Lifestyle
Jun28

Negara-negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama

Adanya perbedaan waktu puasa tersingkat dan terlama di seluruh dunia disebabkan oleh kemiringan sumbu rotasi bumi sebesar 23,5 derajat. Kemiringan ini lantas mengakibatkan matahari seolah-olah berada di belahan bumi utara dan selatan.

waktu-puasa-tersingkat-dan-terlama.jpg

ilustrasi

Di bulan Ramadhan tahun 2014, karena jatuh pada bulan Juni-Juli, maka posisi matahari sedang terletak di belahan bumi utara. Hal ini menyebabkan waktu imsak-maghrib di wilayah bumi utara lebih lama dibandingkan dengan bagian selatan. Selain itu, pada wilayah bumi utara saat ini tengah mengalami musim panas, sedangkan wilayah bumi selatan sedang musim dingin.

Mungkin anda penasaran negara mana saja yang memiliki durasi waktu puasa tercepat dan terlama? Berikut kami berikan ulasannya :

TERCEPAT

3. Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro terletak di Selat Mozambik, sebelah barat Laut Madagaskar dan sebelah timur Benua Afrika. Kepulauan ini masih merupakan wilayah dari negara jazirah Arab. Adapun waktu puasa di Kepulauan Komoro hanya setengah hari saja yakni sekitar 12 jam dan 31 menit. Asyik!

2. Argentina

Argentina merupakan negara yang terletak di Amerika Latin dengan ibukotanya Buenos Aires. Masyarakat muslim di negara ini akan menjalankan puasa dengan durasi sekitar 9 jam dan 37 menit atau sepertiga hari. Meskipun jumlah masyarakat muslim di sini tergolong minoritas, namun warga non-muslim Argentina sangat menghormati ibadah puasa. Mengagumkan!

1. Chile

Chile terletak di Amerika Selatan, sebelah barat Argentina dan Bolivia, serta sebelah selatan Peru. Negara ini memiliki durasi waktu puasa paling cepat di dunia yaitu hanya sekitar 9 jam dan 12 menit. Artinya, jika imsak di negara ini pukul 05.31 waktu setempat, maka mereka akan berbuka puasa pada 15.00 waktu puasa. Wow, cepatnya!