Tips Puasa Wajib Khusus untuk Tukang Bangunan

Tanpa terasa Bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi. Ini artinya kita sebagai umat muslim harus menjalankan ibadah puasa. Puasa artinya menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkannya mulai fajar terbit hingga terbenamnya matahari. Khusus bagi pekerja berat seperti tukang bangunan, puasa wajib di Bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya kita harus melakukan pekerjaan berat tanpa boleh makan dan minum selama lebih dari 14 jam.

Karena beratnya puasa yang mesti dijalani oleh seorang tukang bangunan, tidak jarang pekerja yang tak berpuasa dengan alasan tidak kuat menahan rasa lapar dan dahaga. Beberapa orang lainnya melakukan puasa setengah hari dengan makan dan minum saat waktu shalat dhuhur lalu melanjutkan puasanya lagi. Namun tidak dipungkiri ada banyak sekali tukang bangunan yang ingin berpuasa secara penuh walaupun tugas dan pekerjaan yang harus dilaksanakannya membutuhkan banyak energi.

tips-puasa-tukang-bangunan.jpg

Sejatinya Allah SWT Maha Melihat dan Maha Mengetahui apa-apa yang dirasakan oleh para hamba-Nya. Anda yang kini berprofesi sebagai tukang bangunan hendaknya melaksanakan ibadah puasa sebaik mungkin mumpung masih diberi kesempatan. Sebab semua ibadah yang dilakukan oleh orang yang tengah berpuasa itu mendapatkan penilaian yang jauh lebih baik. Beratnya puasa yang harus Anda jalani juga bakal memperoleh ganjaran yang lebih daripada puasanya para pekerja kantoran.

Jadi Anda tidak perlu merasa bimbang apakah mau berpuasa atau tidak. Tips-tips berikut ini akan membantu puasa Anda di Bulan Ramadhan tahun ini lebih lancar!

Mantapkan Niat Puasa Anda

Anda perlu memantapkan lagi niat puasa Anda supaya dapat menjalaninya dengan baik. Niat bisa diibaratkan sebagai pondasi dalam sebuah bangunan. Niat menjadi landasan bagi ibadah puasa sehingga Anda dapat melakukannya secara nyaman, bukan terbebani. Niat berawal dari kesadaran diri bahwa sesungguhnya manusia diciptakan di dunia ini hanya untuk beribadah. Ibadah merupakan tugas awal Anda sebagai manusia. Sedangkan pekerjaan-pekerjaan lainnya hanya berperan sebagai selingan.

Konsumsi Lebih Banyak Air

Sebagai tukang bangunan, Anda akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak daripada orang biasa. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan mengonsumsi air lebih banyak agar bisa menggantikan cairan yang keluar. Minumlah lebih banyak air pada malam hari. Jika orang biasa membutuhkan 6-8 gelas air minum/hari, maka Anda harus meminum lebih banyak air lagi hingga mencapai 12 gelas. Anda bisa meminumnya segelas-segelas dari berbuka hingga waktu sahur. Minumlah sedikit demi sedikit, tapi sering.

Minum Minuman Isotonik

Minuman isotonik memiliki sifat dan karakteristik yang mirip seperti cairan di dalam tubuh. Itu sebabnya, minuman ini mampu diserap oleh organ tubuh dengan lebih cepat. Anda bisa membeli minuman isotonik yang banyak dijual di pasar swalayan. Kalau mau minuman yang alami, minumlah air kelapa. Jika tidak ada, Anda pun bisa meminum segelas air yang telah diberi tambahan sejumput garam. Bisa juga dengan membuat teh manis, lalu menambahkan sedikit garam ke dalamnya.

Perbanyak Makanan Berserat

Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dengan porsi yang lebih banyak daripada orang biasa. Adapun bahan makanan yang berserat tinggi ini bisa diperoleh dari buah dan sayur-mayur. Serat pada buah dan sayur-sayuran sangat dibutuhkan oleh pekerja berat yang terbiasa mengeluarkan keringat banyak. Serat ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat haus. Di dalamnya juga terdapat antioksidan, vitamin, mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Saat berpuasa, Anda diharuskan mengonsumsi buah dan sayur minimal sebanyak 5 porsi/hari.