Lifestyle
Sep9

Perbandingan Rumput Jepang dan Rumput Gajah Mini

Halaman rumah tinggal kita akan tampak begitu asri manakala ditumbuhi rumput. Bukan hanya sekadar rumput liar yang keberadaannya tidak diharapkan, tetapi rumput hias yang memang terlihat bagus sebagai penutup tanah di area eksterior. Dua di antara rumput hias yang paling banyak dipakai di rumah-rumah Indonesia adalah rumput jepang dan rumput gajah mini. Lantas, mana sih yang sebaiknya kita tanam?

Sebenarnya bukan hanya Anda saja yang bingung apakah lebih baik menanam rumput gajah mini atau justru rumput jepang. Kenyataannya ada banyak sekali orang di luar sana yang mengalami masalah serupa. Bahkan pilihan mereka bukan hanya dua jenis rumput hias, tetapi sampai lebih dari 5 jenis rumput hias yang perlu dipilih. Misalnya seperti rumput swiss, rumput golf, rumput variegata, rumput peking, atau rumput sintetis.

Kunci dasarnya dalam memilih rumput hias yaitu Anda harus menyesuaikannya dengan waktu yang Anda miliki untuk merawat rumput tersebut serta kesan yang ingin ditampilkannya. Rumput adalah makhluk hidup sehingga membutuhkan makanan dan minuman yang cukup agar tetap bisa bertahan hidup. Rumput yang tidak mendapatkan perawatan secara baik juga akan tumbuh tidak normal hingga mati.

rumput-jepang-gajah-mini.jpg

Anda harus rutin menyirami rumput setiap hari dan memberikannya pupuk sebagai sumber bahan organik. Kemudian untuk membuat hamparan rumput tersebut terlihat rapi, Anda harus melakukan pemangkasan. Beberapa jenis rumput memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat sehingga pemangkasannya harus lebih sering dikerjakan. Selain itu, warna dan ukuran rumput akan berpengaruh besar terhadap kesan yang ditampilkannya.

Perbandingan Rumput Jepang Vs Rumput Gajah Mini

Rumput jepang membutuhkan unsur hara yang lebih banyak daripada rumput gajah mini sehingga harus diberikan pupuk sesering mungkin. Paling tidak Anda harus memupuk rumput ini sebanyak 2-3 kali/bulan. Kebutuhan air pada rumput jepang ini juga lebih banyak. Penyiraman dengan air setiap hari akan mendukung rumput jepang yang Anda tanam bisa tumbuh subur.

Hal lain yang tak kalah untuk diperhatikan ialah pemangkasan. Karena rumput jepang memiliki daun yang kurus dan tumbuh rapat, maka pemangkasannya pun harus lebih sering dilakukan untuk memastikan sinar matahari bisa sampai ke lapisan yang paling bawah. Sebab bila tidak, rumput jepang yang ada di bagian paling bawah akan menguning karena kekurangan cahaya matahari.

Berbeda dengan rumput gajah mini yang lebih mudah dirawat. Penanamannya pun sangat gampang. Bibit rumput gajah mini yang sudah ditanam di tanah kemungkinan besar pasti tumbuh. Apalagi jika Anda menggunakan bibit rumput gajah mini unggul yang dibeli dari www.tokotanaman.com maka kualitasnya akan lebih terjamin. Harganya di toko online ini juga sangat terjangkau loh.

Kelebihan lain dari rumput gajah mini ialah kebutuhan zat organik yang diperlukannya lebih sedikit ketimbang rumput jepang. Hal ini membuat Anda tidak harus selalu memberikan pupuk setiap bulan. Penyiramannya pun bisa dilakukan setiap 2 hari sekali sehingga cocok dipelihara oleh Anda yang cukup sibuk. Dengan pertumbuhan yang tidak terlalu cepat, Anda bisa memangkas rumput ini paling singkat 3 bulan sekali. Itu sebabnya, kebanyakan orang saat ini lebih tertarik menanam rumput gajah mini daripada rumput jepang.