Inspirasi Desain Atap Rumah Minimalis Khusus Buat Kamu! Iya Kamu!

Apakah Anda tertarik untuk membuat atap rumah yang bentuknya unik? Kalau iya, desain atap rumah bergaya minimalis wajib banget Anda coba nih. Kebanyakan bentuk atap rumah yang dibangun saat ini memang mempunyai bentuk yang miring. Hal ini samata-mata bertujuan supaya air hujan yang jatuh di atasnya bisa langsung mengalir jatuh ke bawah dengan lancar. Dengan trik tersebut, rumah pun dapat terhindar dari masalah kebocoran yang membuat seisi rumah menjadi tidak nyaman.

Kemudian pada awal abad ke-20, mulai muncul desain atap rumah dengan model yang baru yakni atap  dengan bentuk permukaan yang datar. Pada awal mulanya, atap jenis datar ini diimplementasikan hanya pada gedung-gedung besar dan balai pemerintahan negara saja. Tujuan utamanya adalah menambah nilai keindahan pada bangunan tersebut. Namun kini atap datar juga banyak diterapkan pada bangunan rumah tinggal. Dengan mengaplikasikan atap yang datar ini, rumah pun terlihat begitu unik.

Kalau dibandingkan atap konvensional, atap datar mempunyai keunggulan tersendiri. Kira-kira apa saja sih kelebihan-kelebihan dari atap dengan permukaan yang datar ini? Berikut ini 5 di antaranya!

  1. Desain rumah terlihat begitu modern, futuristik, dan unik.
  2. Atap rumah dapat dimanfaatkan sebagai loteng ataupun gudang.
  3. Atap juga bisa dijadikan sebagai ruang berkumpul maupun roof garden.
  4. Mempermudah pekerjaan ketika ingin menambah jumlah lantai bangunan.
  5. Berfungsi sebagai jalan keluar darurat apabila terjadi masalah di dalam rumah.

Tahukah Anda berdasarkan model, bentuk, dan proses pembuatannya, atap datar pada rumah minimalis dapat dibedakan menjadi beragam jenis yang meliputi atap yang mempunyai permukaan dengan kontur yang datar, atap yang bentuknya bertingkat-tingkat, atap datar dengan roof garden, dan atap datar yang terbuat dari material PVC (Polyvinyl Chloride).

Atap dengan Kontur yang Datar

Sama seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa salah satu jenis desain atap pada rumah minimalis yang kini sedang begitu populer adalah atap dengan kontur yang berbentuk datar. Atap datar mempuyai yang sangat berbeda dibandingkan atap yang miring. Saat ini ada banyak orang yang tertarik dengan atap yang berbentuk datar karena kesan modern yang mampu diciptakannya begitu kuat. Dengan gaya seperti ini, maka tampilan dinding rumah bisa dinikmati secara penuh, modern, dan terlihat lebih unik.

Itulah kenapa, beberapa rumah lama yang hendak dijual akan direnovasi bagian atapnya agar berbentuk datar. Tujuannya tidak lain adalah supaya rumah tersebut terlihat layaknya bangunan baru. Oleh sebab itu, ketika Anda ingin membeli rumah jangan lupa memeriksa bagian atapnya juga. Sedangkan jika Anda ingin menerapkan bentuk atap minimalis ini pada rumah Anda, pastikan untuk selalu memilih bahan material yang berkualitas terbaik dan teruji mampu bertahan lama.

Atap Datar yang Bertingkat-tingkat

Model terbaru dari atap minimalis ialah atap yang bentuknya bertingkat-tingkat. Atap yang bentuknya datar saja sudah nampak begitu unik. Apalagi kalau atap datar tersebut bertingkat-tingkat, pasti tingkat keunikannya bakal semakin kuat. Sebagai contoh, rumah Anda terdiri atas tiga bagian yaitu bangunan utama dua lantai, ruang tamu yang terpisah di sampingnya, dan garasi mobil. Silakan Anda membangun masing-masing dari bagian ini dengan sebuah atap datar yang terpisah. Sehingga nantinya desain atap rumah minimalis Anda akan terlihat seperti bertingkat-tingkat. Pasti menarik sekali!

Atap Datar dengan Taman/Roof Garden

Salah satu kekurangan dari atap datar yang bergaya minimalis adalah bangunannya yang terlihat kaku. Tidak seperti atap yang tradisional, atap bergaya minimalis ini cenderung kurang bisa menyatu dengan bagia-bagian rumah yang terletak di bawahnya. Nah untuk membuatnya agar tetap terlihat cantik, salah satu cara yang patut Anda terapkan adalah membuat roof garden alias taman atap. Rumah minimalis yang dilengkapi dengan roof garden di atasnya pasti akan terlihat menarik sekali. Anda dapat membuat rumah modern yang lebih natural menggunakan taman di atas atap ini.

Atap yang Terbuat dari Membran PVC

Bentuk permukaan yang datar pada desain atap ini mengakibatkannya mudah rusak. Sisa air hujan yang menggenang dan terpaan sinar ultraviolet secara terus-menerus merupakan faktor utama penyebab kerusakannya. Bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya adalah memakai atap berjenis membran. Jenis atap ini selain memiliki desain minimalis, juga dilengkapi dengan daya tahan yang tinggi terhadap sinar matahari langsung, air hujan, dan suhu udara yang rendah. Alhasil, atap datar di rumah Anda pun bakal lebih awet apabila menggunakannya.

Untuk pemasangan membran PVC ini sangat mudah ya. Karena Anda bisa menggunakan sejenis perekat khusus untuk atap untuk memasangnya supaya mampu menempel dengan kuat. Ingatlah, Anda harus selalu memperhatikan kualitas atap PVC yang digunakan. Sebaiknya pilih membran PVC buatan merek ternama dengan kualitas yang sudah teruji benar-benar bagus. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, tetapi ada jaminan mutu yang membuat Anda tak akan kecewa setelah memilihnya. Atap PVC yang baik biasanya mampu bertahan sampai lebih dari 20 tahun masa pemakaian.