Lifestyle
Jul10

Tata Cara Merawat Ikan Oscar di Akuarium

cara-merawat-ikan-oscar.jpg

Apakah anda sedang mencari panduan merawat ikan oscar di akuarium? Ikan oscar adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Ada dua macam ikan oscar yang biasa dipelihara, yaitu ikan berwarna cokelat dengan corak kuning kemerah-merahan dan ikan berwarna putih dengan corak oranye. Karena kecantikannya inilah yang membuat ikan oscar sebagai salah satu ikan hias yang banyak dipelihara.

Pada dasarnya, tingkat kesulitan memelihara ikan oscar

Alat dan Bahan :

  • Ikan oscar
  • Akuarium
  • Air tawar
  • Udang kecil
  • Cacing

Langkah-langkah :

1. Menyiapkan Akuarium

Ikan oscar termasuk ikan yang doyan makan, sehingga kotorannya pun terbilang banyak. Untuk menjaga kejernihan air di akuarium, setidaknya panjang akuarium yang dibuat mencapai 1 meter dengan lebar dan tinggi disesuaikan. Perlu diingat, akuarium sebaiknya diletakkan pada tempat yang rata agar tekanan air di dalamnya tidak berat sebelah.

Aksesoris akuarium yang diperlukan adalah aerator sebagai penghasil gelembung-gelembung air dan menciptakan arus yang disukai oleh ikan ini. Pada bagian dasar akuarium diberikan pasir bersih dan akar tumbuhan sebagai tempat persembunyian ikan.

2. Merilis Ikan

Sama seperti pada ikan koi, ikan oscar yang akan dilepaskan harus mendapatkan suhu yang normal agar kesehatannya tidak menurun. Adapun cara perilisan yang benar, masukkan ikan berikut kantong plastiknya ke dalam akuarium. Tunggu hingga 1 jam supaya suhu air di dalam kantong berangsur-angsur sama seperti suhu di akuarium. Setelah itu, ikan siap dilepaskan ke dalam akuarium.

3. Memberikan Pakan

Ikan oscar termasuk ikan karnivora. Artinya, anda hanya perlu memberikan makanan berupa binatang-binatang kecil seperti udang rebon dan cacing rambut. Sesekali anda bisa memasukkan pakan berupa ikan-ikan kecil agar ikan oscar yang dipelihara bisa berenang-renang menangkapnya.

4. Merawat Ikan

Perawatan ikan oscar tergolong mudah dan tidak seintensif ikan hias lainnya. Bentuk perawatan yang utama berupa pemberian pakan secara teratur dan mengontrol kondisi sistem aerator. Jangan lupa untuk mengganti air seminggu sekali serta mengurasnya sebulan sekali agar kebersihan dan nutrisi di dalam air terjaga.

Selamat memelihara ikan oscar!