Lifestyle
Jul3

Prosedur Cara Menanam Alpukat dari Biji

Menanam alpukat dari biji tidak begitu susah kok. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang notabene memiliki iklim dan cuaca yang ideal bagi pertumbuhan pohon alpukat. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

cara-menanam-alpukat-dari biji.jpg

Alpukat disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dengan tekstur daging buah yang legit. Buah ini paling enak dijadikan minuman dingin dengan tambahan susu dan sirup. Perpaduan ketiganya secara otomatis akan langsung lumer di mulut. Yummy!

Pada dasarnya, pohon alpukat bisa dikembangbiakkan melalui okulasi dan biji. Namun untuk kesempatan kali ini, Arafuru.com akan membahas metode budidaya melalui biji karena lebih sederhana.

Alat dan Bahan :

  1. Buah alpukat
  2. Cangkul
  3. Gelas
  4. Air
  5. Pupuk kandang
  6. Pupuk kompos
  7. Langkah-langkah :

    Langkah I : Pemilihan Buah Indukan

    Buah yang digunakan sebagai induk tanaman harus sudah matang dan normal, semakin tua akan semakin bagus. Setelah didapat, buah tersebut lantas dibelah dua untuk mengeluarkan bijinya. Hati-hati, usahakan mata pisau jangan sampai melukai biji alpukat tersebut.

    Setelah itu, biji yang telah didapat ini kita bersihkan dari daging buahnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pembusukan biji dan serangan hama yang terjadi selama proses penyemaian.

    Langkah II : Proses Penyemaian Biji