10 Tips Mendesain Gapura 17 Agustus yang Menarik Hati

Bulan Agustus kini sudah tiba. Ini artinya momen perayaan hari kemerdekaan negara tercinta kita, Indonesia Raya, resmi dimulai. Puncaknya pada tanggal 17 Agustus nanti, kita bersama-sama akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Kita patut bersyukur karena Indonesia telah merdeka dan bebas dari jeratan para penjajah. Sehingga hari ini kita bisa merasakan nikmatnya hidup di dunia yang sesungguhnya. Semoga arwah para pahlawan juga selalu merasa bahagia di akhirat sana, aamiin.

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus biasanya dimulai dengan mendirikan suatu gapura. Gapura adalah pintu besar untuk masuk pekarangan rumah, jalan, taman, dan lain-lain. Bangunan ini menjadi penyambut siapa pun orang yang melewatinya. Gapura sering dijadikan sebagai simbol persatuan dan kesatuan karena proses pembuatan gapura umumnya dilaksanakan secara bergotong-royong. Bagaimana dengan gapura di kompleks permukiman yang Anda tinggali?

Mungkin kali ini justru Anda juga terpilih menjadi panitia pembuatan gapura di tempat tinggal Anda? Ini merupakan amanat yang sungguh besar sehingga Anda harus melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Anda bisa membuat gapura dengan desain yang unik dan konsep yang berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga gapura buatan Anda dan tim pun akan mendapatkan apresiasi yang lebih baik dari warga.

Tentukan Konsep Gapura yang Akan Dibangun

Sebelum mulai mengerjakan proyek pembangunan gapura, Anda harus mempertimbangkan konsep dasar yang akan diambil terlebih dahulu. Anda akan membuat gapura dengan konsep apa? Apakah bergaya tradisional, klasik, etnik, minimalis, modern, kontemporer, atau desain yang lainnya? Kurang lebih proses penentuan konsep awal ini sama seperti ketika Anda ingin membuat desain rumah. Perlu Anda ketahui, tidak ada aturan-aturan yang mengikat tentang desain gapura ini.

Manfaatkan Bahan-bahan yang Tidak Biasa

Cara yang paling mudah untuk membuat gapura yang unik dan tidak biasa yaitu menggunakan material bangunan yang jarang atau bahkan tidak pernah dipakai untuk membuat gapura. Dominasi dari bahan baku tersebut akan langsung menarik perhatian dan membuatnya spesial. Gapura Anda akan terlihat begitu istimewa. Selain menggunakan bahan bangunan impor dari luar negeri, Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk menghemat anggaran biaya pembangunannya. Faktanya, gapura bisa dibuat dari botol, kardus, sedotan, dan balon.

Gapura harus Mampu Berdiri dengan Kokoh

Apalah artinya gapura yang indah kalau tak bisa berdiri dengan kokoh? Bukan gapura namanya jika posisinya miring atau bahkan rubuh. Anda harus memastikan gapura yang dibuat tersebut sanggup berdiri kokoh selama berhari-hari, paling tidak 6-12 bulan. Ini juga merupakan suatu amanat dari warga yang menjadi tanggung jawab bagi Anda dan tim. Kunci utama membuat gapura yang kokoh terletak pada pondasi dan kerangkanya. Hitung dengan baik beban gapura secara total, dan pastikan mampu dilayani oleh struktur penahan tersebut.

Tonjolkan Ciri Khas serta Kearifan Lokal

Sesuatu yang istimewa dari daerah Anda adalah ciri khas dan kearifan lokalnya. Karakteristik daerah Anda sendiri lah yang menjadi kelebihan utamanya. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menonjolkan ciri khas daerah Anda serta kearifan lokalnya. Janganlah menjadi orang asing di daerah sendiri. Diskusikan bersama dengan tim, apakah yang menjadi kekhasan dari tempat tinggal Anda. Semakin banyak pilihannya akan semakin bagus. Selanjutnya gunakan ciri khas ini sebagai daya tarik utama dari gapura.

Manfaatkan Teknologi yang sudah Canggih

Bangga terhadap kebudayaan daerah memang sangat baik. Sebab bagaimana pun kebudayaan merupakan manifestasi dari diri kita sendiri. Tapi bukan berarti Anda harus bersikap menutup diri dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi pun mempunyai manfaat positif yang sangat besar. Termasuk menambah daya tarik gapura buatan Anda bersama tim. Misalnya Anda bisa menambahkan bingkai-bingkai yang memiliki desain unik seperti postingan di sosial media. Hiasan-hiasan yang bersifat kekinian ini biasanya sangat efektif menarik perhatian anak-anak muda.

Tambah Hiasan yang Belum Pernah Digunakan

Anda sebenarnya bisa mengkreasikan gapura dengan desain yang sebebas mungkin, namun tetap harus menunjukkan rasa cinta dan bangga kita terhadap Indonesia. Selain menggunakan kebudayaan lokal, Anda bisa menambahkan hiasan-hiasan ala negeri lain untuk menambah semarak gapura tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan kain selendang, wayang kulit, kincir angin, pohon sakura palsu, miniatur menara Eiffel, atau bahkan peta dunia. Bahkan Anda pun boleh menggunakan tokoh-tokoh superhero untuk menambah daya tarik gapura.

Warnai dengan Pewarnaan Sekreatif Mungkin

Sekali lagi kami sarankan bagi Anda untuk tidak kaku dalam membuat gapura. Gapura boleh didesain dengan bebas asalkan maknanya tetap sama, kita adalah Indonesia. Begitu pula dengan pewarnaan gapura tersebut tidak ada aturannya. Boleh-boleh saja Anda mewarnai gapura tersebut menggunakan warna merah dan putih saja. Namun bila Anda ingin gapura yang memiliki penampilan lebih dinamis, gunakan pola pewarnaan yang lainnya. Hindari pola pewarnaan yang simetris karena akan terlihat kaku. Warnailah gapura tersebut dengan pola asimetris tapi seimbang agar tampak lebih menarik lagi.

Pastikan Gapura Tampak Indah Siang dan Malam

Jangan biarkan gapura buatan Anda dan teman-teman hanya terlihat indah pada siang hari saja. Gapura tersebut harus tetap tampil menarik di pagi, siang, sore, dan malam hari. Lantas, bagaimana caranya? Anda pasti tidak lupa kalau sekarang lampu sudah ditemukan, kan? Nah, tugas Anda adalah mengkreasikan lampu-lampu tersebut untuk menambah keindahan gapura, khususnya pada malam hari. Kini sudah tersedia berbagai lampu hias yang sangat menarik di pasaran. Silakan pilih lampu sesuai peruntukannya dan pasang pada posisi yang tepat.

Ucapkan Selamat dan Tulisan yang Menarik

Untuk melengkapi pesona gapura, jangan lupa memasang ucapan selamat hari kemerdekaan Indonesia. Posisi ucapan ini sebenarnya tidak harus persis di tengah-tengah gapura. Justru kesannya akan lebih menarik jika Anda memilih posisi lain untuk dihiasi dengan kalimat ucapan selamat ini, Dirgahayu Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Agar lebih menarik lagi, Anda juga bisa menambah kata-kata lain yang menarik di samping ucapan selamat tersebut. Bahasa yang digunakan tidak harus baku, tetapi wajib sopan dan bermakna bagus.

Sempurnakan dengan Merah Putih dan Garuda

Sebagai penyempurna dari gapura, Anda bisa memasang bendera merah putih dan garuda Pancasila. Kalau untuk kedua benda yang sangat sakeral dan berharga ini, posisinya wajib diletakkan di tengah-tengah gapura. Sebisa mungkin gunakan bendara yang berukuran besar sebagai ungkapan rasa cinta daerah Anda terhadap Indonesia yang begitu besar. Begitu pula dengan simbol garuda yang dipasang pun sebaiknya cukup besar dan terlihat dari kejauhan. Bendara merah putih dan garuda Pancasila ini akan membuat desain gapura tersebut begitu sempurna.