Lifestyle
Sep9

Rahasia 5 Tips Menata Apartemen Sempit agar Lebih Luas

tips-menata-apartemen-sempit.jpg

Ingin menata apartemen sempit yang anda tempati agar tampak lebih luas? Tinggal di hunian perkotaan memang harus berhadapan dengan keterbatasan lahan. Meski sejatinya apartemen dibuat dengan mengutamakan kenyamanan penghuninya. Namun tidak sedikit pula developer apartemen yang memaksakan diri dengan membangun unitnya berukuran sempit demi alasan untuk menekan harga.

Nah, jika anda saat ini menempati apartemen dengan luasan yang sangat terbatas, berikut ini trik-trik untuk mengubahnya agar terasa lebih luas :

1. Manfaatkan Sifat Kaca

Kaca merupakan elemen yang wajib digunakan jika anda berhadapan dengan ruangan sempit. Kaca mampu menghilangkan kesan tertutup pada suatu ruangan. Sifat kaca yang mengumpulkan cahaya juga membuat ruangan terasa lebih luas dan mewah. Jika anda ingin menggunakan unsur dari kaca ini, terapkanlah pada partisi ruangan, material meja, dan aksesoris-aksesoris lainnya.

2. Furniture Multifungsi

Maksud furniture multifungsi adalah furniture yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa kegunaan. Sebagai contoh, pada meja multifungsi kita bisa memanfaatkannya menjadi meja sekaligus rak buku. Dengan prinsip ini, kita bisa meminimalkan jumlah furniture yang dimasukkan ke dalam apartemen. Alhasil, apartemen pun tidak disesaki oleh furniture-furniture. Namun perlu diperhatikan, desain furniture tersebut juga perlu disesuaikan dengan konsep apartemen secara keseluruhan.

3. Cat Dinding Berwarna Cerah

Warna memang mampu memanipulasi mata sehingga kita bisa membuat suatu ruangan seolah-olah tampak lebih luas. Caranya pun mudah. Anda bisa menggunakan cat-cat berwarna cerah, seperti kuning, hijau, biru, krem, dan sebagainya. Namun perlu diingat, karena kehidupan di apartemen sangat ketat dengan peraturan. Maka anda harus meminta ijin terlebih dulu kepada pihak pengelola apartemen tersebut jika ingin mengecat kembali unit yang anda tempati.

4. Furniture Beroda

Selain sifatnya yang multifungsi, usahakan furniture yang anda miliki juga mudah dipindahkan. Apalagi untuk furniture yang berukuran cukup besar. Ruangan yang ditata ulang biasanya akan menimbulkan suasana yang berbeda dari sebelumnya. Entah itu lebih luas, lebih bersih, atau lebih rapi. Nah, agar anda mudah dalam mendekor ulang apartemen yang anda miliki, kuncinya hanya satu yaitu furniture yang dilengkapi roda. Adanya roda pada furniture tersebut memudahkan kita dalam menggesernya sesuka hati.

5. Wallpaper Garis-garis

Motif garis-garis pada wallpaper merupakan favorit kami. Kenapa? Alasannya sederhana saja, karena motif tersebut mampu memperbaiki desain ruangan dalam sekejap. Motif garis-garis horizontal membuat ruangan tampak lebih tinggi, sedangkan garis vertikal mampu menghasilkan ruangan apartemen yang terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Gunakanlah bentuk garis-garis yang bervariasi agar kesan modern keluar dari wallpaper tersebut.