Lifestyle
Jan2

Panduan Cerdas Beli Rumah Bekas Layak Huni

membeli-rumah-bekas.jpg

Rumah bekas merupakan suatu alternatif pilihan manakala Anda ingin membeli rumah berstruktur kokoh dengan harga miring. Rumah bekas atau biasa juga disebut rumah seken, biasanya sudah dihuni oleh mantan pemiliknya dalam kurun waktu tertentu. Jadi, kualitas rumah saat ini terjaga sangat bergantung dari bagaimana perawatan yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya.

Rumah seken umum diperjualbelikan baik di pelelangan resmi maupun dari mulut ke mulut. Harga yang ditawarkan pun relatif. Ada yang lebih murah bahkan ada yang lebih mahal dari rumah baru berkat nilai historial yang dimilikinya. Karena sudah pernah dihuni sebelumnya, Anda yang ingin membeli rumah jenis ini harus jeli dalam memilihnya. Jangan terkelabui oleh tampilan luar yang terlihat baru, tetapi Anda juga perlu mengetahui seluk-beluknya.

Berikut ini tips membeli rumah bekas dari arafuru.com :

Cek Kondisi Rumah Secara Langsung

Ketika Anda melihat iklan penjualan rumah, baik itu di media cetak maupun elektronik, penampilan rumah tersebut pasti terlihat megah. Semuanya tampak sempurna, baik pewarnaan yang dimiliki oleh dindingnya maupun lingkungan di sekitarnya. Di sini Anda jangan langsung terperdaya oleh gambar. Datangi langsung ke tempat rumah yang diiklankan itu berada. Jangan lupa ajak teman Anda yang minimal mengetahui layak tidaknya bangunan rumah tersebut untuk dihuni.

Jangan Terbuai dengan Tampilan Interior

Rumah yang akan dijual tentu jauh-jauh hari sebelumnya sudah dipersiapkan dengan matang agar mampu memikat hati pembeli. Biasanya, persiapan ini dilakukan pada permainan cat dinding. Oleh sebab itu, Anda sebagai pembeli jangan mudah terbuai oleh trik dari penjual rumah. Bersikaplah kritis dengan menanyakan usia rumah tersebut, kapan terakhir kali direnovasi, dan lain sebagainya. Keselamanan Anda sekeluarga lebih penting daripada dekorasi rumah.

Menilai Struktur Denah Interior

Struktur denah interior menjadi pertimbangan penting Anda, apakah layak rumah tersebut ditempati? Struktur ini meliputi bagaimana pencahayaan dan sistem ventilasi keluar masuk ruangan. Pencahayaan yang bagus memungkinkan sinar matahari bisa masuk ke seluruh ruangan. Sedangkan ventilasi yang bagus adalah ventilasi yang bisa membuat udara mengalir bebas tanpa menimbulkan kebocoran saat hujan datang.

Memeriksa Fasilitas Primer yang Dimiliki Rumah

Secara umum, rumah layak huni memiliki fasilitas sumber air dan listrik. Sumber air bisa berasal dari PDAM maupun air pompa. Jika dilengkapi dengan air pompa, pastikan jarak sumber air dengan septictank minimal 10 meter. Untuk pemeriksaan listrik adalah dengan mengecek berapa daya yang dimiliki dan berapa biaya bulanan listrik yang biasa dikeluarkan.

Memastikan Rumah Memiliki Surat Kelengkapan Resmi

Karena rumah sudah pernah ditempati, biasanya berkas-berkas rumah seperti Sertifikat Hak Milik dan Surat Izin Mendirikan Bangunan yang dimilikinya sudah lengkap. Namun tak jarang, rumah yang masih dalam persengkataan pun dijual oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, di sinilah pentingnya memeriksa kelengkapan berkas rumah dan keabsahannya di mata hukum. Jangan sampai Anda yang tidak tahu-menahu masa lalu rumah tersebut malah ikut terjerumus dalam permasalahannya.

Membandingkan Harga Rumah

Harga rumah dikatakan masuk akal jika berbanding lurus dengan kondisi rumah serta harga yang ditawarkan oleh rumah dengan spesifikasi serupa. Pertimbangkan juga keistimewaan tempat rumah itu berada. Apakah di lokasi yang strategis, jalan akses menujunya sangat mudah dan nyaman, serta bagaimana kondisi lingkungan sekitarnya?

Semoga keenam tips Anda bisa membantu Anda mencari rumah bekas yang tepat. Selamat berburu!