Lifestyle
Nov25

Mudah Dibuat! Ini 10 Ide Hiasan Dinding yang Menarik

Ingin membuat hiasan dinding sendiri? Menghias interior rumah paling mudah dilakukan dengan menambahkan aksesoris seperti lukisan. Sayangnya, kebanyakan harga hiasan dinding ini bisa dibilang cukup mahal.

Daripada membelinya, anda bisa membuat hiasan dinding sendiri. Berikut ini ide-idenya :

Peralatan Makan

membuat-hiasan-dinding.jpg

Untuk ruang makan dan dapur, anda bisa menempelkan hiasan dari alat-alat makan. Anda hanya membutuhkan kotak kaca, sendok, garpu, pisau, dan lem. Masukkan peralatan makan ini ke kotak kaca dengan susunan yang menarik, lalu rekatkan dengan lem. Aksesoris ini akan menghadirkan kesan klasik ke dalam dapur.

Lirik Lagu

Anda pasti memiliki lagu yang paling difavoritkan bukan? Sekarang, anda bisa memamerkan lagu tersebut sebagai hiasan dinding yang unik! Pertama-tama, buatlah desain lirik lagu dilengkapi dengan not-not balok menggunakan software desain. Selanjutnya, cetaklah desain tersebut dan gunting sesuai polanya. Tempelkan potongan kertas lirik-lirik ini ke karton putih. Agar lebih menarik, masukkan ke dalam bingkai yang elegan.

Lukisan Abstrak

Dalam versi aslinya, membuat lukisan abstrak memerlukan inspirasi yang mendalam. Namun untuk versi suka-suka, pastinya lebih mudah dibuat kan? Yap, dengan bermodalkan kanvas dan beberapa cat minyak, anda bisa menggambar lukisan abstrak karya pribadi. Berfokuslah pada estetika dan keseimbangan lukisan tersebut. Anda bisa menggantungkan lukisan ini di ruang tamu untuk menghadirkan nuansa modern.

Daun Segar

Hiasan dinding yang modern bisa anda buat dari dedaunan juga lho. Caranya, petiklah beberapa lembar daun yang memiliki bentuk menarik. Kemudian, olesi permukaan daun ini dengan alkohol agar tetap awet. Siapkanlah media kanvas berwarna putih, lalu tempelkan dedaunan tersebut dengan pola yang menarik. Tampak cantik sekali kan?

Ranting Kering

Selain daun, ranting pohon pun bisa menjadi hiasan yang tak ada duanya. Mirip seperti sebelumnya, kumpulkanlah beberapa ranting dengan diameter kecil dan ukuran yang seimbang. Usahakan bentuk ranting tersebut lurus agar mudah ditata rapi. Selanjutnya, anda bisa menyusun ranting-ranting ini di dinding belakang headboard. Langkah ini akan menciptakan suasana alami di kamar tidur.

Kertas Hitam Putih

Untuk ide sederhana berikutnya, anda memerlukan dua lembar kertas berwarna hitam dan putih. Kertas hitam berfungsi sebagai pembentuk gambar, sedangkan kertas putih untuk backgroundnya. Buatlah bentuk-bentuk yang menarik pada kertas hitam, lalu potong sesuai pola gambar. Setelah itu, tempelkan potongan-potongan tadi di kertas putih. Taruh hiasan ini di frame yang sederhana agar nuansanya kian terasa.

Cover Buku

Punya buku-buku bekas di gudang? Daripada dibiarkan menumpuk dan usang, anda bisa memanfaatkannya sebagai hiasan dinding yang unik. Cara membuatnya mudah sekali. Anda cukup memotong cover tersebut membentuk persegi panjang dengan ukuran yang disesuaikan dengan bingkai. Warna-warninya yang ceria membuat hiasan ini paling cocok diterapkan untuk kamar tidur anak.

Wallpaper

Ada banyak cara untuk memanfaatkan wallpaper dinding yang masih tersisa. Salah satunya adalah menjadikannya sebagai lukisan. Adapun langkah-langkahnya, potonglah papan kayu/particle board dengan ukuran sesuai yang anda inginkan. Kemudian, lapisi salah satu bidang papan tersebut dengan wallpaper. Gantungkanlah hiasan ini di ruangan bercat dinding agar keduanya nampak harmonis.

Denah Rumah

Untuk ide yang lebih kreatif, anda bisa menggambar denah rumah dan menerapkannya sebagai hiasan dinding. Gambarlah denah tersebut di atas karton putih dan hiasai tiap ruangan dengan warna yang berbeda-beda. Anda bisa mengajak buah hati anda untuk ikut membuat pola ini agar ia lebih mengenali dan mencintai rumahnya.

Guntingan Kertas

Jika anda ingin hiasan yang terlihat berwarna-warni, cobalah membuat berbagai desain yang menarik dari kertas berwarna-warni. Biasanya, pola yang banyak dibuat adalah bentuk orang, bintang, simbol hati, dan bunga. Terakhir, anda bisa merentangkan deretan kertas ini dengan bantuan tali dan penyangga.