Lifestyle
Sep12

Tips Memilih Material Bahan Bangunan yang Terbaik

Apakah anda sedang berniat memilih material bahan bangunan yang berkualitas bagus? Semua orang tentu ingin bangunan yang dimilikinya dapat berdiri kokoh dalam waktu yang lama. Kunci dari awetnya suatu bangunan tidak lain yaitu penggunaan material dasar yang benar-benar mempunyai mutu yang tinggi.

tips-memilih-material-bahan-bangunan.jpg

Bahan Bangunan

Memilih bahan bangunan memang membutuhkan teknik tersendiri, khususnya bagi orang awam yang notabene jarang bersentuhan langsung dengan material. Ada faktor-faktor yang dipegang dalam menilai kualitas material tersebut bagus atau tidak. Nah berikut merupakan petunjuknya dari Arafuru.

Semen

Secara garis besar, kualitas semen yang beredar di pasaran Indonesia seimbang. Hanya ada selisih cukup sedikit pada aspek kualitasnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih semen yang berharga lebih rendah. Sedikit bocoran, lebih baik gunakanlah semen dengan merk yang telah membumi di masyarakat kita sebab mutunya sudah sangat teruji.

Pasir

Untuk pemilihan pasir, sebaiknya anda memilih pasir yang bebas dari lumpur. Pasir seperti ini biasanya didapatkan dari gunung, bukan sungai atau pantai. Semakin banyak kandungan lumpur tanah di pasir, semakin boros juga penggunaan semen untuk meningkatkan daya rekat pasir tersebut. Lebih baik memakai pasir murni yang berharga mahal daripada menggunakan semen secara boros.

Besi Beton

Sudah menjadi rahasia umum kalau besi beton kuno memiliki mutu yang lebih bagus ketimbang besi beton buatan saat ini. Sayangnya harga besi kuno sangat mahal karena persediaannya langka dengan permintaan yang tinggi. Mau tidak mau anda pun sebaiknya memakai besi beton yang berkualitas terbaik untuk menopang bangunan yang bakal dibuat.

Batu Bata

Walaupun bandrolnya lebih mahal, batu bata memiliki struktur yang lebih kuat daripada batako. Bata merah juga bisa menyerap panas dengan baik sehingga hunian terasa adem. Batu bata yang bermutu baik ditandai dengan bentuknya yang seragam, teksturnya keras, berukuran sedang, dan tidak gampang pecah.

Kayu

Dalam pembangunan suatu rumah, kayu juga selalu dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Pilihlah kayu yang sudah dioven dan memiliki kadar air di bawah 20 persen untuk menguatkan konstruksi bangunan biar tidak mudah lapuk. Biasanya kayu-kayu yang didatangkan dari Kalimantan mempunyai kualitas nomor satu.

Genteng

Meski sekarang banyak sekali jenis-jenis atap rumah yang bermunculan, tetapi genteng tanah liat tetap menjadi primadona. Alasanya genteng ini mampu menahan panas secara maksimal, membuat rumah terasa dingin, sekaligus memperindah tampilan eksterior berkat susunannya yang teratur. Pastikan anda membangun kerangka atap kuda-kuda yang kokoh untuk menopang genteng tanah liat yang berbobot cukup berat ini.