Lifestyle
Oct12

Tips Cerdas Memilih Teralis Jendela yang Aman

Ingin memilih teralis jendela yang aman bagi rumah anda? Untuk urusan keamanan dan keindahan, penambahan teralis jendela bisa menjadi solusinya. Kekuatan teralis yang umumnya terbuat dari logam besi dan baja ini, jelas mampu menghalau pencuri jika dipasang dengan tepat. Selain itu, ragam model teralis juga memungkinkan jendela tampil lebih cantik dari biasanya.

Tak usah bingung menentukan teralis yang tepat untuk jendela rumah anda. Berikut ini tips-tipsnya :

Sesuaikan dengan Desain Rumah

memilih-teralis-jendela.jpg

Untuk membuat rumah dengan desain yang terpadu, tentunya seluruh unsur rumah tersebut harus bisa saling melengkapi. Tak terkecuali dalam pemilihan teralis untuk jendela. Teralis mampu meningkatkan karakter jendela sehingga pesona yang dimiliki jendela bisa lebih tampak. Sebagai contoh, jika anda berniat membangun rumah klasik, maka teralis yang tepat adalah teralis yang berbentuk rumit dengan perpaduan warna cokelat tua dan emas.

Hindari Teralis yang Tampak Seperti Jeruji Penjara

tips-memilih-teralis-jendela.jpg

Dengan maksud ingin terlihat sederhana, anda memasang teralis yang tampak seperti jeruji penjara. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di atas, jendela terkesan kaku dan terkekang. Maka dari itu, hindarilah memasang teralis jendela dengan bentuk seperti ini. Masih banyak model lain yang jauh tampak menarik namun tetap terlihat sederhana.

Utamakan Aspek Keamanan

cara-memilih-teralis-jendela.jpg

Fungsi utama teralis adalah untuk menutup jalur jendela sehingga tidak bisa disusupi oleh seseorang. Karena itu, aspek keamanan teralis jendela ini menjadi lebih penting daripada aspek keindahannya. Maksimal jarak antar jeruji teralis yang aman adalah 30 cm. Lebih dari itu, ruang yang tercipta di sela-sela besi dapat dimasuki orang, meskipun harus bersusah payah.

Pasang Baut Secara Tersembunyi

tips-cerdas-memilih-teralis-jendela.jpg

Di pasaran, produk teralis ini dijual terpisah dengan kusen dan jendela. Biasanya, pemasangan teralis dilakukan dengan menempelkannya ke kusen jendela memakai bantuan baut. Di sinilah sisi kelemahannya teralis, yakni baut bisa dicongkel dari luar sehingga teralis bisa dilepas dengan mudah. Agar hal ini tidak menimpa interior rumah anda, usahakan model teralis yang dibeli memiliki desain yang unik dengan letak dan pemasangan baut yang tersembunyi. Bisa juga dengan meminta bantuan tukang untuk menanamkan besi-besi teralis tersebut pada kusen jendela.