Lifestyle
May6

Tips Menjual Rumah yang Efektif

tips-menjual-rumah.jpg

Di dalam proses menjual rumah, selain kelancarannya bergantung pada wujud fisik bangunan tersebut, diperlukan juga keahlian dan persiapan yang matang. Sama juga seperti ketika kita menjual barang-barang lain, cuma kali ini faktor yang mempengaruhi harga jual ada begitu banyak. Di antaranya adalah lokasi, keamanan, kemudahan aksesnya, dan lain-lain.

Berikut ini tips-tips yang bisa Anda coba saat akan menjual rumah selengkapnya :

1. Menentukan Target Pasar dan Waktu Penjualan

Langkah pertama untuk menjual properti Anda dengan cepat adalah dengan menentukan target pasarnya terlebih dahulu. Siapa yang Anda incar untuk membeli rumah tersebut? Setelah yakin dengan pilihan Anda, barulah menyesuaikan kondisi rumah dengan minat pasar tanpa mengesampingkan minat orang lain yang mungkin juga akan membelinya. Sebagai contoh, jika target pasar Anda adalah dari kalangan profesional muda, maka Anda bisa menyesuaikan desain kamar tidur dengan tambahan meja kerja atau membangun ruang kerja tersendiri di dalam rumah. Dengan demikian, selain akan menarik perhatian mereka, desain seperti ini juga akan menarik minat pasangan suami istri muda yang memiliki anak kecil. Sedangkan, waktu yang paling tepat untuk menjual rumah adalah pada bulan April dan bulan-bulan mendekati akhir tahun.

2. Menghilangkan Kesan Personal

Buat calon pembeli rumah bisa membayangkan kehidupan dirinya saat tinggal di rumah Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyingkirkan sementara ornamen-ornamen yang menyangkut riwayat hidup Anda, seperti foto dan poster. Keberadaan furnitur yang membuat interior terlihat sesak juga perlu dikeluarkan sementara. Fokuslah pada penataan ruang gerak, kamar mandi, dan dapur.

3. Menyegarkan Suasana Interior

Mengecat ulang dinding interior rumah dengan memakai warna netral akan membuat suasananya terlihat lebih fresh. Bersihkan juga setiap jengkal lantai, terutama pada bagian tepi-tepinya di mana debu tebal sering menempel di sini. Cara lain untuk menciptakan suasana di dalam rumah terlihat lebih segar juga bisa dilakukan dengan mengganti bohlam lampu, menaruh beberapa bunga di sudut yang strategis, serta menambahkan karpet di ruang tamu.

4. Membersihkan Rumah

Jika waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkan rumah yang akan dijual tidak banyak, maka Anda cukup membersihkan seluruh interior rumah saja. Pastikan setiap ruangan benar-benar bersih berkilau, termasuk kebersihan karpet, sofa, lemari, dan kaca jendela. Berilah perhatian yang lebih pada area dapur dan kamar mandi agar terlihat bersih. Tambahkan handuk putih bersih dan tanaman hijau di kamar mandi untuk memberikan kesan higienis di dalamnya. Terkadang, lemari pakaian pun tidak luput dari pemeriksaan calon pembeli. Oleh sebab itu, Anda juga perlu merapikannya dengan benar.

5. Meminta Bantuan Agen Penjual Rumah

Mengingat biaya agen ini cukup mahal, kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan satu agen saja setiap empat minggu. Berikan mereka kesempatan untuk menjual rumah Anda dengan harga terbaik. Selalu negosiasikan biaya jasa mereka serta pastikan Anda menandatangani dan memiliki surat kontrak kerja terkait proses penjualan rumah Anda.

6. Menaksir Harga Rumah

Untuk keperluan menaksir harga rumah, biasanya seorang agen properti tidak memungut biaya apapun kepada kliennya. Jadi Anda bisa meminta pendapat minimal 3 orang agen properti terkait kisaran harga rumah Anda tersebut. Setelah itu, cobalah mengambil rata-rata dari taksiran harga mereka. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan harga rumah yang tepat dan realistis.

7. Pasarkan dari Mulut ke Mulut

Sistem pemasaran dari mulut ke mulut merupakan sistem pemasaran yang paling efektif sampai saat ini. Beritahukan kepada keluarga, tetangga, teman, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berniat menjual rumah. Tidak menutup kemungkinan juga, ada dari mereka yang sedang ingin membeli rumah baru.

8. Memilih Pembeli Terbaik

Tidak selamanya orang yang menawar harga rumah paling tinggi adalah pembeli terbaik. Pembeli terbaik adalah mereka yang membayarnya secara tunai dan lunas kepada Anda. Jadi, jangan mudah tergiur dengan harga yang mahal tapi ujung-ujungnya Anda harus ikut permainan bisnis mereka.