Memilih TV Kabel Langganan yang Paling Tepat

Butuh tips memilih TV kabel langganan yang paling tepat? Di zaman sekarang Anda bisa mendapatkan tayangan televisi yang lebih berkualitas dengan berlangganan TV kabel. Namanya juga langganan, jadi Anda perlu membayar sekian nominal biaya berlangganan setiap bulan kepada pihak provider. Tapi biaya tersebut cukup masuk akal karena Anda bakal mendapatkan siaran televisi khusus yang bebas iklan.

TV kabel memang berbeda dengan TV konvensional pada umumnya. Untuk menonton siaran televisi konvensional, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Sebagai gantinya, Anda diwajibkan untuk menonton selingan iklan yang tampil setiap kurun waktu tertentu. Hal ini berbeda dengan saat Anda menonton TV kabel, di mana Anda akan dikenakan biaya berlangganan yang besarnya sesuai dengan kebijakan pihak provider televisi tersebut.

tips-memilih-tv-kabel.jpg

Untungnya, sudah banyak provider TV kabel yang membuka bisnisnya di Indonesia. Dengan begini, Anda bakal dimudahkan memilih mana provider yang paling tepat buat Anda sekeluarga. Yang perlu diingat, biaya berlangganan yang murah tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik. Namun TV kabel yang terbaik harus sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga akan tayangan televisi yang dibutuhkan.

Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda gunakan dalam memilih TV kabel yang paling tepat!

Kiat I : Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Nama besar suatu provider TV kabel menggambarkan kualitas yang dimilikinya. Sebisa mungkin pilihlah provider yang sudah memiliki kepercayaan yang tinggi. Hindari mencoba provider baru yang kualitasnya sama sekali belum teruji, kecuali jika provider tersebut memberikan beberapa penawaran yang menguntungkan Anda. Tidak ada salahnya meminta saran kepada orang-orang kenalan Anda yang telah memasang TV kabel sebelumnya. Jangan sungkan untuk mengunjungi beberapa forum internet yang mengupas pengalaman penggunanya saat berlangganan TV kabel.

Kiat II : Utamakan Kualitas, Jangan Harga

Kualitas siaran televisi menjadi poin utama yang perlu diperhatikan dalam memilih TV kabel. Kualitas tersebut mencakup isi siaran, kekuatan sinyal, dan kejernihan tayangan. Semakin banyak jumlah channel yang ditawarkan oleh provider, semakin bagus pula kualitasnya. Banyaknya jumlah channel ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tayangan televisi dengan mudah. Misalnya saat Anda ingin menonton siaran langsung pertandingan sepakbola, maka Anda bisa mendapatkannya dengan cepat. Begitu pula ketika buah hati Anda yang masih anak-anak ingin menonton televisi, Anda tinggal memindahkan channel-nya ke siaran kartun.

Kiat III : Harga Langganan yang Wajar

Ingat bahwa televisi berguna untuk menghibur Anda sekeluarga. Jangan sampai Anda menjadi terbebani ketika sudah berlangganan TV kabel, terutama soal keuangan. Pasalnya harga langganan televisi ini masih tergolong cukup mahal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan, kalkulasikan terlebih dahulu dengan anggaran pengeluaran bulanan. Total anggaran bulanan yang sudah termasuk biaya televisi ini tidak boleh lebih dari 30 persen dari pendapatan bulanan agar kondisi keuangan Anda tetap sehat.

Kiat IV : Kemudahan dalam Membayar Biaya

Perhatikan pula mekanisme pembayaran biaya berlangganan yang harus Anda setorkan setiap bulannya kepada provider televisi kabel tersebut. Di zaman modern ini, pembayaran biaya langganan seharusnya sudah bisa dilakukan melalui internet banking dan mesin ATM. Lebih bagus lagi apabila provider memiliki petugas yang akan menarik biaya langganan secara langsung ke rumah Anda. Selain itu, jangan lupa membaca peraturan mengenai pembayaran secara lengkap. Di poin ini biasanya tercantum tentang aturan denda dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Anda harus paham akan semua aturan tersebut supaya ketika terjadi suatu pelanggaran oleh Anda secara tidak sengaja, Anda bisa mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban dengan baik.

Kiat V : Pelayanan yang Ramah dan Terbuka

Jangan mau berlangganan kepada provider TV kabel yang terkenal kerap memberikan pelayanan buruk kepada para konsumennya. Ingat, saat Anda memutuskan berlangganan TV kabel, Anda adalah bos yang harus dilayani oleh semua karyawan perusahaan provider tersebut dengan sepenuh hati. Jangan sampai ketika Anda mempunyai masalah atau keluhan tentang layanan TV kabel yang ingin diadukan ke pihak provider, Anda tidak dilayani dengan baik oleh karyawannya. Bukan berarti karena pengetahuan Anda tentang TV kabel sangat minim, lantas Anda harus mendapatkan cemooh atau tipuan dari karyawan yang menanggapi keluhan Anda.