Lifestyle
Jun17

Tips Menabung untuk Membeli Rumah

Apakah Anda membutuhkan tips menabung untuk membeli rumah? Rumah adalah kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Namun harganya yang mahal membuat kebanyakan orang memilih opsi menyewa rumah daripada membelinya. Padahal jika Anda mau menabung dan menginvestasikan uang di sektor yang tepat, Anda bisa membeli rumah dalam waktu 5 tahun mendatang meski penghasilan Anda saat ini berkisar antara Rp 2-4 juta/bulan.

tips-menabung-rumah.jpg

Begini tips-tips menabung yang benar untuk keperluan membeli rumah!

Ubah Mindset Anda

Ingat pepatah sedikit demi sedikit lama-kelamaan menjadi bukit. Begitu pula dengan hakikat dari menabung yang sebenarnya. Anda bisa mulai menabung dengan angka yang kecil setiap bulan. Misalnya gaji Anda per bulan sebesar Rp 2 juta, maka sisihkan uang sekitar Rp 200-600 ribu untuk keperluan menabung. Menabung sebaiknya tidak lebih dari 30% dari total pendapatan agar tidak mengganggu kehidupan Anda.

Lakukan Secara Bertahap

Persoalan menabung memang gampang diucapkan, namun susah sekali dilakukan. Pada awalnya mungkin Anda akan bersemangat menyisakan setiap pendapatan Anda. Tetapi lama-kelamaan biasanya perasaan ingin berfoya-foya itu datang lagi. Solusinya Anda perlu menyesuaikan kehidupan Anda dengan kondisi keuangan secara perlahan-lahan. Mulailah dengan menabung Rp 50 ribu/bulan, kemudian setelah stabil Anda bisa meningkatkannya menjadi Rp 100 ribu/bulan dan seterusnya.

Segera Manabung Uang

Penyakit lapar mata biasanya kambuh ketika kita sehari-hari memegang uang dalam jumlah yang cukup besar. Jadi supaya Anda bisa terhindar dari penyakit ini, cobalah segera tabungkan gaji yang baru saja Anda terima dari bos. Dengan memprioritaskan tabungan lalu sisanya untuk mencukupi kebutuhan hidup, tanpa tersadar Anda telah menyimpan uang dalam jumlah yang besar. Sebaliknya, bila Anda menabung dari uang sisa pengeluaran bulanan, nominal yang disimpan terbilang sedikit bahkan tidak sama sekali.

Pisahkan Rekening Tabungan

Dalam beberapa kasus, kita akan tergoda membelanjakan uang pada saat melihat jumlah uang di rekening terlihat menggiurkan. Tips agar Anda bebas dari godaan ini yaitu dengan memisahkan tabungan menjadi dua rekening. Rekening pertama tidak boleh diambil sama sekali, kecuali ada kejadian yang benar-benar darurat. Sedangkan rekening kedua dipakai untuk mengelola uang yang Anda miliki.

Bagi Beberapa Bagian

Nasihat Li Ka-Shing yaitu selalu bagi uang Anda miliki ke dalam lima bagian yang proporsional, tidak peduli berapa pun nominalnya. Lima bagian tersebut di antaranya bagian kebutuhan hidup sehari-hari, bagian jaringan pertemanan, bagian belajar, bagian liburan, dan bagian investasi. Dengan menggunakan uang secara cerdas akan membuat Anda berguna bagi orang lain memperbaiki nasib kehidupan mendatang.