Lifestyle
Jun30

Makanan Khas Puasa Ramadhan dari Berbagai Negara

makanan-khas-ramadhan-dari-berbagai-negara.jpg

Selain Indonesia, ternyata banyak sekali makanan khas saat puasa Ramadhan dari berbagai negara di dunia lho. Tentunya makanan-makanan ini sangat unik, baik dari segi rasa, bahan pembuat, maupun cara memasaknya.

Berikut ini ulasannya dari arafuru.com :

Arab Saudi

Menu makanan dari Arab Saudi biasanya paling banyak diburu saat Ramadhan, mengingat Rasulullah tinggal di negara ini sehingga banyak umat muslim yang ingin merasakan sensasi puasa khas beliau. Dari sekian banyak desert yang ada, baleelah lah yang paling unik. Baleelah adalah hidangan mirip salad yang dibuat dari kacang pinus, buncis, bumbu jinten, dan minyak zaitun. Ada juga sambousek yaitu kue goreng yang sekilas mirip dengan pastel.

Untuk makanan beratnya, warga Arab Saudi biasanya menikmati sajian berupa daging domba bakar yang dihindangkan bersama nasi berempah, sambal, dan sayuran yang biasa dinamakan al mandi. Rasa rempah yang kuat dijamin akan menggoyang lidah anda. Sebagai minumannya, ada sobia yang terdiri dari campuran susu, kismis, gandum, roti tawar, dan gula. Hm, segarrr…

Malaysia

Singgah di Malaysia, buka puasa kurang lengkap jika tidak ditemani bubur lambuk. Bubur yang terbuat dari beras yang dicampur dengan udang kering dan potongan daging sapi ini merupakan salah satu makanan khas Negeri Jiran. Terbayang kan betapa lezatnya hidangan ini saat disantap hangat-hangat dalam kondisi perut kosong?

Untuk minumannya sendiri, warga Malaysia banyak yang menyukai air tebu sebagai pelepas dahaga. Biasanya air ini diminum begitu saja atau dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Korea Selatan

Selama beberapa tahun terakhir, Ramadhan selalu datang saat Korea Selatan sedang musim panas. Karena itu, hidangan berbuka puasa favorit umat muslim di sini identik dengan yang segar-segar. Salah satu andalannya adalah patbingsu. Pat berarti kacang merah, sedangkan bingsu yaitu sebutan untuk kue beras/mirip candil. Jadi, patbingsu ini berisi kacang merah dan kue beras yang ditambahkan es serut. Untuk menambah citarasanya, disiram dengan susu dan sirup.