Lifestyle
Sep2

Panduan Cara Mengecat Frame Sepeda dengan Pilox

cara-mengecat-sepeda-dengan-pilox.jpg

Butuh panduan dalam mengecat frame sepeda dengan pilox? Bagi para penghobi sejati, sepeda yang ia miliki ibarat kekasihnya. Banyak hobis yang mengaku tidak rela mengganti sepeda yang telah menemani dan ia rawat dengan sungguh-sungguh meskipun warnanya sudah kusam. Mengecat ulang sepeda tersebut bisa menjadi salah satu solusi terbaik agar pesona sepeda kesayangan anda kembali memancar.

Alat dan Bahan :

  • Pilox
  • Soda api
  • Kape
  • Ampelas halus
  • Kuas
  • Masker
  • Sarung tangan

Langkah-langkah :

1. Persiapan Awal

Letakkan frame sepeda yang hendak dicat di tempat yang bersih dengan aliran angin yang tidak terlalu kencang. Jika anda melakukannya di dalam ruangan, garasi misalnya, pastikan anda telah mengalasi dengan koran bekas agar lantainya tidak rusak. Akan lebih baik lagi jika sepeda tersebut digantung sehingga mudah diputar-putarkan. Selanjutnya, kenakan sarung tangan dan masker sebagai pengaman tubuh.

2. Pengelupasan Cat

Sama seperti mengecat dinding, mulailah dengan mengupas cat lama dulu agar hasil cat akhirnya bisa terlihat rata. Gunakan kuas untuk mengoleskan soda api cair ke seluruh frame dengan hati-hati. Tunggu beberapa saat agar cairan soda api ini bekerja di sepeda anda.

Setelah 30 menit, biasanya cat sepeda mulai mengelupas. Anda dapat mempercepat proses ini dengan memakai bantuan kape. Goreskan kape tersebut secara perlahan agar tidak menimbulkan luka di rangka sepeda. Selanjutnya, bilas seluruh frame dengan air bersih untuk melihat bagian mana yang masih terdapat sisa-sisa cat.

Pengelupasan cat tahap akhir dapat dilakukan dengan ampelas halus. Dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi agar seluruh cat sepeda tersebut rontok semua. Jangan lupa bersihkan juga karat-karat yang menempel pada body sepeda anda. Bilas kembali sampai bersih dan keringkan selama seharian penuh.

3. Pengaplikasian Cat Dasar

Ada dua warna cat dasar yang biasa digunakan dalam mengecat sepeda, yaitu putih dan silver (perak). Warna putih berguna jika anda ingin warna cat akhir nantinya terlihat tebal. Sedangkan, bila anda menginginkan warna akhir yang tampak lebih mengkilap, gunakan saja cat dasar berwarna silver.

Adapun cara menyemprotkan pilox ke frame yang benar adalah dengan gerakan searah dan tipis-tipis. Lakukan penyemprotan pilox ini secara bertahap dengan lapisan setipis mungkin sehingga cat lebih tahan terhadap sinar matahari dan hujan. Semprotkan pilox ini dengan jarak sekitar 30 cm dari permukaan frame sepeda untuk hasil warna yang terbaik. Biarkan cat dasar ini mengering dulu selama 24 jam.

4. Finishing Cat

Tahap terakhir adalah mengecat sepeda sesuai dengan warna yang dikehendaki. Sama seperti saat menerapkan cat dasar, lakukan gerakan searah dalam menyemprotkan pilox. Lakukan dengan tipis-tipis dengan ketebalan sesuai kebutuhan. Sedangkan, pada lapisan cat terakhir, anda bisa menyemprotkan pilox secara dengan lapisan yang cukup tebal.

Untuk membentuk motif pada frame sepeda anda, anda bisa memanfaatkan selotip. Selotip ini fungsinya untuk menutupi bidang yang tidak ingin diwarnai sehingga kombinasi warna terutama bagian tepinya tampak lebih rapi. Setelah cat mengering sempurna, tambahkan beberapa stiker untuk memperkeren body sepeda anda.