Lifestyle
Nov10

Macam-macam Lampu untuk Pencahayaan Rumah Tinggal

Berbicara mengenai lampu, tentu anda penasaran kan apa saja macam-macam lampu yang biasa dipakai untuk rumah tinggal? Faktanya, jenis lampu saat ini sudah sangat beragam dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya, dengan banyaknya lampu yang tersedia akan memudahkan kita dalam memilih mana yang lebih sesuai dengan karakteristik suatu ruangan.

Menurut prinsip kerjanya, setidaknya ada 4 macam lampu antara lain :

Lampu Pijar

lampu-pijar.jpg

Lampu pijar merupakan jenis lampu yang pertamakali ditemukan. Cahaya pada lampu ini dihasilkan dari pembakaran benang filamen di dalam tabung kaca yang kedap udara. Inilah kenapa cahaya lampu pijar berwarna kuning keemasan. Meskipun terbilang jadul, pamor lampu pijar masih bertahan hingga sekarang terutama karena harganya murah. Akan tetapi lampu ini tergolong boros listrik, sebab hanya 5% energi yang diubah menjadi cahaya, selebihnya menjadi sumber panas. Adapun umur lampu ini terbilang singkat yakni 1.000 jam saja.

Lampu Neon

lampu-neon.jpg

Lampu neon memiliki cahaya berwarna putih yang terang. Karena keunggulannya ini lampu neon sering dijadikan sebagai lampu utama di suatu ruangan. Sebaliknya, lampu neon tidak cocok difungsikan sebagai lampu aksen karena cahayanya tidak mampu memancarkan warna asli suatu objek. Lampu neon juga kerap disebut sebagai lampu fluorescent, karena disamping menggunakan gas neon, lampu ini juga memanfaatkan lapisan fluor sebagai pemendar cahaya. Lampu neon terbilang hemat energi dan cukup awet dengan daya tahan hingga mencapai 10.000 jam.

Lampu Halogen

lampu-halogen.jpg

Lampu halogen adalah jenis lampu yang paling tepat dijadikan sebagai lampu aksen. Kekuatan cahaya lampu ini mampu memendarkan warna asli objek sehingga tampilannya lebih cantik dan jelas. Lampu halogen memiliki beragam jenis warna putih, dari yang cool white cahaya hingga warm white. Meskipun cahaya putih kekuningan yang dihasilkan oleh lampu ini tampak lebih bagus dibandingkan dengan cahaya kuning keemasan dari lampu pijar, namun panas yang dikeluarkannya pun lebih tinggi. Jadi, berhati-hatilah ketika anda hendak mengganti lampu ini. Sementara itu, rata-rata usia lampu halogen ini bisa mencapai 2.000 jam.

Lampu LED

lampu-led.jpg

Lampu LED merupakan temuan terbaru dari berbagai macam jenis lampu. Sumber cahaya lampu ini adalah dioda jenis Light Emitting Diode. Sementara kinerja lampu LED ini bisa memanfaatkan lebih dari separuh energi listrik yang diterimanya. Harga belinya yang mahal sebanding dengan keefektifan lampu LED dalam mengolah sumber listrik di rumah. Pun lampu ini terbilang sangat awet dengan masa pakai hingga 50.000 jam.

Pada artikel kali ini, kami sengaja menampilkan gambaran singkat lampu berdasarkan kelebihan dan kegunaannya dalam proses mendesain rumah. Untuk ulasan lebih lengkap mengenai prinsip kerja masing-masing lampu di atas, kami akan menampilkannya dalam seri artikel “Evolusi Lampu”. Jadi, ditunggu saja ya! 🙂