Lifestyle, Properti
Sep11

Tips Memilih Rumput Sintetis yang Bagus

Anda membutuhkan tips-tips dalam memilih rumput sintetis? Sesuai namanya, rumput sintetis adalah rumput buatan yang terbuat dari bahan-bahan sintetis seperti plastik, karet, silikon, dan lain-lain. Kelebihan dari rumput ini ialah dapat diaplikasikan di mana saja, baik eksterior maupun interior. Rumput sintetis biasanya berbentuk lembaran seperti karpet yang dijual setiap roll/gulungan atau potongan dengan ukuran tertentu.

Kini hijaunya hamparan rumput tidak hanya bisa dinikmati di lingkungan taman saja, tetapi Anda juga bisa menghadirkannya di dalam rumah. Cukup menggunakan rumput sintetis ini maka suasana di interior langsung akan terlihat begitu segar. Anda mungkin belum pernah kepikiran untuk mendesain rumah bergaya alami memakai rumput sintetis? Sekarang waktu yang paling tepat untuk mencoba bermain dengan teknik dekorasi yang baru.

tips-memilih-rumput-sintetis.jpg

Tidak perlu bingung bagaimana cara perawatannya nanti sebab rumput sintetis mudah sekali dirawat layaknya karpet biasa. Anda sama sekali tidak perlu bersusah payah untuk membersihkannya. Jika rumput sintetis ini kotor, maka untuk membersihkannya Anda cukup menyemprotkan air secukupnya. Kemudian seka menggunakan kain lap bersih untuk menghilangkan debu, kotoran, atau noda.

Beberapa tips berikut ini akan berguna bagi Anda untuk memilih rumput sintetis yang bagus!

  1. Hitung Kebutuhan dan Anggaran

Anda harus melakukan pengukuran secara tepat untuk menghitung luas ruangan yang bakal ditutupi oleh rumput sintetis. Setelah diketahui kebutuhannya, lalu belilah rumput sintetis di toko pertamanan terdekat. Harganya berkisar antara Rp20 ribu sampai Rp500 ribu tergantung ukuran, ketebalan, kualitas, dan jenisnya. Kalau mau yang praktis tinggal beli saja di www.tokotanaman.com sebab ada banyak pilihan rumput sintetis yang aman bagi Anda sekeluarga tercinta di toko online tersebut.

  1. Pilih Jenis Rumput Sesuai Penempatannya

Meskipun semua rumput sintetis sebenarnya bisa dipasang di interior atau eksterior sesuka hati Anda, tetapi pemilihan jenis yang tepat akan menghadirkan kesan yang lebih indah. Rumput sintetis yang cocok diletakkan di interior yaitu rumput yang mengutamakan segi keindahan dan menyerupai rumput taman. Rumput ini biasanya mempunyai warna yang lebih cerah dan wujudnya pun lebih dekoratif. Sedangkan untuk eksterior, pilih bahan rumput yang tahan terhadap cuaca ekstrim.

  1. Pastikan Rumput Tersebut Aman

Kalau bisa belilah rumput sintetis yang benar-benar aman untuk Anda sekeluarga walaupun harganya lebih mahal sedikit. Rumput sintetis yang aman pada dasarnya terbuat dari plastik murni tanpa melalui proses daur ulang serta telah mendapatkan sertifikasi lisensi yang menjamin kualitas rumput tersebut. Selain itu, jika dilihat dan diraba, rumput sintetis yang aman terlihat cerah, warnanya tidak gampang pudar, tidak berbau menyengat, mudah dibersihkan, dan teksturnya lembut/tidak kaku.

  1. Hindari Rumput yang Mengandung Karsinogen

Karsinogen merupakan zat yang sangat berpotensi memicu terjadinya penyakit kanker. Berhati-hatilah Anda jangan sampai keliru dalam memilih rumput sintetis. Rumput sintetis yang wajib dihindari yaitu rumput yang terbuat dari bahan daur ulang dan aromanya sangat menyengat. Bila disentuh, rumput tersebut akan terasa kaku, keras, tidak lembut, dan mudah hancur. Warnanya pun cepat pudar serta sulit dibersihkan dari kotoran dan noda membandel.

  1. Beli Rumput yang Bagus Sekalian

Ciri-ciri rumput sintetis yang bagus adalah helaian rumputnya tidak mudah terlepas meskipun sudah sengaja dicabut secara paksa. Kemudian coba perhatikanlah bagian belakangnya. Rumput sintetis yang bagus selalu dilengkapi anyaman yang kuat pada bagian belakangnya. Nilai tambah diberikan kepada rumput sintetis yang telah diberi finishing flame retardant coating sehingga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air.