8 Ide Desain Rumah Mewah ala Korea

Bagi Anda yang merupakan seorang penggemar serial drama Korea pasti sudah beberapa kali melihat betapa indahnya rumah ala Negara Korea. Rumah tersebut tampak sangat menarik dan tetap tampil harmonis bersama dengan alam. Apalagi kalau rumahnya mengusung desain mewah, Anda pasti akan langsung dibuat terpesona oleh keindahannya. Harmonisasi sempurna hasil perpaduan antara unsur-unsur alam dengan manusia dituangkan di dalam desain rumah mewah ala Korea ini.

Kenyataannya tidak terlalu sulit mendekorasi rumah dengan degaya khas Korea. Pada hakikatnya, desain rumah ini mirip seperti rumah-rumah khas di negara Asia Timur lainnya seperti Jepang dan China. Desain rumah Korea ini biasa disebut hanok. Kita akan menemukan kayu sebagai material utama bangunannya. Kayu digunakan di hampir seluruh struktur bangunan. Bahkan lantainya sendiri pun terbuat dari bahan kayu. Sedangkan untuk atap, umumnya dipilih material atap dari tanah liat atau jerami kering.

Ide-ide di bawah ini akan membantu Anda dalam mendesain rumah mewah khas Korea, antara lain :

Ide 1. Pelajari tentang Hanok

Rumah tradisional Bangsa Korea adalah hanok. Rumah ini menjadi cikal bakal dari seluruh rumah-rumah khas Korea lainnya. Anda harus mempertahankan kaidah-kaidah desain rumah ini apabila ingin membuat rumah yang beraliran gaya Korea. Begitu pula saat hendak membuat desain rumah mewah ala Korea, konsep rumah hanok mesti tetap diusung. Beberapa bagian terpenting dari rumah ini antara lain posisi bangunan, arah hadap, dan bentuk atapnya.

Ide 2. Posisi Rumah yang Ideal

Kurang lebih seperti feng shui, ada posisi rumah yang paling bagus menurut Bangsa Korea. Penentuan posisi rumah harus memperhitungkan kontur dan struktur geografis. Rumah khas Korea selalu dibangun dengan posisi menghadap ke sungai dan membelakangi gunung. Dengan posisi seperti ini, diharapkan tercipta keselarasan antara kehidupan dengan kondisi alam di sekitarnya. Untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk, rumah-rumah juga sengaja dibuat menghadap ke arah selatan.

Ide 3. Kombinasi Atap Tanah atau Jerami

Tidak jauh berbeda halnya dengan rumah-rumah tradisional di Indonesia, rumah ala Korea juga dulunya menggunakan genteng dari tanah liat atau jerami. Dua material atap ini paling mudah didapatkan. Kini Anda tetap bisa memanfaatkan kedua jenis atap ini sebagai perpaduan dari atap yang modern seperti beton, aspal, atau keramik. Pasanglah atap tanah dan atap jerami ini di bagian depan rumah supaya kesan yang ditimbulkan begitu kuat.

Ide 4. Pemakaian Lantai dari Kayu

Dalam hal pemilihan material lantainya, masyarakat Korea paling suka menggunakan lantai dari kayu untuk rumah tinggal. Mengapa? Tidak hanya indah dipandang mata, tapi lantai kayu juga mampu memberikan kehangatan. Kayu merupakan material yang unik. Pada saat kondisi sedang dingin, lantai ini justru akan melepaskan hawa panas yang telah disimpannya secara perlahan-lahan. Alhasil rumah pun terasa lebih hangat. Untungnya lantai kayu masih dapat digunakan untuk menciptakan desain mewah berkat kilauan yang dipancarkannya.

Ide 5. Adanya Tungku Penghangat

Masyarakat Indonesia mungkin masih awam dengan pemakaian tungku penghangat ruangan karena memang rata-rata suhu udara di negeri ini terasa panas. Meskipun sedang musim penghujan, suhu udaranya pun tidak terlalu ekstrem sampai dingin sekali. Namun berbeda dengan di Korea, tungku penghangat wajib dimiliki oleh setiap rumah sebab suhu udara di musim dingin bisa mencapai minus 0 derajat celsius. Mungkin tungku penghangat ini bisa tetap dipakai bila rumah Anda berada di dataran tinggi.

Ide 6. Hiasan Dinding Kaligrafi Aksara Hangeul

Negara Korea mempunyai aksara sendiri yang berbeda dari aksara romawi. Huruf-hurufnya berbeda dari yang biasa kita gunakan sama seperti aksara jawa, aksara arab, aksara china, atau aksara jepang. Aksara khas Korea ini dinamakan hangeul. Selain dipakai untuk kegiatan tulis-menulis, aksara ini juga berguna untuk menunjang keindahan melalui seni kaligrafi hangeul. Umumnya kaligrafi hangeul berisi kata-kata mutiara, puisi, dan sejuk. Anda bisa menggunakan kaligrafi ini untuk membawa nuansa Korea di dalam rumah.

Ide 7. Taman yang Indah di Depan Rumah

Masyarakat Korea begitu menjunjung tinggi harmonisasi kehidupan bersama dengan alam. Hal ini terlihat dari kondisi lingkungan alaminya yang terjaga dengan baik. Setiap rumah pasti mempunyai taman di depannya. Tidak peduli seberapa luas taman tersebut, adanya tumbuh-tumbuhan di sekitar memang dapat membuat suasana rumah semakin nyaman. Jika Anda ingin membangun rumah dengan gaya Korea, jangan lupa hadirkan sebuah taman di bagian depannya. Anda bisa membeli bibit tanaman ini di TokoTanaman.com.

Ide 8. Barang Elektronik Berteknologi Tinggi

Dalam satu dekade terakhir, Korea telah berhasil menjadi salah satu negara paling maju di dunia. Bahkan Korea juga sudah berhasil menjadi pelopor berbagai peralatan elektronik yang berteknologi canggih. Smartphone merupakan salah satunya. Anda salah sangka kalau mengira kehidupan di Korea hanya soal kebudayaan tradisional saja. Faktanya, peralatan teknologi di negara ini sudah begitu canggih. Dalam kehidupan sehari-harinya pun, masyarakat terbiasa memakai alat elektronik dan robot untuk membantu aktivitasnya.