakan pola yang nonsimetris melalui pertemuan antara dua warna cat dinding yang dikombinasikan. Buatlah pola pertemuan berupa garis batas yang dinamis.

Mempertimbangkan Seni Grafiti

Jika Anda menginginkan ruangan kelas yang terasa lebih hidup lagi, Anda membutuhkan teknik pengecatan yang jauh lebih rumit daripada sekadar memadukan 2-3 warna cat dinding. Kami merekomendasikan Anda untuk menerapkan seni grafiti pada ruangan. Anda bisa membuat beberapa gambar yang menarik di bagian-bagian tertentu dari interior kelas. Tujuannya untuk lebih menghidupkan suasana ruangan tersebut. Misalnya saja Anda bisa memulainya dengan membuat gambar peta dunia raksasa di dinding bagian belakang. Kemudian lanjutkan dengan gambar-gambar lainnya. Suasana kelas pasti bakal lebih atraktif.