Lifestyle
Apr4

Panduan Lengkap Prosedur Check-in di Hotel

Prosedur check-in di suatu hotel terbilang mudah dan tidak membingungkan. Namun, bagi orang yang baru pertama kali tentunya butuh bimbingan tentang gambaran tata caranya agar tidak kaku di sana. Oleh sebab itulah, kali ini Arafuru.com akan membahas topik ini.

prosedur-check-in-hotel.jpg

Keberadaan hotel sangat membantu mobilitas seseorang yang sedang bepergian, baik untuk keperluan bisnis maupun liburan. Bedanya dengan apartemen, hotel memiliki fasilitas tambahan berupa service sehingga harga yang ditawarkan pun menjadi lebih mahal.

Perkembangan ekonomi di Indonesia mendorong pengembang hotel untuk mendirikan bisnisnya di tempat-tempat yang strategis. Bahkan saat ini, di pelosok desa pun kita bisa dengan mudah menemukan hotel kelas melati.

Salah satu langkah yang harus kita lakukan sebelum menginap di hotel adalah check-in. Check-in merupakan suatu prosedur di mana kita membukukan diri sebagai pemilik dan penghuni sementara suatu kamar di hotel. Sementara itu, jika anda akan berhenti menggunakan kamar maka harus melalui prosedur check-out dahulu.

Berikut ini prosedur check-in yang umum dilakukan di hotel :

1. Masuk ke Lobi Utama

Segera setelah anda memarkirkan kendaran di area yang tersedia, carilah ruangan lobi utama ini. Apa tujuannya? Tidak lain adalah untuk menemukan meja resepsionis yang melayani reservasi. Di beberapa hotel ternama sudah terdapat petunjuk arah yang memudahkan anda menemukan ruangan ini.

2. Apakah Anda sudah Memesan Kamar?

Bagi anda yang telah melakukan reservasi hotel sebelumnya, anda bisa langsung mengutarakannya kepada petugas reservasi. Namun jika belum, tanyakan lah apakah masih tersedia kamar kosong yang bisa anda tempati. Apabila ternyata masih ada, petugas akan menyampaikan berbagai pilihan kamar dengan harganya.

Setelah anda memutuskan memilih tipe kamar yang akan digunakan, selanjutnya anda akan disuguhi formulir check-in. Isi formulir dengan lengkap dan jelas. Tanyakan kepada petugas jika ada bagian yang kurang dimengerti. Terakhir, serahkan formulir tersebut dan kartu identitas anda ke petugas.

Untuk pembayarannya, kebanyakan hotel di Indonesia menerapkan sistem pembayaran ketika anda akan melakukan check-out. Namun tidak menutup kemungkinan, ada sejumlah hotel yang menerapkan sistem pembayaran FULL atau DP saat anda melakukan check-in ini.

3. Menuju Kamar Hotel

Setelah proses check-in berjalan lancar, petugas akan memberikan kunci kamar yang anda pilih. Di beberapa hotel, terdapat room boy yang bertugas mengantar dan membawakan barang-barang milik anda. Sedangkan jika tidak ada petugas ini, jangan sungkan untuk meminta petunjuk dari petugas reservasi mengenai arah menuju kamar tidur anda.

Selamat menikmati kamar dan fasilitas di hotel! 🙂