8 Tips Berjualan Rumah yang Efektif agar Cepat Laku, Anda Harus Cobain!

Saat ini Anda mungkin sedang berencana untuk menjual rumah milik pribadi? Atau Anda mungkin malah seorang broker properti yang ingin menjual rumah dalam waktu yang lebih singkat? Memang  sih dalam proses menjual rumah, selain kelancarannya tergantung pada wujud fisik bangunan tersebut, diperlukan juga keahlian dan persiapan yang matang. Sebenarnya sama juga seperti ketika kita menjual barang-barang lain. Cuma kali ini memang faktor yang mempengaruhi harga jualnya lebih banyak. Di antaranya seperti lokasi, keamanan, kemudahan aksesnya, dan lain-lain.

Cuma karena kali ini produk yang dijual ialah rumah, di mana harga jualnya memang begitu tinggi, maka wajar sekali apabila cakupan pasarnya terbatas. Tapi Anda tidak perlu mencemaskannya. Pada dasarnya, rumah termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu papan. Jadi orang yang membutuhkannya akan selalu ada. Nah, tugas utama Anda yakni mencari dan menemukan orang yang sedang memerlukan rumah baru. Kemudian menawarinya produk Anda dengan pembahasan yang menarik sehingga dia pun merasa terpikat dengan rumah tersebut dan berniat membelinya.

Kami mempunyai 8 tips ampuh yang bisa Anda gunakan dalam berjualan rumah supaya produk tersebut cepat laku terjual dengan harga yang sesuai ekspektasi Anda. Silakan Anda dapat mencobanya!

Menentukan Target Pasar dan Waktu Penjualan

Langkah pertama untuk menjual properti Anda dengan cepat ialah menentukan target pasarnya terlebih dahulu. Siapa saja sih yang Anda incar untuk membeli rumah tersebut? Apakah kalangan muda-mudi, orang yang baru bekerja, orang yang sudah berumah tangga, atau orang yang telah mapan? Setelah yakin dengan pilihan Anda, barulah kemudian Anda bisa menyesuaikan kondisi rumah sesuai dengan minat pasar tanpa mengesampingkan minat orang lain yang mungkin juga akan membelinya.

Sebagai contoh nih, kalau target pasar Anda adalah dari kalangan profesional muda, maka Anda bisa menyesuaikan desain kamar tidur dengan tambahan meja kerja atau membangun ruang kerja tersendiri di dalam rumah. Dengan demikian, selain akan menarik perhatian mereka, desain seperti ini juga akan menarik minat pasangan suami istri muda yang memiliki anak kecil. Sedangkan waktu yang paling tepat untuk menjual rumah adalah pada bulan April serta bulan-bulan mendekati akhir tahun. Pada tanggal-tanggal tersebut biasanya penjualan rumah akan lebih cepat laku.

Menghilangkan Kesan Personal

Buat calon pembeli rumah Anda dapat membayangkan kehidupan dirinya ketika tinggal di rumah Anda. Salah satu cara yang bisa Anda coba lakukan adalah menyingkirkan sementara waktu ornamen-ornamen yang menyangkut tentang riwayat hidup Anda. Misalnya seperti foto dan poster. Keberadaan furnitur yang membuat interior terlihat sesak juga perlu dikeluarkan untuk sementara. Fokuslah pada penataan ruang gerak yang luas, kamar mandi yang begitu fresh, dan dapur yang nyaman. Dijamin deh mereka pasti akan langsung menyukainya.

Menyegarkan Suasana Interior

Mengecat ulang dinding interior rumah menggunakan warna netral akan membuat suasananya terlihat lebih fresh. Anda bisa mencobanya untuk memberikan kesan rumah yang terawat dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan juga setiap jengkal lantai, terutama pada bagian tepi-tepinya di mana debu tebal sering menumpuk di sini. Cara lain untuk menciptakan suasana di dalam rumah terlihat lebih segar yaitu mengganti bohlam lampu, menaruh beberapa bunga di sudut yang strategis, serta menambahkan karpet di lantai ruang tamu.

Membersihkan Rumah

Jika waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkan rumah yang akan dijual tidak banyak, maka Anda cukup membersihkan seluruh interior rumah saja. Pastikan setiap ruangan benar-benar bersih berkilau, termasuk kebersihan karpet, sofa, lemari, dan kaca jendela. Berilah perhatian yang lebih pada area dapur dan kamar mandi agar terlihat bersih. Tambahkan handuk putih bersih dan tanaman hijau di kamar mandi untuk memberikan kesan higienis di dalamnya. Terkadang, lemari pakaian pun tidak luput dari pemeriksaan calon pembeli. Oleh sebab itu, Anda juga perlu merapikannya dengan benar.

Meminta Bantuan Agen Penjual Rumah

Meminta bantuan agen penjual rumah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bila Anda sudah mencoba untuk menjual ruma pribadi dengan usaha sendiri, tetapi tak kunjung berhasil.  Namun mengingat biaya agen ini cukup mahal, kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan satu agen saja setiap empat minggu. Berikan mereka kesempatan untuk menjual rumah Anda dengan harga terbaik. Selalu negosiasikan biaya jasa mereka terlebih dahulu serta pastikan Anda menandatangani dan memiliki surat kontrak kerja terkait proses penjualan rumah Anda.

Menaksir Harga Rumah dengan Tepat

Untuk keperluan menaksir harga rumah, biasanya seorang agen properti tidak memungut biaya apapun kepada kliennya. Jadi Anda bisa meminta pendapat minimal 3 orang agen properti terkait kisaran harga rumah Anda tersebut. Setelah itu, cobalah mengambil rata-rata dari taksiran harga mereka. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan harga rumah yang tepat dan realistis. Trik lainnya yaitu mensurveri harga rumah di sekitar Anda yang pernah dijual sebelumnya. Dari data yang telah dikumpulkan, Anda bisa menaksir harga rumah dengan tepat. Bagaimana pun rumah yang harganya terlalu mahal pasti akan sulit terjual.

Pasarkan dari Mulut ke Mulut

Sistem pemasaran dari mulut ke mulut merupakan sistem pemasaran yang paling efektif sampai saat ini. Jadi kamai sangan merekomendasikan Anda untuk turut menggunakan sistem ini. Jangan sungkan untuk memberitahukan kepada keluarga, kerabat, tetangga, teman, serta rekan kerja bahwa Anda saat ini sedang berniat menjual rumah. Bila perlu, Anda bisa menawarkan mereka sebuah kompensasi yang  menggiurkan jika berhasil mendatangkan pembeli yang memang sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga ternyata ada dari mereka yang sedang ingin membeli rumah baru.

Memilih Pembeli Terbaik

Tidak selamanya orang yang menawar rumah Anda dengan harga yang paling tinggi adalah pembeli terbaik. Pembeli terbaik adalah mereka yang membayarnya secara tunai dan lunas kepada Anda. Jadi, jangan mudah tergiur dengan harga yang mahal tapi ujung-ujungnya Anda harus ikut permainan bisnis mereka. Sangat disarankan untuk memilih para calon pembeli rumah Anda secara bijaksana. Faktanya memang bisnis jual beli rumah ini penuh dengan oknum nakal yang harus diwaspadai. Lebih baik jual lah rumah Anda ke pihak personal daripada orang yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi.