Lifestyle
Jun6

Posisi Rumah yang Baik Menurut Fengshui

Bagaimana posisi rumah yang baik menurut fengshui? Sudahkah rumah anda memiliki kriteria-kriteria dari fengshui yang bagus ini? Ada beberapa faktor yang perlu anda ketahui dalam menilai fengshui suatu tanah atau rumah yang dibangun di atasnya.

Berikut ini kami uraikan penjelasan selengkapnya :

Kualitas Chi

Pertama-tama, anda bisa melihat bagaimana kualitas Chi di tanah sekitar rumah (atau yang akan dibangun rumah) tersebut. Chi yang baik akan terlihat dari permukaan tanahnya yang subur dan ada kehidupan di atasnya, dalam artian banyak ditumbuhi oleh tanaman-tanaman. Sebaliknya, jika tanah yang anda miliki terlihat kering dan gersang, di mana hampir tidak ada tanaman yang hidup di atasnya, ini pertanda kualitas Chi-nya rendah dan terhambat.

posisi-rumah-yang-baik.jpg

Kontur Tanah

Selanjutnya, untuk posisi rumah yang baik bisa dinilai dari permukaan tanah yang digunakan untuk membangun rumah yang terletak lebih tinggi dari posisi tanah di sekitarnya. Tanah dengan model seperti ini seringkali diistilahkan sebagai posisi Kura-kura. Di mana makna kura-kura itu sendiri yakni perlindungan dan dukungan yang baik terhadap rumah.

Di sisi lain, tanah yang berkualitas buruk menurut fengshui adalah tanah dengan kontur miring atau tanah yang digunakan untuk membangun rumah terletak lebih rendah dari posisi tanah di bagian terdepan.

Simbol Fengshui yang Baik

Adapun susunan simbol fengshui atas posisi rumah adalah sebagai berikut :

  • Bagian depan : disimbolkan dengan burung Phoenix. Ruangan depan yang terbuka memungkinkan Chi akan berkualitas baik karena terkumpul dan terpelihara.
  • Bagian samping kanan : disimbolkan dengan Naga. Bagian ini sebaiknya terletak lebih tinggi daripada sisi kiri untuk memaksimalkan dukungan yang baik dan kemakmuran.
  • Bagian samping kiri : disimbolkan dengan Harimau. Posisi yang bagus adalah terletak lebih rendah daripada samping kanan.
  • Bagian belakang : disimbolkan dengan kura-kura. Posisi yang bagus adalah terletak lebih tinggi seperti bentuk punggung kura-kura.

Meskipun begitu, kontur tanah yang terletak datar baik di samping kiri maupun kanan bukanlah sesuatu yang dianggap buruk oleh fengshui. Anda bisa mengakalinya dengan menata desain rumah sedemikian rupa sehingga sisi kanan rumah menjadi lebih tinggi daripada sisi kirinya. Sebagai contoh, pembuatan cerobong asap di sisi kanan akan membuat sisi ini menjadi lebih tinggi. Posisi atap diibaratkan sebagai pohon kehidupan, dan jika anda membangun pohon kehidupan di sisi kanan maka efek fengshui-nya akan sama dengan pembangunan lanskap tanah di sisi kanan.

Bentuk Tanah

Bentuk tanah yang terbaik menurut fengshui adalah persegi dan persegi panjang. Kedua bentuk ini memungkinkan pertemuan yang harmonis antara masing-masing sisi dan menyebabkan akumulasi energi positif. Sebaliknya, bentuk tanah yang terburuk menurut fengshui yaitu segitiga. Bentuk seperti ini akan menyebabkan energi banyak yang hilang dan munculnya suatu “jalan pintas”.

Selain itu, fengshui yang baik juga berlaku apabila jumlah tanah yang ada di halaman belakang rumah lebih banyak dibandingkan tanah di halaman depan. Posisi ini dianggap menguntungkan karena menyebabkan energi kemakmuran akan berkumpul dan menumpuk di halaman belakang.

Kolam Air

Aspek lainnya yang masih berhubungan dengan posisi rumah adalah kolam air. Menurut fengshui, kolam air yang dibangun di halaman belakang dan terletak sangat dekat dengan rumah maka dinilai buruk. Hal yang sama juga berlaku apabila anda membuat kolam renang yang berukuran lebih besar dari ukuran rumah. Sedangkan, kolam air yang dibangun di bagian depan rumah akan menciptakan kualitas fengshui yang baik.