11 Inspirasi Desain Rumah Kecil dengan Kolam Renang

Sepertinya menyenangkan sekali ya kalau kita mempunyai kolam renang pribadi. Kita dapat berenang sepuas hati di kolam tersebut. Mau berenang saat pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari tidak akan ada yang melarangnya. Kalau mau, kita pun bisa terus berada di dalam kolam renang sepanjang hari. Wah, pastinya bakal asyik sekali ini. Apalagi jika dilakukan saat hari libur. Daripada pergi ke luar, mending bersantai dan bermain air di sini.

Kenyataannya membuat kolam renang memang tidak terlalu susah. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan. Kebetulan rumah Anda ukurannya tidak terlalu besar sehingga masih ada lahan tak terpakai di sekitarnya. Daripada hanya membuat taman saja di lahan tersebut, mendingan Anda memakainya untuk disulap menjadi kolam renang. Lumayan banget, kan? Ini merupakan ide brilian khususnya bila Anda memang hobi berenang.

Bukan hanya rumah tinggal berukuran besar saja yang boleh memiliki kolam renang. Rumah yang ukurannya kecil pun sangat layak dilengkapi dengan fasilitas ini. Adanya kolam renang akan mengangkat nilai dari rumah tersebut secara signifikan. Desain rumah Anda menjadi bernuansa mewah dengan keberadaan kolam renang ini. Jika Anda masih bingung bagaimana mendesain kolam renang tersebut, silakan lihat inspirasi di bawah ini!

Punya rumah ukuran kecil bukan alasan Anda tidak bisa membuat kolam renang di sana. Anda masih bisa loh memanfaatkan lahan kosong yang tersedia untuk dibuat menjadi kolam renang. Sudah pasti ukurannya tidak perlu terlalu besar, namun cukup nyaman untuk digunakan Anda sekeluarga berenang. Maksimalkan saja semua area pada lahan kosong tersebut. Dengan penataan yang apik, kolam renang pun berhasil diwujudkan.

Kalau ada space kosong di belakang atau samping rumah Anda, manfaatkan area tersebut untuk disulap menjadi kolam renang. Anda bisa membuat kolam renang yang memanjang di sini. Ukuran sampingnya sih tidak terlalu lebar. Namun dengan ukuran panjang yang cukup jauh, kolam renang tersebut akan tetap terasa nyaman. Satukan desain antara rumah dan kolam renang dengan mengusung konsep yang sama.

Selama ini mungkin area di belakang rumah Anda hanya dimanfaatkan untuk lapangan olahraga saja? Kemudian Anda ingin mengubahnya menjadi kolam renang pribadi sehingga dapat berenang di sana sepuas-puasnya. Tenang saja, Anda tetap dapat mewujudkan impian tersebut dengan melakukan sedikit perubahan. Contohnya seperti pada gambar di atas, kolam renang nampak sangat nyaman.

Jangan sia-siakan pemandangan indah yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Tidak peduli meskipun rumah Anda berukuran kecil, asalkan ada lahan kosong yang masih tersedia, Anda bisa mengolahnya menjadi sebuah kolam renang yang berkelas. Cobalah perhatikan gambar di atas. Kolam renang ini terlihat begitu spesial. Meskipun bentuk kolam ini sederhana, tetapi hiasan alam yang ada di sekitarnya membuat kolam tersebut istimewa.

Ini salah satu contoh bagaimana lahan yang berukuran sempit tetap dapat diubah menjadi sebuah kolam renang yang nyaman dan berkelas. Bentuk kolam renang ini termasuk unik dengan sudut-sudut yang melengkung. Luas kolamnya sih tidak seberapa, cukuplah untuk menampung 1-3 orang saja berenang bersama-sama. Namun dengan memanfaatkan material finishing yang tepat, kolam ini tetap terlihat mewah sekali.

Tinggal di daerah pedesaan, sudah pasti Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Bentangan-bentangan alam ini mengelilingi lingkungan rumah sehingga Anda perlu memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan nilai rumah. Ide membuat rumah yang berada di tengah-tengah kolam renang mungkin termasuk salah satu yang terbaik. Rumah Anda tampak begitu unik dengan desain seperti ini.

Tren kolam renang dengan konsep infinity pool juga tetap dapat diaplikasikan pada rumah Anda meskipun ukurannya tidak terlalu luas. Apalagi jika rumah Anda berada di dataran tinggi, posisinya berada di ketinggian. Anda tidak perlu lagi membangun rumah bertingkat. Cukup manfaatkan saja kontur tanah yang miring untuk membuat kolam ini. Bayangkan Anda bisa menikmati keindahan alam sembari berenang di kolam.

Apabila Anda mempunyai lahan yang memang sangat sempit, namun tetap bersikukuh untuk membuat kolam renang di sana, cobalah tiru desain ini. Kolam renang ini tampil begitu menarik di bagian tengah hunian meskipun ukurannya kecil. Perpaduan antara rumah etnik dengan kolam renang yang bergaya modern berhasil menciptakan kesan yang unik. Kolam renang ini berhasil tampil menawan dengan gaya minimalisnya.

Ide lebih gila lagi nih. Membuat sebuah hunian, di mana ukuran kolam renangnya jauh lebih besar daripada ukuran rumah itu sendiri. Boleh-boleh saja Anda tinggal di rumah yang berukuran kecil. Namun Anda tetap bisa menikmati kesegaran berenang di kolam yang ukurannya luas milik sendiri. Bahkan Anda pun masih bisa meletakkan sebuah perosotan untuk menambah keseruang berenang di kolam tersebut.

Dengan pengaturan layout yang baik, Anda tetap bisa membangun kolam renang di lahan yang berukura kecil. Bahkan kolam tersebut bisa memiliki beberapa bagian dengan fungsi khusus. Tak lupa sebuah taman kecil melengkapi keasrian kolam ini. Halaman belakang rumah Anda menjadi lebih atraktif saat dibangun kompleks kolam renang mini ini. Anda bisa bersantai dan menikmati waktu di rumah di sini.

Membuat sebuah kolam renang di rumah yang kecil memang susah-susah gampang. Untuk mudahnya, Anda bisa meniru konsep yang biasa diusung pada vila. Rata-rata vila memang dilengkapi dengan sebuah kolam renang untuk memanjakan para pengunjungnya. Dengan ukuran kolam yang tidak terlalu luas, kolam ini tetap dapat terlihat sangat menarik. Anda bisa mengaplikasikan desain kolam renang modern yang bergaya tropis.