Lifestyle
Apr23

Mengenal Mesin Stone Crusher, Si Pemecah Batu

Mesin pemecah batu (stone crusher machine) adalah alat berat yang berguna untuk memecah bebatuan atau materi padat lainnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Biasanya, mesin ini digunakan pada bidang perindustrian dan pertambangan. Di dalam perindustrian, mesin stone crusher berfungsi sebagai pemecah plastik, silikon, dan lain-lain. Sedangkan di dunia pertambangan, mesin ini biasanya digunakan untuk memecah batu, bijih besi, alumunium, dan sebagainya menjadi ukuran yang diinginkan.

Bagi para pekerja di bidang industri dan tambang, tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan mesin ini. Mesin stone crusher banyak dipakai di alat berat. Misalnya adalah jaw machine, pasir mesin cuci, cone mesin penghancur batu, bola penggiling, roll penghancur batu, roll penggiling, gyratory penghancur batu, serta masih banyak lagi.

mesin-stone-crusher.jpg

Cara menggunakan mesin stone crusher tidak terlalu sulit. Ada dua bagian utama yang bekerja di mesin pemecah batu ini. Yang pertama adalah bak penampungan awal. Di bak ini, batu yang akan dipecahkan ditempatkan. Setelah itu, batu akan meluncur menuju mesin pemroses. Mesin pemroses atau crusher machine akan memecahkan batu dan mengalirkannya menuju bak penampungan akhir. Bak penampungan akhir ini bisa berupa wadah penampungan maupun dibiarkan begitu saja agar batu yang telah dipecah menggunung di tanah.

Secara umum, prinsip kerja mesin stone crusher adalah memecahkan bebatuan besar dengan menggunakan teknik tertentu yang dilakukan secara bertahap agar mendapatkan ukuran batu yang sesuai. Pemecahan tahap pertama dilakukan oleh primary crusher machine. Pada tahap ini bebatuan besar dalam jumlah banyak akan dipecahkan dalam waktu yang singkat. Selanjutnya bebatuan ini akan menuju secondary crusher machine. Ini adalah tempat pemecahan batu dengan ukuran yang lebih kecil daripada sebelumnya dan siap untuk digunakan. Apabila hasil pemecahan batu belum sesuai keinginan, maka proses akan dilanjutkan ke tahap ketiga oleh tertiary crusher machine hingga mendapatkan ukuran yang sempurna.

Seperti yang sudah disebutkan di atap bahwa fungsi mesin stone crusher adalah sebagai pemecah batu buatan. Mesin ini mampu menggantikan tenaga manusia secara maksimal bahkan lebih cepat, lebih murah, dan lebih baik. Mesin ini juga mampu memecahkan material yang hampir tidak mungkin dilakukan oleh manusia, seperti bijih besi, bijih baja, bijih alumunium, dan lain-lain. Selain itu, daya tampung mesin ini cukup besar sehingga bisa memproses material dalam jumlah banyak.

Mesin stone crusher yang paling banyak digunakan adalah jenis jaw crusher. Mesin ini mempunyai alat penghancur yang terdiri dari dua permukaan dan bekerja menyerupai rahang, yaitu membuka dan menutup. Ketika alat membuka, otomatis batu akan masuk di antara dua permukaan ini. Saat alat menutup, batu akan dihimpit menggunakan permukaan yang saling menghantam. Begitu berulang- ulang sampai menjadi ukuran yang sesuai.

Kelebihan mesin jaw crusher dibandingkan dengan jenis mesin stone crusher yang lain adalah kapasitasnya yang bisa disesuaikan, adanya proteksi apabila terjadi kelebihan muatan, penggunaannya yang mudah, serta hasil pecahan batu yang sempurna. Ditambah perawatannya pun sederhana, sehingga mesin stone crusher jenis ini memerlukan biaya operasional yang lebih rendah.