Lifestyle
Jul15

Tips Mengatasi Burung Anis Merah yang Macet Bunyi

tips-mengatasi-burung-anis-merah.jpg

Bingung bagaimana mengatasi burung anis merah kesayangan anda yang tiba-tiba macet bunyi? Anis merah merupakan salah satu koleksi wajib bagi para pencinta burung. Warnanya yang indah, gerakannya yang lincah, serta suaranya yang merdu menjadi paket komplit dari burung kicauan ini.

Di balik harganya yang relatif mahal, anis merah memiliki kemampuan adaptasi yang kurang baik. Burung ini sangat sensitif dengan perubahan yang terjadi di sekitarnya. Tak ayal, banyak ditemukan kasus burung AM yang tiba-tiba mandek.

Lalu, bagaimana tips untuk mengembalikannya ke performa semula?

1. Pastikan Burung Merasa Gembira

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuatnya merasa ceria kembali. Adapun caranya, cobalah memandikannya secara teratur 2 kali sehari, jam 7 pagi dan jam 3 sore, di tempat yang tenang dan terdapat suara gemericik air kolam di sekitarnya. Gemericik ini bisa anda ganti dengan menghadirkan air mancur buatan dari plastik besar yang diisi air dan dilubangi. Taruh plastik tersebut di atas keramba, dan biarkan Si Anis Merah menikmati suaranya. Bila perlu, berikan 2 ekor jangkrik ke dalam sangkar untuk memancing mood-nya.

Setelah satu jam berlalu, pindahkanlah anis merah tersebut ke sangkar hariannya. Kemudian, jemur di tempat yang teduh dan berikan 2 ekor cacing dan 1 sendok makan keroto. Setelah bulunya mulai mengering, sangkar bisa digantung di tempat yang agak tinggi. Usahakan di sekitar rumah terdapat suara-suara burung yang lainnya sebagai pemancing.

2. Kembali ke Pola Perawatan Semula

Meskipun tidak semuanya, kebanyakan anis merah adalah burung yang manja. Maksudnya, burung ini sulit menyesuaikan diri dengan pola perawatan yang baru. Sehingga jika terus dipaksakan, kualitasnya pun drop.