Lifestyle
Jul12

Spesifikasi Kandang Sugar Glider yang Baik

kandang-sugar-glider.jpg

Merancang kandang sugar glider yang ideal terkadang bisa menimbulkan polemik tersendiri. Tidak selamanya kandang yang nampak bagus akan berpengaruh positif bagi kehidupan si SG, begitupun sebaliknya. Poin-poin dari Arafuru.com berikut ini akan membantu anda dalam menciptakan lingkungan yang nyaman bagi Si SG kesayangan anda :

Ukuran

Tidak ada patokan pasti tentang ukuran kandang sugar glider yang tepat. Kuncinya semakin besar dan luas kandang tersebut, maka semakin bagus untuk pertumbuhan SG yang menghuninya. Kesimpulan ini diambil dari kegemaran SG yang suka memanjat dan melompat, sehingga ruangan yang luas tentu akan memudahkan gerakannya. Sebagai alternatif, anda bisa memakai kandang hamster yang terdiri atas tiga tingkat.

Tempat Makan dan Minum

Idealnya, persyaratan tempat makan dan minum yang cocok untuk SG adalah wadah yang tidak gampang terbalik. Hal ini berguna untuk meminimalisir kemungkinan kandang cepat kotor dan lembab akibat terkena tumpahan makanan/minuman. Anda dapat memanfaatkan wadah yang biasa digunakan untuk menaruh pakan burung atau hamster.

Mainan

Karena termasuk binatang yang sangat aktif, anda perlu menambahkan beberapa mainan ke dalam kandang sugar glider. Fungsi yaitu sebagai wahana hiburan sekaligus tempat olahraga agar SG tidak bosan dan tidak kegemukan. Mainan yang digunakan masih sama seperti mainan untuk hamster, misalnya jembatan dari tali, tongkat untuk bergelantungan, roda putar, dan lainnya. Sebagai tipsnya, usahakan untuk memasukkan mainan-mainan ini secara per tahap, bukan sekaligus.

Tempat Persembunyian

Aksesoris yang tak kalah penting lainnya adalah tempat persembunyian. Biasanya, aksesori ini berguna untuk melindungi sugar glider dari terpaan sinar matahari langsung. Ketika ada predator seperti kucing, anjing, dan tikus, maka sugar glider pun bisa bersembunyi dengan aman. Umumnya, tempat persembunyian yang dipakai berupa rumah hamster/burung, kaus kaki, wadah plastik, kain berserat halus, dan sebagainya.

Alas

Sama seperti untuk kelinci anggora, serbuk kayu juga sering digunakan sebagai alas kandang untuk SG. Kelebihan dari serbuk ini adalah mudah menyerap lembab. Usahakan untuk mengganti serbuk kayu dengan frekuensi seminggu dua kali agar kebersihan kandang tetap terjaga.