Kelebihan dan Kekurangan Mesin Reverse Osmosis

Apakah kelebihan dan kekurangan mesin reverse osmosis? Mesin reverse pada dasarnya berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran dari dalam air sehingga tercipta air yang murni. Jadi air yang telah diolah menggunakan mesin RO bisa langsung diminum tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Karena dinilai sangat berguna, mesin ini kerap dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah mesin yang baru.

Tapi apakah benar mesin reverse osmosis benar-benar bagus dan tidak memiliki kekurangan sama sekali? Seperti apa sih kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh mesin reverse osmosis? Bagaimana air bisa menjadi murni setelah diproses oleh mesin yang satu ini? Pertanyaan tersebut sepatutnya dijawab oleh semua orang yang berkecimpung dengan mesin RO, baik produsen, distributor, maupun konsumen.

kelebihan-kekurangan-mesin-ro.jpg

Bagian dari mesin reverse osmosis yang berperan penting adalah membran RO atau filter RO. Membran ini begitu hebat karena sanggup menghilangkan 90-99 persen partikel-partikel kontaminan yang terkandung di dalam air. Desainnya mengadopsi teknologi semipermeabel dengan ukuran lubang yang setara rambut dibagi menjadi sejuta helai. Sebenarnya air saja tidak mampu menembus lubang tersebut sehingga diperlukan tekanan osmotik untuk memaksa/mendorong air melewatinya.

Filter air reverse osmosis mampu menyaring berbagai jenis kontaminan yang terlarut di dalam air. Tidak hanya butiran-butiran debu dan kotoran, filter ini bahkan sanggup menghilangkan logam berat, zat kimia, dan lain-lain. Sampai sekarang, teknologi reverse osmosis dianggap sebagai teknologi terbaik untuk memurnikan air. Air tersebut benar-benar berkualitas bagus, layak minum, dan menyehatkan.

KELEBIHAN

Kelebihan utama dari mesin reverse osmosis terletak pada peranannya yang sangat efektif dalam menghilangkan segala macam kontaminan dari dalam air. Bahkan partikel-partikel kontaminan yang berukuran mikro pun mampu disaring dengan sempurna oleh mesin yang satu ini. Mesin RO dapat diandalkan untuk menghilangkan partikel mikro, koloid, mikroorganisme, dan sebagainya. Kabar baiknya adalah mesin tidak membutuhkan perawatan yang rumit sebab telah didesain sedemikian rupa oleh pabrik pembuatnya agar gampang dirakit dan dibersihkan.

KEKURANGAN

Sementara itu, kekurangan dari mesin reverse osmosis ialah proses kinerjanya membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan air harus melewati lubang-lubang yang berukuran super kecil. Walaupun sudah didorong secara paksa menggunakan tekanan osmotik, tetapi aliran air di dalam mesin ini lambat sekali. Air di dalam mesin tidak dapat mengalir secara deras karena justru akan merusak membran RO. Satu-satunya solusi untuk mengatasi kekurangan ini adalah memilih mesin reverse osmosis yang dilengkapi dengan membran RO yang dimensinya cukup luas supaya bisa mengolah banyak air sekaligus pada suatu waktu.a