Lifestyle
Jan4

Mesin Ball Mill, Mesin Penggiling Paling Efektif

Mesin ball mill adalah salah satu jenis mesin penggiling yang digunakan untuk menggiling suatu bahan material menjadi bubuk yang sangat halus. Mesin ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan cat, keramik, semen, kembang api, batu bara, pigmen, felspar untuk tembikar, dan serbuk laser untuk mesin cetak 3D. Secara umum, prinsip kerjanya adalah mengurangi ukuran material dengan memanfaatkan gerakan bola ke bawah pada bagian atas shell.

mesin-ball-mill.jpg

Mesin ball mill terdiri dari silinder berongga yang berputar pada porosnya. Sumbu porosnya biasa disebut shell yang berdiri secara horizontal. Media penggilingnya bisa terbuat dari baja, stainless steel, atau karet. Permukaan bagian dalam dari shell silinder biasanya dilapisi dengan material yang tidak mudah terkikis seperti bijih mangan dan karet.

Cara Kerja :

Pertama-tama bahan material dimasukkan ke dalam mesin melalui kerucut di salah satu sisi, dan hasil produksi akan keluar dari kerucut di sisi yang lainnya. Ketika shell berputar, maka bola akan terangkat dan bagian kaskade akan naik turun. Gerakan dari bola inilah yang akan mengurangi ukuran dari bahannya.

Adapun keuntungan memakai mesin ball mill dalam proses produksi antara lain :

  1. Biaya instalasi rendah
  2. Energi listrik yang diperlukan relatif rendah
  3. Sangat cocok digunakan untuk produksi yang beroperasi secara terus menerus
  4. Bisa digunakan untuk segala jenis material dengan kepadatan tinggi
  5. Cocok digunakan sebagai mesin penggiling di daerah terbuka

Selain mesin ball mill di atas, ada juga jenis mesin ball mill planet. Bedanya ukuran ball mill planet lebih kecil karena biasa digunakan di laboratorium untuk menggiling bahan sampel ke ukuran yang sangat kecil. Ball mill planet terdiri dari sebuah grinding yang diatur melalui sun wheel. Perbedaan kecepatan antara bola dengan grinding inilah yang menghasilkan interaksi antara gaya gesek sehingga menciptakan energi dinamis yang tinggi.