Perbedaan Antara Burung Anis Merah Jantan dan Betina

Ingin tahu perbedaan antara anis merah jantan dan betina? Menentukan jenis kelamin suatu burung (aves) memang lebih susah dibandingkan dengan hewan mamalia. Apalagi jika kita masih awam dan belum mengenal betul struktur tubuh burung.

Hal demikian juga berlaku pada burung anis merah. Membedakan jenis kelamin burung cantik dengan pola lincah ini juga terbilang sangat menantang. Bahkan tak jarang, setingkat master pun mengaku cukup kesulitan untuk membedakannya.

Berikut ini Arafuru.com rangkumkan perbedaan keduanya :

1. Warna

Dari segi warnanya, anis merah jantan mempunyai warna tubuh yang lebih terang daripada betina. Hal ini dikarenakan, pada pejantan, warna tersebut berguna untuk memikat hati lawan jenisnya. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada tingkat kecerahan warna hitamnya.

2. Dubur

Cobalah menyemprotkan air ke bagian dubur burung, tepatnya pada bulu berwarna putih. Pada anis merah jantan, warna putih pada dubur tersebut akan berubah menjadi putih kekuning-kuningan saat terkena air. Sebaliknya, pada anis merah betina warna putih tersebut akan tetap bersih.

3. Bentuk Kepala

Apabila kita cermati lebih dalam, bentuk kepala burung anis merah pejantan dan betina cukup berbeda. Bentuk kepala pejantan terlihat elips (lonjong), sedangkan kepalan anis merah betina berbentuk bulat hampir sempurna.

4. Bentuk Paruh

Paruh yang dimiliki oleh burung anis merah jantan memiliki bentuk yang lebih tebal daripada AM betinanya. Perbedaan akan nampak semakin jelas ketika anda melihatnya dari arah atas, di mana pada ujung paruh AM jantan berbentuk lebih lancip.

5. Mendekatkan Burung Lain

Cara lainnya yang cukup efektif bisa dilakukan dengan mendekatkan anis merah jantan di dekat burung AM yang akan diuji. Jika kedua burung terlihat menegakkan kepala seperti hendak menantang, maka bisa dipastikan burung yang diuji juga berkelamin jantan. Sebaliknya, bila kedua burung tersebut tampak tertarik satu sama lain dan mengeluarkan bunyi “cirr… cirr..” berulang-ulang, maka burung yang sedang diuji tersebut berkelamin betina.

6. Tulang Supit

Tulang supit adalah tulang yang terletak di bagian pinggul burung. Pada burung jantan, anda akan merasakan teksturnya yang padat dan kokoh. Sementara itu, jika anda meraba dan merasakan teksturnya kenyal, maka bisa dipastikan burung tersebut berkelamin betina. Perbedaan ini disebabkan oleh kandungan hormon pada masing-masing burung.