Lifestyle
Jul8

Komplit, Bagaimana Cara Merawat Kelinci Anggora?

cara-merawat-kelinci-anggora.jpg

Ingin merawat kelinci anggora sebagai hewan peliharaan anda? Jika dibandingkan dengan jenis kelinci lainnya, kelinci anggora lebih disukai karena mempunyai bulu yang tumbuh memanjang. Bulu-bulu inilah yang menjadikannya lebih cantik, imut, dan lucu.

Sayangnya, di balik pesonanya yang menggemaskan, kelinci anggora termasuk binatang yang sulit dipelihara. Kemampuan beradaptasinya lebih rendah dari sugar glider, sehingga ia mudah stres dan sakit. Selain itu, bulu tubuhnya yang lebat pun harus dirawat secara rutin agar tetap sehat dan tidak menjadi sarang penyakit.

Makanan dan Minuman

Kelinci merupakan binatang herbivora. Selain menyukai wortel, kelinci anggora juga sangat doyan kangkung, daun singkong, lobak, daun ubi jalar, kubis, sawi hijau, sawi putih, daun pepaya, daun kacang tanah, rumput timothy, rumput gajah, dan jerami. Agar makanannya lebih bervariasi, anda bisa menambahka biji-bijian dan umbi-umbian seperti jagung giling, bekatul, dedak padi, ampas kelapa, kedelai giling, ampas tahu, kacang tanah, kacang hijau, singkong, ubi jalar, talas, dan gaplek.

Makanan-makanan yang diberikan sebaiknya dalam kondisi layu untuk mengurangi kadar air yang dapat menyebabkan diare. Hindari memberi pakan dari tumbuhan yang mengandung getah, sebab akan menjadi racun bagi kelinci yang memakannya.

Kelinci anggora merupakan hewan yang hobi makan. Bahkan, ia mampu menghabiskan sayuran dengan bobot sesuai berat tubuhnya dalam satu hari. Pemberian pakan hendaknya dilakukan per tahap yaitu 3 jam sekali, agar kondisi pakannya terjaga. Pakan yang tidak habis harus segera dibuang karena berbahaya bagi kesehatan kelinci.

Sama seperti binatang herbivora lainnya, meskipun sudah mengonsumsi tumbuh-tumbuhan, kelinci tetap memerlukan air minum untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Paling bagus jika anda menggunakan air mineral yang telah dimasak agar benar-benar bersih. Usahakan tempat air minum yang digunakan tidak mudah tumpah karena bisa menyebabkan kandang menjadi lembab. Lakukan penggantian air minum tersebut setiap hari.

Kandang

Idealnya, kandang kelinci anggora dibuat berbentuk panggung agar tidak lembab dan mudah dibersihkan. Bagian lantai kandang terbuat dari kawat kasa sehingga kotoran dan sisa makanan/minuman yang tumpah bisa langsung jatuh ke bagian bawah kandang.