Lifestyle
Mar22

Petunjuk Cara Menanam Rumput Jepang

Anda ingin menanam rumput jepang sebagai penghias taman? Salah satu jenis rumput yang biasa ditanam di taman adalah rumput jepang. Rumput jepang terkenal akan keindahan dan kemampuannya dalam menahan tanah.

tips-menanam-rumput-jepang.jpg

Proses penanaman rumput jepang bisa dibilang cukup mudah. Apalagi bagi anda yang gemar berkebun pastilah akan sangat menyenangkan. Anda bisa mengajak anak dan istri agar mereka juga suka dengan hobi ini.

Langkah I : Penyiapan Lahan

Sama dengan teknik berkebun lainnya, anda perlu menyiapkan tanah yang akan ditanami rumput jepang terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan menggemburkan tanah sehingga akar rumput bisa beradaptasi di sana. Gunakan cangkul untuk membalikkan tanah serta garpu untuk membuat tanah menjadi bongkahan-bongkahan kecil.

Setelah proses penggemburan selesai, selanjutnya berikan pupuk kandang secara merata ke seluruh permukaan tanah. Adapun komposisi tanah dan pupuk yang digunakan adalah 2 : 5 artinya 2,5 kg pupuk/m2. Terakhir, diamkan tanah yang sudah diolah ini selama dua hari agar panas yang ditimbulkan pupuk menghilang.

Sambil menunggu, anda sebaiknya tetap menyiram tanah tersebut secara rutin. Ini berguna agar pupuk bisa merembes masuk ke dalam tanah dan akhirnya tercampur rata.

Langkah II : Penanaman Rumput Jepang

Waktu terbaik untuk menanam rumput jepang adalah sore hari sebab di waktu ini matahari bersinar redup kemudian dilanjutkan dengan udara malam yang dingin. Sehingga rumput memiliki waktu yang cukup panjang untuk beradaptasi. Berbeda jika rumput ditanam pagi hari, kemungkinan akan layu saat siang harinya akibat sengatan matahari yang terik.

Untuk menanam rumput jepang, pertama-tama buatlah lubang-lubang kecil berjarak 5 cm secara zigzag. Gunakan tongkat kayu untuk mempermudah anda membuat lubang ini.

Sementara itu, bibit rumput jepang yang dibeli biasanya berbentuk gerombolan. Karena itu, anda perlu memisahkannya kelompok per kelompok dahulu. Pastikan setiap rumput yang telah dipisahkan memiliki akar.

Selanjutnya, rumput-rumput yang sudah terpisah tadi disiram dengan sedikit air lalu ditanam ke dalam lubang tanah. Berikutnya, tutup dengan menyibakan tanah sedikit saja. Jangan pernah menekan tanah karena akar rumput bisa patah dan mati. Selain itu, dengan hanya menyibakan saja, rumput lebih leluasa bernapas dan mencari makanannya.