Lifestyle
Jul1

Tips-tips dalam Memilih Asuransi Rumah dan Properti

Apakah anda sedang mencari tips-tips dalam memilih asuransi rumah dan properti? Asuransi adalah perlindungan finansial berupa penggantian dari hal-hal yang tidak diinginkan dengan melibatkan pembayaran premi secara teratur. Selain asuransi jiwa, kesehatan, dan kendaraan, dikenal pula asuransi untuk properti. Bedanya, asuransi properti adalah asuransi yang melindungi rumah, apartemen, kios, dan produk-produk properti yang lain.

tips-memilih-asuransi-properti.jpg

Properti

Saat ini, ada banyak sekali perusahaan asuransi properti yang mulai bermunculan. Semuanya menawarkan produk perlindungan yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangannya. Ada perusahaan yang hanya menawarkan perlindungan terhadap bangunan saja, namun tidak sedikit pula yang berani memberikan perlindungan pada bangunan dan perabotannya. Oleh karena itu, anda harus pintar dan jeli dalam memilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Bagaimanakah tips-tips dalam memilih asuransi rumah dan properti? Berikut ini kiat-kiatnya dari Arafuru untuk anda!

Pelajari Jaminan Asuransi yang Ditawarkan

Jaminan merupakan faktor yang pertamakali harus diperhatikan dalam memilih produk asuransi apapun, termasuk asuransi properti. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, terdapat berbagai pilihan jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi saat ini. Di antaranya adalah jaminan bangunan serta jaminan bangunan dan perabotan.

Begitupun dengan hal-hal yang bisa memicu kerusakan properti seperti kebakaran, banjir, gempa, kerusuhan, ledakan, korsleting listrik, dan lain-lain wajib dipelajari pula. Jangan lupa tanyakanlah bentuk kerusakan bagaimana dan seperti apa yang akan ditanggung oleh asuransi. Dengan mengetahui aturan-aturan perjanjian asuransi secara jelas, hal ini akan memudahkan anda dalam mengklaim jaminan asuransi tersebut.

Ketahui Prosedur Klaim Sedari Awal

Akan terlihat sangat lucu jika anda tidak mengetahui prosedur klaim yang benar terhadap produk asuransi yang dimiliki. Tentu semua orang tidak ingin kerusakan-kerusakan yang fatal menimpa rumah tinggalnya. Akan tetapi, tidak ada salahnya mengantisipasi kemungkinan terburuk ini sedari awal.

Jadi, ketahuilah prosedur klaim yang harus anda lakukan untuk memperoleh hak asuransi anda. Tanyakan langsung kepada Customer Service perusahaan terkait supaya anda bisa mendapatkan informasi secara jelas dan benar. Sekali lagi, jangan malu untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas sehingga nantinya anda tidak mengalami kesulitan dalam mengurus klaim asuransi tersebut.

Sesuaikan Biaya dan Nilai Pertanggungan

Jangan memaksakan diri mengambil produk asuransi dengan biaya premi mahal yang justru akan mengacaukan kehidupan anda sekeluarga. Banyaknya pilihan asuransi sekarang bakal memudahkan anda dalam menyesuaikan biaya yang tepat terhadap kemampuan finansial. Tidak selamanya biaya premi yang mahal menawarkan nilai pertanggungan yang sebanding sekaligus karena hal ini terkait dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Oleh karena itu, pastikan nilai pertanggungan mampu menutup biaya renovasi rumah anda. Hitunglah dengan cermat antara nilai pertanggungan, biaya premi, dan waktu kontrak asuransi. Untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai ketiga aspek ini, anda bisa berkonsultasi langsung kepada perusahaan asuransi terkait.

Bandingkan Antar Perusahaan Asuransi

Beruntung bagi anda karena banyaknya pilihan asuransi akan mempermudah anda dalam membandingkannya. Fokuslah pada aspek biaya dan manfaat dari produk-produk asuransi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan. Walaupun agak sedikit merepotkan, proses perbandingan ini akan membantu anda dalam menemukan asuransi mana yang paling tepat.

Guna menghemat lebih banyak waktu, cobalah melakukan perbandingan secara online. Kunjungi website-website resmi perusahaan asuransi di Indonesia dan salin kebijakan-kebijakannya pada Excel. Anda pun dapat melakukan konsultasi gratis di forum-forum properti daring, di mana biasanya banyak member seperti anda yang saling bertukar pengalaman.