Lifestyle
Jul11

Tips Pintar Membeli Apartemen di Jakarta

apartemen-di-jakarta.jpg

Ini dia tips membeli apartemen di Jakarta yang tepat. Apakah Anda ingin memiliki sebuah properti di kota terbesar di negeri ini? Sebelum Anda membeli properti, baik itu tanah, rumah, apartemen, maupun vila, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu detail dari properti yang hendak Anda beli. Tahukah Anda bahwa dari keempat bentuk properti di atas, saat ini orang lebih menyukai properti berbentuk apartemen. Jika Anda juga tertarik dengan bentuk properti ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli apartemen atau tidak.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam membeli apartemen untuk tempat tinggal :

1. Kelengkapan Fasilitas

Kelengkapan fasilitas apartemen, seperti listrik, air, lift, tempat pembuangan sampah, dan sistem keamanan merupakan faktor yang perlu Anda ketahui pertama kali. Barulah kemudian Anda memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Apartemen menjadi semakin bagus jika terdapat fasilitas umum di sekitarnya. Seperti mall, rumah sakit, lembaga pendidikan, dan tempat kerja. Semakin banyak fasilitas umum yang ada di sekitar apartemen, maka Anda bisa terhindar dari macet berkepanjangan serta lebih menghemat biaya pengeluaran untuk tranportasi.

2. Tipe Kamar Apartemen

Dalam sebuah gedung apartemen, biasanya terdiri dari berbagai tipe kamar yang dibedakan menurut harga. Harga yang lebih tinggi menjamin fasilitas dan pelayanan yang diberikan akan lebih baik. Mengingat di apartemen Anda tinggal bersama penghuni apartemen lainnya dalam satu atap, maka tipe kamar yang Anda miliki akan menjadikan status Anda di sana.

3. Lantai

Lantai paling dasar adalah favorit semua orang. Di lantai ini Anda akan mendapatkan akses ke fasilitas apartemen yang lebih banyak. Sebaliknya, kamar di lantai dua dan seterusnya seringkali harus berhadapan dengan lift yang macet. Orang yang tinggal di lantai atas biasanya juga merasa malas jika harus naik turun lift hanya untuk menikmati fasilitas apartemen saja. Karena itulah, harga kamar di lantai dasar apartemen akan lebih mahal.

4. Suasana

Beberapa apartemen memiliki fasilitas tertentu untuk mendukung suasana yang ingin diciptakan. Jika Anda adalah orang tua yang memperhatikan kualitas pendidikan anaknya, pilih apartemen yang telah menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tertentu. Begitu juga jika Anda baru saja menikah dan ingin menikmati suasana ruangan yang romantis bersama pasangan Anda, pilih lokasi apartemen yang dekat dengan pantai agar pemandangan yang tercipta senantiasa indah.

5. Harga

Faktor harga juga perlu dipertimbangkan dalam membeli apartemen di Jakarta. Ketika Anda ingin membeli kamar apartemen, biasanya Anda akan ditawari pinjaman setoran awal oleh bank. Pertimbangkan matang-matang dalam memutuskan negoisasi ini, jangan sampai pinjaman Anda di bank nantinya akan mengganggu setoran tagihan apartemen.

6. Keluarga dan Anak-anak

Apabila Anda mempunyai istri dan anak, sebaiknya pilih hunian yang nyaman dan mendukung kehidupan mereka. Pastikan juga, anak Anda memiliki akses yang mudah menuju sekolahnya.

7. Lokasi

Jika tujuan Anda membeli apartemen adalah untuk keperluan investasi, pertimbangkan prospek lokasi apartemen di masa yang akan datang. Semakin banyak fasilitas publik yang direncanakan akan dibangun di sana, maka semakin cerah hasil investasi Anda.