Lifestyle
Jan22

Mau Sewa Apartemen di Singapore? Baca Ini Dulu

sewa-apartemen-singapore.jpg

Ada banyak sekali orang yang mencari apartemen murah di Singapore. Padahal hampir tidak mungkin kita bisa menjumpai apartemen yang disewakan dengan harga murah di sini. Meskipun jika di Batam, Indonesia dan Malaysia, Anda masih bisa menjumpai daerah-daerah yang menawark apartemen murah. Tetapi di Singapore, Anda harus berebut ruang dengan jutaan orang lainnya. Karena itu, saat Anda ingin menyewa apartemen di Singapura lupakan faktor harga murah dari list yang perlu diperhatikan. Berfokuslah pada tempat yang bagus dengan suasana nyaman.

Berikut ini sejumlah tips dari kami jika Anda ingin menyewa apartemen di Singapore :

1. Deposito Apartemen

Ketika Anda berniat menyewa sebuah unit apartemen, maka Anda akan bertemu dengan biaya deposito. Deposito ini bersifat sebagai jaminan selama Anda tinggal di dalam apartemen tersebut. Karena sifatnya itu, maka deposito ini akan Anda terima kembali setelah habis masa sewa (biasanya satu bulan sebelumnya).

Adapun untuk contoh perhitungan besar deposito yang berlaku di Singapore yaitu :

  • 6 bulan masa sewa, deposit sebesar 6 bulan sewa (sebagian besar apartemen memiliki kebijakan tentang sewa minimal 12 bulan)
  • 12 bulan masa sewa, deposit sebesar 1 bulan sewa
  • 24 bulan masa sewa, deposit sebesar 2 bulan sewa

Sementara itu, ketika ada kerusakan yang terjadi, maka pemilik apartemen akan mengambil ganti rugi dari uang deposito Anda. Oleh sebab itulah, jangan heran jika Anda menemukan apartemen yang menawarkan harga sewa rendah dengan deposito tinggi atau tarif sewa yang tinggi tanpa deposito sama sekali.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah waspada lah terhadap iming-iming harga yang tidak wajar. Pelajari semua kontrak sewa secara teliti. Jangan lupa, tanyakan pada mereka bagaimana status kepemilikan apartemen yang akan Anda tempati ini. Apakah hak milik atau masih dalam tahap pencicilan. Jika ternyata apartemen tersebut belum berstatus sebagai hak milik pribadi, ada baiknya Anda menghindar agar tidak masuk dalam perjanjian pemilik kamar (yang akan menyewakan) dengan pihak apartemen.

2. Surat Perjanjian Ekspatriat

Perlu Anda ketahui bahwa setiap warga asing yang ingin menyewa kamar apartemen di Singapore, maka berkas kontrak juga harus disertai dengan perjanjian diplomatik/ekspatriat. Surat perjanjian ini memungkinkan Anda untuk membatalkan sewa apartemen tanpa harus kehilangan uang deposit dan apabila pihak pemilik lah yang membatalkan kontrak, maka Anda tidak harus menanggung rugi besar.

Meskipun surat ini bersifat wajib, beberapa pemilik apartemen mungkin lupa/sengaja lupa untuk menyertakan surat ini di dalam berkas kontrak yang akan ditandatangani. Biasanya mereka akan meyakinkan Anda agar tidak perlu khawatir karena mereka tidak akan menipu. Akan tetapi, jangan sampai Anda terlena dengan pernyataan ini dan menyesal esok hari. Apabila mereka masih ngeyel tidak melampirkan surat ini ke dalam berkas, sebaiknya lupakan apartemen tersebut dan cari yang lain.

3. Bandingkan dengan Sekitarnya

Sebelum deal transaksi, ada baiknya Anda berjalan-jalan di sekitarnya. Cobalah cari tahu harga apartemen di sekitar kawasan tersebut. Selisih harga yang wajar maksimal 10% dari apartemen pilihan Anda. Perbedaan harga juga terjadi karena perbedaan ketinggian gedung. Cobalah bertanya-tanya kepada penyewa lainnya agar mendapatkan gambaran apartemen yang lebih objektif.

4. Periksa Setiap Sudut Ruangan

Pada umumnya, fasilitas kamar apartemen sudah dilengkapi oleh pihak pemilik. Perhatikan setiap furnitur yang ada dan berhati-hatilah pada furnitur mahal yang mudah pecah. Ada beberapa kasus di mana pemilik dengan sengaja menempatkan keramik di tempat yang mudah jatuh. Ada juga yang sering mengaku-ngaku barang milik penyewa adalah barang miliknya. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda memotret setiap sudut ruangan dan membuat daftar apa-apa saja barang yang ada di sana.

5. Apartemen dengan Aneka Furnitur

Seperti yang sudah kami jelaskan pada poin 4, bahwa saat Anda menyewa apartemen, ada sebagian pemilik yang telah melengkapi kamarnya dengan berbagai perabotan mahal. Pastikan Anda memeriksa surat kontrak berapa besar biaya ganti rugi jika barang tersebut rusak. Misalnya, suatu hari Anda merusak meja kopi dan dikenakan denda $93. Di hari lainnya, anak Anda memecahkan meja kaca antik dan wajib membayar ganti rugi sebesar $5600. Jangan sampai biaya-biaya ganti rugi ini membuat Anda bangkrut. Mintalah kepada pemilik apartemen untuk mengeluarkan semua aksesoris yang rapuh berharga mahal seperti patung, hiasan meja, karpet agar Anda tidak terbayang-bayangi konsekuensi biaya ini.