Lifestyle
Jun11

Tips Membeli Jam Tangan Original

tips-membeli-jam-tangan-original.jpg

Tips Membeli Jam Tangan Original – Orang mengenal jam tangan sebagai penunjuk waktu. Tapi kini, penunjuk waktu itu sudah menjadi bagian dari fashion. Selain menambah gengsi, para pemakainya mulai melirik barang mungil ini sebagai aset investasi.

Jam tangan atau arloji adalah penunjuk waktu yang dikenakan di pergelangan tangan. Berdasarkan sejarahnya, penelitian tentang jam tangan elektronik dimulai sejak tahun 1946 dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1957 oleh Hamilton Watch Company di Lancaster, Pennsy-Ivania, amerika serikat. Swiss adalah negara yang terkenal sebagai produsen jam tangan berkualitas internasional.

Jam tangan cantik dan unik adalah pelengkap penampilan. Selain model, kualitas dan teknologi juga menjadi pertimbangan. Tak heran, jam tangan menjelma menjadi barang mewah. Harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Tentu tak semua jam tangan semahal itu. Hanya hasil desain khusus dengan material khusus pula. Contohnya jam tangan yang terbuat dari emas, bertabur berlian, atau berteknologi serba canggih.

Pilih yang Asli

Baca Juga: Kiat-kiat Membeli Hiasan Dinding

Hendak membeli jam tangan dengan merk ternama? Jangan salah pilih. Pastikan membeli yang original dan jangan tergiur harga murah. Perhatikan materialnya. Jam tangan asli dilengkapi garansi sekitar 1-2 tahun. Jam tangan original dengan material bermutu tinggi akan menjauhkan Anda dari gatal-gatal, kemerahan, dan iritasi kulit.

Jam yang berkualitas setidaknya memiliki teknologi water resistant sesuai standar. Ini penting karena terkadang Anda lupa melepas jam tangan saat berwudhu atau mencuci tangan. Terlebih di musim hujan, mungkin saja jam tangan terciprat air hujan. Bagi mereka yang hobi olahraga air atau suka berpetualang, pilih jam tangan dengan teknologi water resistant yang lebih kuat. Setiap tahun, usahakan mengganti karet kedap air (seal) secara teratur.

Sesuaikan dengan Gaya

Baca Juga: Trend Bermain Golf di Indonesia

Untuk tampil elegan dan maskulin, pilihlah jam berbahan stainless steel yang anti karat. Bagi penyuka gaya klasik, pilihlah jam tangan dengan tali kulit asli (genuine leather). Untuk tampil sporty, Anda bisa mengenakan jam tangan bertali kulit atau plastik yang agak besar. Warna silver atau gold cocok untuk Anda yang ingin tampil anggun dan berkelas.

Rawat Jam Anda

Baca Juga: Tips Mudah Menghemat Listrik Rumah

Perawatan dasar jam tangan tidak sulit. Untuk tali kulit, usahakan tidak terkena air. Sedangkan untuk bahan stainless steel, Anda bisa membersihkannya bersamaan dengan lap basah dan sikat berbulu halus. Bagi yang memiliki jam tangan dari emas, jangan menggunakannya bersamaan dengan perhiasan lain karena mudah tergores.

Mesin jam juga harus diperhatikan. Gunakan baterai khusus. Contohnya untuk jam buatan Swiss, gunakan baterai khusus untuk jam buatan Swiss. Baterai yang asli bisa bertahan sampai 1 hingga 3 tahun. Agar selalu akurat, periksakan jam tangan setiap dua tahun sekali ke service center resmi. Untuk jam tangan digital, biasanya harus dikalibrasi setiap bulan untuk mengantisipasi penyimpangan waktu.