Lifestyle
Nov13

Lantai Linoleum, Lantai Rumah yang Ramah Lingkungan

Lantai linoleum disebut-sebut sebagai lantai yang paling ramah lingkungan. Lantai ini dibuat dari bahan-bahan alami yang mudah diperbaharui dan terukur secara pasti. Hal ini menjadikan sisi “green”-nya begitu mencolok. Bahkan, lantai linoleum ini juga gampang diurai kembali oleh tanah.

Pembuatan lantai linoleum dilakukan dengan mencampurkan bahan-bahan yang bersifat ramah lingkungan seperti rasin, lime stone, woodfloor, linseed oil, jute, dan pigment menjadi satu. Selanjutnya, semua bahan ini dipadatkan membentuk lembaran tipis dengan panjang hingga 32 meter dan ketebalan 5 mm. Biasanya, pemasangan lantai ini dilakukan dengan memotongnya terlebih dahulu membentuk ubin-ubin yang sesuai keinginan.

Lantai linoleum sangat sesuai diaplikasikan sebagai alas di rumah tinggal. Selain untuk ruang tamu, lantai ini juga kerapkali muncul pada area ruang keluarga, kamar tidur, dan dapur bergaya victoria. Kesannya yang begitu hangat seketika akan menciptakan suasana interior yang lebih akrab dan nyaman.

lantai-linoleum.jpg

Mirip Lantai Vinyl

Sampai saat ini, masih banyak orang yang kesulitan membedakan antara lantai linoleum dengan lantai vinyl. Hal ini wajar, mengingat wujud kedua jenis lantai ini memang sangat mirip. Pembedanya, jika bahan pembuat lantai linoleum ini seratus persen alami, maka lantai vinyl justru sebaliknya. Lantai vinyl dibuat dari bahan plastik dan PVC yang sukar diurai kembali oleh tanah.

Pilihan Jenis dan Warna

Di pasaran, lantai linoleum hadir dalam tiga varian yang dibedakan menurut warna dan coraknya. Jenis yang pertama adalah artoleum yaitu lantai linoleum yang memiliki pilihan motif menyerupai kulit buaya, bintik-bintik awan, dan berwarna polos. Yang kedua adalah marmoleum yang mempunyai motif mirip seperti batu marmer. Sementara, jenis yang terakhir adalah walton dengan motif menyerupai lantai kayu.

lantai-linoleum-jenis-artoleum.jpg

Lantai Linoleum Jenis Artoleum

lantai-linoleum-jenis-marmoleum.jpg

Lantai Linoleum Jenis Marmoleum

lantai-linoleum-jenis-walton.jpg

Lantai Linoleum Jenis Walton

Mudah Dipasang

Pemasangan lantai linoleum pada interior rumah juga terbilang sangat mudah. Sebelumnya, lembaran-lembaran linoleum ini dipotong-potong terlebih dulu sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Tujuannya tentu saja untuk menghasilkan pola pemasangan yang tampak menarik. Setelah itu, lantai ini ditempelkan di atas permukaan lantai semen yang rata dengan memakai perekat khusus. Agar kian atraktif, anda juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis lantai linoleum ini sekaligus.