Lifestyle
Jul8

Langkah-langkah Cara Membuat Tauge dengan Mudah

Anda suka kecambah? Ingin membuat tauge sendiri di rumah? Yuk, ikuti panduan berikut ini!

cara-membuat-tauge.jpg

Tauge merupakan sayuran yang berasal dari kecambah biji-bijian. Rasanya yang crunchy dan segar membuatnya sering dijadikan sebagai bahan pembuatan makanan khas Indonesia di antaranya soto, rawon, tauge goreng, dan sebagainya. Adapun jenis biji-bijian yang sering dipakai adalah kacang hijau dan kedelai.

Proses penanaman tauge terbilang sangat mudah. Di sini, kita hanya akan membuat biji-biji ini keluar akar dan sedikit daunnya, atau biasa disebut dengan proses persemaian. Meskipun begitu, tahapan yang keliru justru akan mengakibatkan biji-bijian ini malah membusuk.

Alat dan Bahan :

  • Biji kacang hijau/kedelai
  • Air
  • Baskom
  • Karung beras

Langkah-langkah :

Langkah 1 : Perendaman

Pertama-tama siapkan kacang hijau/kedelai yang ingin dijadikan kecambah, lalu cuci sampai bersih. Berikutnya, biji-biji tersebut kita masukkan ke dalam baskom dan ditambah air hingga penuh. Kemudian, biji direndam selama seharian penuh (24 jam) agar mekar. Biji yang terapung sebaiknya dibuang karena kualitasnya buruk/isinya kosong.

Langkah 2 : Penyemaian Awal

Di hari kedua, siapkan tempat persemaian yang terbuat dari karung beras. Tempat persemaian yang dipilih sebaiknya terletak di ruangan yang agak lembab dan tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Contohnya adalah di sekitar kamar mandi dan di bawah kolong. Biji yang telah ditiriskan dari air rendamannya ini, lantas digelar di atas karung beras. Bentuk perawatan pada langkah ini, anda cukup memantau persemaian agar tidak diganggu oleh tikus.

Langkah III : Penyemaian Akhir

Di hari ketiga, kecambah kacang hijau/kedelai mulai tumbuh. Untuk menghindari terjadinya kebusukan, anda dapat mencuci bakal-bakal kecambah ini secara berkala di pagi, siang, dan sore hari. Jangan lupa, setelah dicuci, kecambah harus diletakkan lagi di tempat persemaian.

Langkah 4 : Pemanenan

Di hari ketiga malam atau hari keempat, anda sudah bisa memanen tauge. Pastikan anda mencucinya bersih sebelum diolah menjadi hidangan yang lezat.

Mudah sekali bukan? Selamat bertanam tauge ya.