Lifestyle
Apr14

Langkah-langkah Cara Membersihkan Kolam Ikan Koi

Membersihkan kolam ikan koi merupakan salah satu bentuk perawatan terhadap ikan yang anda pelihara di rumah. Dengan memastikan kolam bersih setiap saat, kita bisa menjamin kesehatan dan pertumbuhannya. Sama halnya dengan membersihkan akuarium, pembersihan kolam ini sebaiknya dilakukan sebulan sekali. Tujuannya tidak lain adalah agar ikan tetap merasa nyaman dengan habitat di kolam.

Adapun tata cara pembersihannya adalah sebagai berikut :

1. Memindahkan Ikan Koi

Pertama-tama, mulailah dengan menangkap ikan koi dan memindahkannya ke ember. Perlu diperhatikan, air yang ada di ember penampungan tersebut, sebaiknya diambil langsung dari air di kolam. Hal ini berguna agar ikan tidak perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan lingkungan ember.

2. Mengeluarkan Aksesoris dan Tumbuhan Air

Selanjutnya, ambil semua aksesoris dan tumbuhan air yang ada di kolam, termasuk sistem aerator, bebatuan, dan aksesoris tambahan lainnya. Bersihkan dulu aksesoris-aksesoris ini sebelum berlanjut ke langkah berikutnya sehingga anda mempunyai waktu yang cukup untuk menjemurnya di bawah matahari langsung. Seperti kita tahu, sinar matahari sangat ampuh untuk membunuh semua kuman dan bakteri yang melekat di permukaan aksesoris tadi.

kolam-ikan-koi.jpg

3. Menguras Air Kolam

Setelah kolam tampak kosong, barulah anda bisa menguras air di kolam tersebut. Langkah ketiga ini tentu sangat mudah dilakukan, apalagi jika kolam yang anda buat sudah dilengkapi dengan saluran pembuangan. Jangan lupa, selain kolam utama, kolam filter juga harus anda kosongkan airnya.

4. Membersihkan Kolam Utama

Sekali lagi kami ingatkan, untuk membersihkan kolam ikan, anda dilarang keras menggunakan bantuan sabun maupun deterjen. Hal ini dikarenakan ikan sangat sensitif dengan kondisi kolam. Pembersihan yang benar adalah dengan cara menyikatnya hingga bersih. Untuk sudut-sudut kolam yang susah dijangkau, anda bisa memakai bantuan sikat gigi bekas.

Pada tahap ini, anda juga bisa sekaligus memeriksa kondisi kolam, apakah ada masalah serius di sana. Jika memungkinkan, sebaiknya anda pun langsung tanggap dengan segera mengatasinya sebelum masalah tersebut bertambah besar.

5. Pembersihan Kolam Filterasi

Saringan pada sistem filterasi harus mendapatkan perhatian yang lebih banyak. Hal ini karena kotoran-kotoran akan menumpuk cukup banyak di sini. Sikat semua kolam filterasi hingga bersih kembali. Periksa juga apakah ada sambungan pipa yang mengalami keretakan atau putus.

6. Biarkan Terkena Sinar Matahari

Setelah anda memastikan setiap sudut kolam ikan telah bebas dari kotoran dan lumut, serta telah membilasnya sampai bersih. Langkah selanjutnya adalah membiarkan kolam tetap kering dan terkena sinar matahari kurang lebih sekitar satu jam. Hal ini berguna agar kolam bebas dari kuman dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan ikan koi.

7. Mengisi Kolam dengan Air Bersih

Perlu diperhatikan, air bersih yang digunakan untuk mengisi kolam hendaknya diolah lebih dahulu. Pengolahan ini dilakukan dengan cara membiarkannya di ember semalaman agar kotoran-kotoran yang dikandungnya mengendap. Setelah itu, air olahan ini dapat dialirkan menuju kolam melalui pipa/selang kapiler agar kotorannya tidak tercampur kembali.

8. Peletakan Aksesoris dan Filterasi

Setelah kolam terisi penuh dengan air, langkah berikutnya adalah meletakkan aksesoris dan saringan kembali ke dasar kolam. Pastikan semuanya diletakkan sempurna dan tidak membahayakan ikan. Nyalakan sistem filterasi dan pastikan kinerjanya lancar seperti sediakala.

9. Pelepasan Ikan Koi

Terakhir adalah melepas kembali ikan ke kolam. Pelepasan dilakukan sore hari setelah matahari bersinar agak redup. Amati gerak-gerik ikan di kolam, apakah ikan tampak bergerak ceria di seluruh kolam atau diam bersembunyi di salah satu sudut kolam. Ikan yang bergerak bebas menandakan kesehatannya baik, sebaliknya ikan yang diam dan cenderung terlihat bersembunyi merupakan indikasi bahwa kesehatannya sedang terganggu.