Lifestyle
Jan6

Prinsip Kerja Mesin Ayakan Pasir

mesin-ayakan-pasir.jpg

Mesin ayakan pasir adalah suatu jenis mesin yang digunakan untuk menyaring dan memisahkan pasir dari partikel-partikel lainnya. Mesin ini biasanya digunakan dalam industri pertambangan seperti pada pengeboran minyak bumi, sehingga memungkinkan hasil minyak bumi yang didapat sudah terpisah dari pasir. Ada juga yang menggunakan mesin ini di skala pertambangan yang lebih kecil. Di sini, mesin pengayak berfungsi sebagai pemisah antara barang tambang dengan partikel pasir.

Mesin ayakan pasir terbuat dari logam dengan ukuran yang bervariasi tergantung pada tujuan penggunaannya. Mesin A mungkin hanya mampu mengayak pasir satu gerobak secara bersama, tetapi mesin B bisa mengayaknya dengan jumlah kapasitas yang tidak terhingga sekaligus.

Penggunaan mesin ini paling sering bisa dijumpai di pertambangan minyak bumi dan gas alam. Di sini, mesin yang digunakan umumnya memiliki ukuran diameter yang sangat besar. Hal ini memungkinkan minyak dan gas alam bisa langsung tersaring sekaligus memastikan sisa pasir bisa keluar di jalur yang sudah direncanakan. Dengan prinsip ini, partikel bisa dicegah agar tidak masuk ke tempat yang salah, di mana hal ini bisa memperlambat proses produksi.

Pada umumnya, mesin ayakan pasir terbuat dari stainless steel sehingga anti karat dan kondisinya bisa terjaga. Stainless steel cenderung lebih tahan ketika terkena gas alam atau minyak mentah. Hal ini memungkinkannya mampu menahan korosi kimia dan memastikan usia pakainya cukup lama.

Pengayak pasir ini biasanya dikategorikan menurut ukuran lubang (mesh) yang dimilikinya. Pemilihan mesh untuk proses pengayakan harus dilakukan secara cermat sesuai dengan ukuran partikel, volume, dan aliran minyak yang akan diolah. Ukuran mesh yang besar memungkinkan jumlah pasir yang keluar dari mesin akan lebih banyak. Sedangkan, jika mesh terlalu kecil, bisa jadi justru memperlambat proses penambangan karena pasir akan kesulitan untuk keluar dari ayakan.

Di Indonesia, penggunaan mesin ini selain di industri pertambangan juga banyak digunakan pada industri bahan bangunan. Di tempat ini, mesin berfungsi sebagai pengayak pasir untuk digolongkan menurut kualitas dan kehalusannya.

Ada 2 jenis mesin pengayak pasir apabila dibedakan menurut cara kerjanya, antara lain :

  1. Vibrating Screen : Mesin bergerak dengan arah melingkar sekaligus menyaring pasir-pasir di dalamnya.
  2. Vibrating Feeder : Mesin bergetar dan bergerak perlahan. Hasil getaran menyebabkan pasir-pasir terpental dan jatuh di saringan yang ada di bawahnya.